Sukses

Menang Lagi, Newcastle Semakin Dekat dengan Liga Champions: Akhir Penantian 20 Tahun?

The Magpies hanya berjarak satu kemenangan saja dari mengunci spot Liga Champions pertama mereka setelah 20 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Newcastle United pertahankan tren positif usai membungkam Brighton & Hove Albion 4-1 dalam lanjutan Liga Inggris, Jumat (19/5/2023). Dengan tiga poin tersebut, kini The Magpies hanya berjarak satu kemenangan saja untuk mengunci spot Liga Champions pertama mereka setelah 20 tahun.

Skuad besutan Eddie Howe sendiri saat ini masih nyaman di urutan ketiga tangga klasemen Liga Inggris dengan perolehan 69 poin, terpaut tiga poin dari Manchester United di posisi keempat dan empat poin dari Liverpool di posisi kelima.

Liga Champions sangat dekat, tapi juga sangat jauh. Kami akan menikmati mala mini tapi kami [tetap] fokus pada pertandingan berikutnya. Kami hanya senang dengan performa untuk mengalahkan tim dengan kualitas [sebaik] mereka [Brighton]. Kami tidak melihat terlalu jauh ke depan,” kata Howe usai pertandingan seperti dikutip dari BBC Sport.

Bermain di kandang sendiri, Newcastle sebenarnya tampil kurang dominan dengan hanya mencatatkan 34 persen penguasaan bola. Namun, Kieran Trippier dan rekan-rekan jauh lebih efektif dalam menyerang dengan catatan 22 tembakan di mana sembilan di antaranya tepat sasaran.

Sementara tim tamu hanya catatkan delapan tembakan dengan hanya dua yang mengarah ke gawang Nick Pope.

Empat gol Newcastle datang dari gol bunuh diri Deniz Undav (22’), Dan Burn (45+4’), Callum Wilson (89’) dan Bruno Guimares (90+1’). Sementara satu-satunya gol Brighton dicetak oleh Deniz Undav pada menit ke-51.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Analisis Peluang Empat Besar

Adapun jika melihat klasemen sementara Liga Inggris, hanya tersisa posisi ketiga dan keempat untuk diisi. Posisi pertama dan kedua sudah dikunci oleh Manchester City dan Arsenal di mana City hanya memerlukan satu kemenangan lagi untuk mengunci gelar juara liga ketujuh mereka.

Saat ini masih ada tiga tim yang masih berada di dalam persaingan memperebutkan sisa dua spot di posisi empat besar, yakni Newcastle United, Manchester United dan Liverpool. The Magpies unggul tiga poin dari Man United di urutan keempat yang memainkan satu pertandingan lebih sedikit, dan unggul empat poin dari Liverpool yang juga memiliki sisa dua pertandingan.

Artinya, di antara ketiga tim tersebut The Reds lah yang memiliki peluang paling kecil untuk dapat bermain di Liga Champions musim depan mengingat mereka hanya dapat meraih poin maksimal 71. Sementara Newcastle hanya terpaut satu kemenangan untuk menambah poinnya menjadi 72 dan Man United hanya perlu dua kemenangan untuk meraih poin yang sama.

3 dari 3 halaman

Panggung Eropa Pertama

Sementara itu, meski harus meraih kekalahan telak dalam kunjungannya ke St. James’s Park, Brighton masih berada di jalur yang tepat untuk memperoleh kualifikasi pertamanya di Liga Europa. Saat ini The Seagulls masih menempati urutan keenam dengan 58 poin dan sisa tiga pertandingan.

Jika Roberto De Zerbi bisa mempertahankan posisinya hingga akhir musim, ini akan menjadi tonggak sejarah di mana akhirnya Brighton dapat bermain di panggung Eropa untuk pertama kalinya.

“Kami memiliki tiga pertandingan tersisa dan kami harus melanjutkan. Kami membutuhkan enam poin untuk mengamankan tempat di kompetisi Eropa dan [itu] terserah kami untuk menjamin sejarah bagi klub ini,” ungkap De Zerbi.

Kendati begitu, mereka harus ekstra hati-hati mengingat mereka hanya terpaut satu poin dari Tottenham Hotspur dan Aston Villa yang masing-masing memegang 57 poin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris
    Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris

    Newcastle United

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa
    Liga Champions merupakan kompetisi sepak bola antar klub di benua Eropa

    Liga Champions

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Brighton