Sukses

Hasil Liga Europa: Singkirkan Juventus, Sevilla Tantang AS Roma di Final

Sevilla mempertahankan tradisi bagus di LIga Europa dengan mencapai final untuk kali ketujuh sepanjang sejarah. Mereka bakal menghadapi AS Roma pada laga puncak 2022/2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sevilla mempertahankan tradisi bagus di LIga Europa dengan mencapai final untuk kali ketujuh sepanjang sejarah. Mereka bakal menghadapi AS Roma pada laga puncak 2022/2023.

Juara enam kali kompetisi tersebut melaju ke partai pamungkas usai mengalahkan Juventus 2-1 pada leg kedua di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan, Jumat (19/5/2023) dini hari WIB. Hasil tersebut membuat mereka menang agregat 3-2.

Sementara AS Roma lolos ke final dengan mengimbangi Bayer Leverkusen 0-0 di BayArena pada waktu bersamaan. Hasil itu cukup bagi pasukan Jose Mourinho untuk unggul agregat 1-0.

Final Liga Europa berlangsung di Puskas Arena, Budapest, Kamis (1/6/2023) mendatang.

Kemenangan Sevilla

 

Sevilla dan Juventus saling menekan begitu laga dimulai. Namun tempo pertandingan tak terlalu tinggi.

Sevilla sedikit mendominasi jalannya laga di babak pertama, tetapi Juve juga sering mendapatkan peluang. Pada menit ke-14 mereka dihadiahi sepak pojok di sisi kiri pertahanan Sevilla, bola umpan Fagiolo kemudian ditanduk Gatti di tengah kotak penalti yang masih bisa ditepis Bono.

Sevilla kemudian membalas pada menit ke-23. Tandukan Ocampos di kotak penalti masih bisa diselamatkan Szczesny dengan brilian.

Kedua tim saling menyerang di sepanjang babak pertama, tetapi belum membuahkan gol.

Juventus sempat mencetak gol pada menit ke-42 melalui Adrien Rabiot, tetapi gol itu dianulir karena sebelumnya ada pemain Juventus lainnya yang sudah berada dalam posisi offside.

Babak pertama Sevilla vs Juventus berakhir tanpa gol.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sevilla vs Juventus Lanjut ke Perpanjangan Waktu

Juventus bisa memecahkan kebuntuan di pertengahan babak kedua atau menit ke-65. Pemain pengganti Dusan Vlahovic mencatatkan namanya di papan skor lewat tandukannya setelah mendapat umpan tandukan dari Rabiot. Skor menjadi 1-0, dengan Agregat 2-1.

Sevilla berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-71. Lamela memberikan umpan kepada Suso yang kemudian melepas tembakan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola masuk ke sudut kanan atas gawang Szczesny untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Sevilla berusaha mencetak gol lagi di sisa pertandingan. Sayangnya sampai laga berakhir mereka tidak gol tambahan yang tercipta dan pertandingan harus berlanjut ke babak extra time.

Juventus menekan Sevilla di babak pertama extra time. Mereka mengancam melalui Dusan Vlahovic dan Federico Chiesa.

Pada menit ke-95, Chiesa melepas tembakan keras mendatar yang masih bisa diblok Bono. Bola rebound hampir disambar Vlahovic, tetapi kiper asal Maroko itu masih mengamankan bola lagi.

Sevilla bisa mencetak gol pada menit yang sama. Bermula dari tusukan Bryan Gil di sayap kiri, dia lalu melepas umpan silang ke kotak penalti yang ditanduk oleh Erik Lamela menjadi gol. Kedudukan menjadi 2-1.

Skor ini bertahan sampai turun minum. Di babak kedua extra time, Juventus kembali mencoba mengancam Sevilla.

Sevilla harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-115 karena Marcos Acuna diusir wasit usai mengoleksi kartu kuning keduanya di laga tersebut.

Meski unggul jumlah pemain, Juve gagal mencetak gol penyeimbang sampai laga berakhir. Sevilla menang 2-1 dengan agregat unggul 3-2 atas klub Italia tersebut.

3 dari 3 halaman

Roma Redam Leverkusen

Leverkusen tampil menyerang sejak awal laga dan nyaris mencetak gol pada menit ke-11. Moussa Diaby menggiring bola ke kotak penalti sebelum melepaskan tendangan yang masih membentur tiang kanan atas gawang AS Roma.

Tim tuan rumah kembali mengancam lewat tendangan Kerem Demirbay dari luar kotak penalti pada menit ke-20 dan 26. Namun, kedua percobaannya itu masih bisa diselamatkan kiper Rui Patricio.

Upaya lain dari Leverkusen belum juga membuahkan hasil pada menit ke-36. Tembakan Sardar Azmoun tepat mengarah ke Patricio. Babak pertama tuntas tanpa gol.

Leverkusen yang ingin mencetak gol memulai babak kedua dengan meningkatkan intensitas serangan. Sementara Roma semakin merapatkan pertahanan mereka.

Percobaan Azmoun pada menit ke-66 masih mengarah tepat ke tangan Patricio dan dibuang oleh Gianluca Mancini sebelum disambar oleh pemain Leverkusen. Kiper asal Portugal itu beberapa kali menyelamatkan gawang Roma dari serangan Leverkusen.

AS Roma berhasil mempertahankan keunggulan agregat 1-0 mereka sampai pertandingan selesai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini