Sukses

Akhiri Puasa 32 Tahun di SEA Games, Timnas Indonesia U-22 Bakal Banjir Bonus

Timnas Indonesia U-22 akan mendapat banyak bonus usai menjadi juara sepak bola SEA Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia U-22 bakal banjir bonus setelah merebut medali emas SEA Games 2023. Pasukan Indra Sjafri juga akan mendapatkan guyuran bonus dari Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI).

Ketua umum PSSI Erick Thohir sudah menyatakan akan ada bonus bila Marselino Ferdinan mampu mengalahkan Thailand di final SEA Games 2023. Hal ini disampaikan sebelum laga final.

"Jangan tanya bonus dulu. Juara dulu baru bicara bonus. Pasti ada tapi fokus dulu. Jangan bonus-bonus dulu nanti malah nggak fokus," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir saat ditemui pewarta di kompleks Morodok Techo International Stadium, Phnom Penh.

Keinginan Erick Thohir akhirnya terwujud. Timnas Indonesia menang 5-2 atas Thailand di final yang berlangsung sampai perpanjangan waktu dan terjadi hujan kartu merah.

Indonesia unggul dua gol lebih dulu atas Thailand di babak pertama melalui striker andalan Muhammad Ramadhan Sananta. Gol pertama dicetak lewat sundulan yang kemudian dibelokkan pemain Thailand. Kemudian Sananta mencetak gol indah lewat tendangan lambung dari jarak jauh di akhir babak pertama.

Di babak kedua Thailand bangkit. Dua pemain pengganti membuat Thailand menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha. Gol Yotsakon bahkan terjadi di detik akhir dimana tim Indonesia sudah sempat merayakan kemenangan karena mengira wasit sudah meniup peluit panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penantian Panjang

Beruntung di perpanjangan waktu, Thailand melakukan blunder fatal di menit pertama sehingga Irfan Jauhari mampu mengembalikan keunggulan Indonesia. Setelah itu terjadi keributan yang membuat satu pemain Indonesia dan satu pemain Thailand diusir wasit.

Dua pemain Thailand lain kemudian menyusul menerima kartu merah. Indonesia mampu memanfaatkannya untuk mencetak dua gol lagi lewat Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra.

Medali emas SEA Games 2023 ini sangat spesial karena sudah 32 tahun Indonesia tak mendapatkannya. Terakhir kali Indonesia menjadi yang terbaik di sepak bola putra SEA Games di tahun 1991.

3 dari 3 halaman

Bonus Ganda

Selain bonus dari PSSI, timnas Indonesia U-22 juga sudah pasti mendapat bonus dari pemerintah Indonesia.

Pemberian bonus bagi peraih medali emas kejuaraan multi event selama ini diberikan oleh pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Besaran bonus untuk nomor perorangan dan beregu berbeda.

Menpora Dito Ariotedjo mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo menaikkan besar bonus bagi peraih medali di SEA Games 2023.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.