Sukses

Hajar Thailand di SEA Games 2023, Berakhir Sudah Penantian 32 Tahun Timnas Indonesia

Timnas Indonesia mengakhiri penantian 32 tahun untuk bisa mendapatkan medali emas di SEA Games.

Liputan6.com, Jakarta- Penantian panjang Timnas Indonesia untuk merasakan medali emas SEA Games akhirnya berakhir di Kamboja tahun 2023. Indonesia harus menanti selama 32 tahun untuk bisa mendapatkan emas sepak bola di SEA Games. Terakhir kali terjadi tahun 1991.

Kesuksesan pasukan Indra Sjafri mengakhiri puasa emas SEA Games 2023 terjadi sangat dramatis di partai final melawan Thailand yang berlangsung di National Olympic Stadium, Selasa (16/5/2023) malam WIB. Indonesia menang 5-2 dalam laga yang berakhir dengan 10 melawan 8 pemain. Thailand mendapat tiga kartu merah.

Timnas Indonesia unggul dua gol lebih dulu atas Thailand di babak pertama melalui striker andalan Muhammad Ramadhan Sananta. Gol pertama dicetak lewat sundulan yang kemudian dibelokkan pemain Thailand. Kemudian Sananta mencetak gol indah lewat tendangan lambung dari jarak jauh di akhir babak pertama.

Di babak kedua Thailand bangkit. Dua pemain pengganti membuat Thailand menyamakan skor menjadi 2-2 lewat Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha. Gol Yotsakon bahkan terjadi di detik akhir dimana tim Indonesia sudah sempat merayakan kemenangan karena mengira wasit sudah meniup peluit panjang.

Beruntung di perpanjangan waktu, Thailand melakukan blunder fatal di menit pertama sehingga Irfan Jauhari mampu mengembalikan keunggulan Indonesia. Setelah itu terjadi keributan yang membuat satu pemain Indonesia dan satu pemain Thailand diusir wasit.

Dua pemain Thailand lain kemudian menyusul menerima kartu merah. Timnas Indonesia U-22 mampu memanfaatkannya untuk mencetak dua gol lagi lewat Fajar Fathur Rahman dan Beckham Putra.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Indonesia

Indonesia tampil sempurna selama SEA Games 2023. Marselino Ferdinan dan kawan-kawan tak terkalahkan selama di Kamboja. Empat laga di fase grup di sapu bersih.

Perjalanan Indonesia meraih emas SEA Games 2023 dimulai dari laga perdana melawan Filipina. Indonesia mampu menang telak 3-0 berkat gol Marselino, Irfan Jauhari dan Fajar Fathur Rahman.

Kemudian giliran Myanmar yang dilumat lima gol tanpa balas di laga kedua. Ramadhan Sananta membuat dua gol. Marselino, Fajar dan Titan Agung melengkapi pesta Garuda Nusantara.

3 dari 3 halaman

Timnas Indonesia Sempurna

Setelah itu Indonesia mencukur Timor Leste 3-0 berkat dua gol Fajar dan satu gol Sananta. Pada laga keempat, Indonesia menang tipis 2-1 melawan tuan rumah Kamboja berkat gol Titan dan Beckham.

Pada babak semifinal, Indonesia menang dramatis 3-2 atas Vietnam. Ketiga gol dilesakkan Komang Putra Trisnanda, Muhammad Ferarri dan Taufany Muslihuddin di menit akhir. Pada laga ini Pratama Arhan diganjar kartu merah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.