Sukses

Gondol 4 Emas, Tenis Runtuhkan Dominasi Thailand di SEA Games 2023

Indonesia menjadi juara umum tenis di SEA Games 2021. Pada edisi sebelumnya Thailand yang berjaya.

Liputan6.com, Jakarta Tenis Indonesia meraih sukses besar di SEA Games 2023. Indonesia mampu keluar sebagai juara umum setelah merebut empat medali emas. Aldila Sutiadi dan kawan-kawan meruntuhkan dominasi Thailand di Kamboja.

Total Indonesia meraup total sembilan medali di SEA Games 2023. Selain empat keping emas, ada dua perak dan tiga perunggu. Pencapaian ini melebihi target awal yang cuma tiga medali emas. Thailand yang menjadi juara umum di SEA Games 2021 kali ini harus puas menjadi runner-up di tenis SEA Games Kamboja.

Empat medali emas didapat Indonesia dari nomor tunggal putra, tunggal putri, beregu putri, dan ganda campuran. Bahkan pasangan ganda campuran Indonesia Aldila Sutjiadi dan Christopher Rungkat mencetak hat-trick emas di ajang SEA Games.

Aldila total memberikan dua emas dan satu perak. Emas pertama diraihnya di beregu putri bersama Priska Nugroho, Beatrice Gumulya dan Jessy Rompies. Di ganda putri, Aldila mendapat perak bersama Jessy Rompies.

Dua emas lain didapat Indonesia dari tunggal putri lewat Priska dan tunggal putra melalui Muhammad Rifqi Fitriadi alias Tole.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tenis Indonesia (PP PELTI) Edward Omar Sharif Hiariej senang dan bangga dengan pencapaian luar biasa di SEA Games 2023.

PELTI bersama NOC Indonesia menyambut kepulangan para pahlawan tenis ini di Bandara Soekarno-Hatta pada Senin (15/5/2023). Edward Omar Sharif turut hadir langsung menyambut kedatangan para atlet dan ofisial tenis dengan mengalungkan bunga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Luar Biasa

"Saya kira ini pencapaian yang luar biasa ya, karena kita lihat dari pengalaman kita di SEA Games yang lalu di Vietnam, pada saat itu kami hanya mendapatkan satu emas dan satu perak. Waktu itu, Thailand menjadi juara umum untuk tenis. Namun kali ini bisa dibalik dan drastis, dari tujuh kategori kita mendapatkan empat medali emas, kemudian dua perak dan tiga perunggu sekaligus, sebagai juara umum untuk tenis," kata Edward.

"Saya kira ini merupakan suatu proses yang tidak diraih begitu saja. Tapi kita tahu Christo dan Aldila ini banyak sekali mengikuti 'event' internasional. Jadi baik mental dan keterampilan sudah jelas terasah. Apalagi bagi Christo ini adalah SEA Games yang sudah delapan kali baginya. Jadi saya kira ini suatu pencapaian yang luar biasa, dan ini sedang menunjukkan kebangkitan tenis Indonesia."

3 dari 3 halaman

Bonus

Berkat pencapaian luar biasa di SEA Games 2023, para petenis Indonesia akan mendapatkan bonus ganda. Selain dari pemerintah, PP PELTI juga memasikan akan ada bonus tambahan dari mereka.

"Dari pemerintah ada, dari Pelti juga ada. Untuk besarnya bonus dari Pelti itu rahasia dapur," lanjut Edward yang juga menjabat sebagai Wakil Menteri Hukum dan HAM tersebut.

Sementara itu Aldila dan Christo mengaku rahasia mereka bisa tiga kali beruntun merebut emas ganda campuran SEA Games karena kekompakan yang sudah terbangun di lapangan.

"Ya pastinya chemistry di lapangan dan juga energi kita di lapangan. Memang lawan tidak mudah juga ya karena mereka pemain-pemain yang berpengalaman," kata Aldila.

"Ini kedua kali (bertemu pasangan Thailand di final SEA Games). Beda pasangan juga, tapi ya memang mereka pun bermain sangat baik, kami sempat ketinggalan satu set tapi kami berhasil membalikkan keadaan. Dan akhirnya bisa menang di set ketiga."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.