Sukses

Cerita Elaine Widjaya Berjuang Taklukan Panas Ekstrim di Kamboja Demi Medali SEA Games 2023

Golf sukses merebut dua medali meski harus menghadapi cuaca panas di SEA Games 2023 Kamboja.

Liputan6.com, Jakarta- Asia Tenggara sedang dilanda cuaca panas sejak akhir April 2023. Cuaca panas ekstrim ini juga terjadi di Kamboja saat berlangsungnya SEA Games 2023. Atlet yang berjuang di outdoor atau luar ruangan harus berjuang ekstra akibat panas terik.

Salah satu cabang olahraga yang terganggu dengan cuaca panas saat SEA Games 2023 adalah golf. Para pegolf harus berjuang di suhu ekstrim yang sempat mencapai 40 derajat celsius.

Perjuangan tim golf Indonesia melawan cuaca panas membuahkan hasil manis. Dua medali berhasil di bawa pulang. Beregu putri mampu merebut perak, sedangkan beregu putra mengamankan medali perunggu di SEA Games Kamboja.

Salah satu atlet golf Indonesia yang menyumbang medali di SEA Games 2023, Elaine Widjaya menuturkan beratnya perjuangan merebut medali di Kamboja di tengah cuaca panas.

"Lumayan senang bisa dapat medali walau kita ada kesempatan dapat emas tapi belum tercapai. Lawannya lumayan berat. Tapi seharusnya bisa lebih baik lagi. Di sana cuaca panas. Suhu mencapai 35 sampai 40 di lapangan. Itu juga menjadi salah satu kendala. Kendala lainnya adalah di distance. Pukulannya agak jauh dari Thaland yang menjadi lawan kita di final," kata Elaine saat tiba kembali di Indonesia pada Minggu (14/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tantangan Berat

Senada dengan Elaine, pegolf putra Indonesia Rayhan Abdul Latief juga menilai cuaca panas menjadi tantangan berat bagi mereka saat berjuang di SEA Games 2023.

"Kendala disana dari segi cuaca dan temperatur yang cukup panas. Juga kontur lapangan yang kurang familiar dengan tim kita," tutur Rayhan usai mengikuti upacara penyambutan atlet SEA Games 2023 yang digelar NOC Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

3 dari 3 halaman

PGI Puas

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Golf Indonesia (PB PGI) Japto Soelistyo Soerjoesoemarno mensyukuri keberhasilan tim golf Indonesia, yang berhasil membawa pulang dua medali dari partisipasi di SEA Games 2023. 

"Sekarang kita harus berterima kasih dengan apa yang mereka dapat, bahwa paling tidak golf yang hanya tujuh orang bisa menyumbang dua medali, menambah medali kita. Jangan dibandingkan sama yang lain, 20 atlet, 30 atlet. Gak dapat sekian banyak. Kita dengan hanya tujuh, bisa menghasilkan dua, Alhamdulillah," kata Japto

"Soal dapat emas atau apa segala macam itu kan artinya prestasi dan keuntungan yang didapat pada waktu yang tepat. Nah sekarang mereka ini sudah buat yang terbaik, nyaris dapat emas yang ladiesnya, cuma ya nasib garis tangannya belum sampai," ujar Japto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.