Sukses

Hasil Liga Inggris: Manchester City di Ambang Juara Usai Arsenal Dipermalukan Brighton

Manchester City hanya berjarak satu kemenangan dari gelar Liga Inggris setelah Arsenal kalah dari Brighton di pekan ke-36.

Liputan6.com, Jakarta Arsenal secara mengejutkan menyerah dari tamunya Brighton & Hove Albion dalam laga pekan ke-36 Liga Inggris 2022/2023 di Stadion Emirates, Minggu (14/5/2023). Mereka dikalahkan skuad Roberto De Zerbi dengan skor telak 3-0.

Kekalahan ini tidak mengubah posisi Arsenal di peringkat dua klasemen sementara Liga Inggris. Sedangkan, bagi Brighton, kemenangan ini penting bagi misi mengejar spot Liga Europa.

Namun, hasil ini membuat Manchester City hanya berjarak satu kemenangan dari gelar Liga Inggris. Skuad asuhan Pep Guardiola ini semakin kokoh di puncak setelah mencatat kemenangan 3-0 atas Everton.

Bertandang ke Emirates Stadium, Brighton memang diprediksi bakal menyulitkan Arsenal yang sedang tertekan untuk terus meraih kemenangan.

Sejak awal pertandingan Arsenal langsung tampil agresif. Menit ke-14, Odegaard mendapatkan peluang terbaiknya dengan sepakan mendatar dari luar kotak penalti. Bola masih melebar tipis di sisi kanan gawang lawan.

Namun, tempo pertandingan sedikit menurun memasuki 10 menit akhir. Brighton memang tidak membawa bola, tapi mereka tampak percaya diri menghadapi dominasi Arsenal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Babak Kedua

Pertandingan di babak kedua berjalan dengan tempo yang tidak jauh berbeda. Menit ke-51, pendukung tuan rumah terdiam saat umpan lambung Estupinan ditanduk Julio Enciso yang tidak terkawal di depan gawang Ramsdale.

Kebobolan satu gol memaksa Arsenal meningkatkan tempo serangan. Menit ke-72, Arsenal mendapatkan peluang terbaiknya lewat tembakan Trossard. Menerima umpan Odegaard, Trossard langsung melepas tembakan mendatar, tapi bola masih bisa dipeluk Steele.

Jelang pertandingan berakhir, Brighton justru mampu mencetak gol kedua memberikan pukulan kedua. Memanfaatjan kesalahan koordinasi Ramsdale-Trossard, Deniz Undav mencungkil bola ke gawang.

Menit ke-90+6, Brighton memberikan pukulan pemungkas. Sepakan keras Undav dari luar kotak penalti bisa ditepis Ramsdale, tapi bola muntah tepat ke hadapan Estupinan yang tak terkawal. Gol! Arsenal 0-3 Brighton.

3 dari 4 halaman

Susunan Pemain

Arsenal: Aaron Ramsdale; Ben White, Jakub Kiwior, Gabriel Magalhaes, Kieran Tierney; Granit Xhaka (60' Thomas Partey), Jorginho (60' Reiss Nelson), Martin Odegaard (78' Emile Smith-Rowe); Bukayo Saka, Gabriel Jesus (77' Eddie Nketiah), Gabriel Martinelli (20' Leandro Trossard).

Pelatih: Mikel Arteta.

Brighton: Jason Steele; Pascal Gross, Lewis Dunk, Levi Colwill, Pervis Estupinan; Billy Gilmour (60' Danny Welbeck), Moises Caicedo; Julio Enciso (82' Deniz Undav), Alexis Mac Allister, Kaoru Mitoma; Evan Ferguson (77' Facundo Buonanotte).

Pelatih: Roberto De Zerbi.

4 dari 4 halaman

Klasemen

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.