Sukses

Pertama Kali Dalam Sejarah, Indonesia Raih Emas Sempurna di Bola Basket Putri SEA Games 2023

Indonesia selalu menang dalam enam pertandingan bola basket putri SEA Games 2023. Baru kali ini tim putri bisa membawa pulang emas.

Liputan6.com, Jakarta- Timnas basket putri Indonesia mengukir sejarah baru di SEA Games 2023. Untuk pertama kalinya Indonesia merebut emas di SEA Games. Yang lebih istimewa, Dyah Lesteri dan kawan-kawan meraih emas sempurna di Kamboja.

Pada laga terakhir basket putri SEA Games 2023, Indonesia menghajar Singapura 86-39 di Morodok Techo Stadium, Minggu (14/5/2023) pagi WIB. Dengan demikian Indonesia menjadi juara tanpa pernah kalah. Semua lawan dilibas.

Pada laga terakhir melawan Singapura, Dyah Lestari menjadi pencetak angka terbanyak dengan 15 poin. Seluruh pemain timnas putri Indonesia mencetak poin di laga kontra Singapura ini.

Dua pemain naturalisasi Kimberley Pierre Louis dan Peyton Alexis Whitted cuma bermain sebentar di laga ini karena Indonesia sudah unggul jauh. Keduanya hanya turun 13 menit 55 detik. Kimberley menyumbang 13 poin, Peyton menghasilkan lima angka.

Laga melawan Singapura sebenarnya sudah tidak terlalu menentukan. Timnas basket putri Indonesia sudah dipastikan merebut emas sejak Sabtu kemarin setelah menang atas tuan rumah Kamboja dengan skor telak 100-54.

Dari enam laga di SEA Games 2023, Indonesia selalu menang. Pertama Vietnam yang dihajar dengan 67-62. Kemudian Thailand ditekuk 70-69. Selanjutnya Malaysia dilumat 85-57. Filipina juga dikalahkan dengan skor 68-89.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terus Meningkat

Emas di SEA Games 2023 menjadi pencapaian terbaik Indonesia di basket putri ajang dua tahunan tersebut. Sebelumnya prestasi terbaik basket putri Indonesia cuma perak sebanyak tiga kali.

Dari SEA Games 2019, prestasi basket putri Indonesia terus melejit. Pada 2019 di Filipina, Indonesia mendapat perunggu. Kemudian naik menjadi perak pada 2021 di Vietnam. Pada dua edisi terakhir tersebut Filipina yang merebut medali emas.

3 dari 4 halaman

Komentar

"Saya bingung mau berbicara apa, karena kali pertama meraih medali emas. Hanya satu kata 'bangga'. Kami sudah bekerja keras dalam beberapa SEA Games terakhir. Perjalananya panjang," kata Penanggung Jawa Timnas Basket Putri Christopher Tanuwidjaja kepada dilansir Antara.

"Dari SEA Games 2019 di Manila kami mendapat perunggu. Kemudian tahun lalu, mendapat perak di SEA Games 2021 di Vietnam. Sekarang dapat emas dan emasnya bukan emas biasa. Tapi emas sempurna karena semua tim besar sudah kalah sama kami," katanya menambahkan.

4 dari 4 halaman

Putra

Dua kali beruntun di SEA Games, bola basket 5on5 menyumbang medali emas. Sebelumnya di SEA Games 2021, timnas putra juga untuk pertama kalinya merebut emas dengan meruntuhkan dominasi Filipina.

Pada SEA Games 2023, timnas putra Indonesia juga masih melaju ke babak semifinal. Namun kali ini Indonesia bakal mendapat rintangan maha berat karena Kamboja memiliki delapan pemain naturalisasi dari Amerika Serikat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.