Sukses

Thailand atau Vietnam, Siapa Lawan Terberat Timnas Indonesia U-22 di Semifinal SEA Games 2023?

Sebagai pemuncak Grup A, Indonesia artinya akan bertemu dengan runner up dari Grup B antara Thailand atau Vietnam.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 sudah dipastikan lolos ke semifinal cabang olahraga sepak bola SEA Games 2023 sebagai juara Grup A.

Skuad asuhan Indra Sjafri itu sebenarnya sudah mengamankan tempat di empat besar usai mengalahkan Timor Leste akhir pekan lalu. Timnas kemudian memastikan status penguasa grup usai membungkam Kamboja di partai pamungkas.

Selain berhasil menyapu bersih semua laga di fase grup dengan kemenangan, Indonesia juga berhasil mengemas 13 gol dan hanya sekali kebobolan.

Satu-satunya gol yang masuk ke gawang Garuda Muda dicetak tuan rumah dan sempat membuat skor menjadi imbang, Beckham Putra Nugraha dapat mengembalikan keunggulan Garuna Nusantara pada menit ke-52.

Sebagai pemuncak Grup A, Indonesia artinya akan bertemu dengan runner-up dari Grup B antara Thailand atau Vietnam. Kedua negara tersebut sudah dipastikan melaju ke babak berikutnya dan akan berhadapan malam ini pada pukul 19.00 WIB di Visakha Stadium, Phnom Penh. Pertandingan tersebut akan menentukan siapa lawan Garuda Muda di semifinal nanti.

Thailand hanya membutuhkan hasil imbang untuk dapat mengamankan status juara grup. Pasalnya, skuad besutan Ithsara Sritharo tersebut unggul selisih gol dari Vietnam kendati jumlah poin kedua tim sementara ini sama (9).

Sementara Vietnam di satu sisi harus dapat merebut poin penuh jika ingin menggeser Thailand dari puncak klasemen Grup B.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Thailand

Lantas, jika berbicara mengenai kekuatan dua calon lawan Indonesia di semifinal nanti, siapa yang kira-kira lebih kuat? Timnas Thailand U-22 sementara ini menjadi pemuncak klasemen Grup B dengan raihan sembilan poin dari tiga laga yang telah dimainkan. Artinya, War Elephants sejauh ini masih belum terkalahkan di cabor sepak bola.

Selain itu, mereka juga menjadi tim dengan jumlah gol terbanyak di Grup B dengan sembilan gol serta hanya kebobolan dua kali. Ketajaman mereka di lini serang terbukti dengan dua striker mereka, Teerasak Poeiphimai dan Yotsakom Burapha sementara ini sama-sama berada di urutan kedua top skor SEA Games 2023 dengan masing-masing mengoleksi tiga gol.

Selain harus diwaspadai karena catatan impresifnya di fase grup, Thailand juga harus diwaspadai karena mereka adalah peraih 16 medali emas cabor sepak bola dari 31 edisi SEA Games. Rekor tersebut membuktikan betapa ganasnya mereka di atas lapangan hijau.

3 dari 3 halaman

Vietnam

Jika bisa disimpulkan, antara Thailand dan Vietnam bisa dibilang merupakan lawan yang sama-sama kuat untuk Indonesia. Pasalnya, negara yang identik dengan logo bintang kuning di benderanya itu sementara ini juga memegang sembilan poin tetapi harus duduk di posisi kedua klasemen Grup B karena kalah jumlah selisih gol.

Artinya, sama seperti Thailand, skuad asuhan Philippe Troussier itu juga masih belum terkalahkan di fase grup. Dan meski Vietnam mencetak gol lebih sedikit ketimbang sang pemuncak grup, striker mereka Nguyen Van Tung menjadi top skor sementara dengan torehan empat gol, berbagi tempat dengan penggawa Indonesia Fajar Fathur Rahman.

Kendati Vietnam tidak memiliki medali emas sebanyak Thailand, mereka juga patut diwaspadai karena di dua edisi SEA Games sebelumnya yang diadakan di Manila (2019) dan Hanoi (2021), Vietnam selalu meraih medali emas di cabor sepak bola.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini