Sukses

SEA Games 2023: Indonesia Berpeluang Kawinkan Medali Emas Beregu Bulu Tangkis

Indonesia berpeluang mengawinkan medali emas cabang bulu tangkis beregu putra dan putri SEA Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Tim bulu tangkis beregu putra dan putri Indonesia sukses melaju ke babak final SEA Games 2023. Hal ini membuka asa laskar Cipayung untuk mengawinkan medali emas.

Tim bulu tangkis beregu putri Indonesia terlebih dahulu memastikan satu tempat di laga puncak usai mengatasi perlawanan Filipina dengan skor sempurna 3-0. Komang Ayu Cahya Dewi, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo menyumbang poin pada pertandingan semifinal di Badminton Hall Morodok Techo, Phnom Penh, Kamboja, Rabu (10/5/2023).

Setelah itu, giliran tim bulu tangkis beregu putra Indonesia yang melangkah ke final setelah menang 3-1 atas Singapura. Chico Aura Dwi Wardoyo, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan menjadi aktor kemenangan Merah-Putih, hanya Christian Adinata yang gagal mencetak angka.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky memberikan komentar usai keberhasilan lolos ke final SEA Games 2023 Kamboja. "Beregu putri tampil bagus hari ini, dari ketenangan, mental, itu didukung dengan istirahat, permanasan yang cukup dan sudah siap saat masuk lapangan," ucap Rionny.

"Untuk beregu putra, secara keseluruhan cukup baik ya, pertandingan pertama langsung semifinal tapi mereka bisa bermain dengan ketenangan dan keyakinan. Hanya tadi memang di Christian (Adinata) yang sebenarnya kemarin di level super 300 penampilannya sedang bagus tapi hari ini ada kendala di pola main, ragu-ragu mau main menyerang atau bertahan balik serang," jelasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Putri Lawan Thailand

Di final beregu putri, Indonesia akan ditantang unggulan pertama Thailand. Turun dengan beberapa pemain terbaiknya, seperti duo ganda Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard serta pemain tunggal Lalinrat Chaiwan, Thailand tentunya akan menjadi lawan tangguh bagi Srikandi Indonesia yang tampil dengan matari pemain-pemain muda.

"Untuk beregu putri besok di final hadapi Thailand tidak ada strategi khusus. Tapi, memang kekuatan kita para pemain muda yang sedang menanjak performanya sementara Thailand punya pemain-pemain yang berpengalaman, jadi besok kami tim pelatih harus menenangkan para pemain ketika masuk lapangan," tukas Rionny.

"Ya maunya juara dan main bagus besok, jadi belum puas. Semoga besok beregu putri bisa all out dan maksimal," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Putra Lawan Mayalysia

Sementara tim beregu putra Indonesia bakal bersua Malaysia. Malaysia di semifinal secara dramatis menyingkirkan Thailand dengan skor 3-2.

"Untuk beregu putra saya harap bisa bermain normal besok. Kalau bermain normal, saya yakin kita bisa menang dari Malaysia dan ambil medali emas," tutup Rionny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.