Sukses

Head to Head Indonesia vs Kamboja di SEA Games: Garuda Muda Unggul Jauh

Indonesia sendiri sementara ini memuncaki klasemen Grup A dengan perolehan sembilan poin yang artinya Indra Sjafri dan pasukannya sudah dipastikan akan melaju ke babak berikutnya.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-22 dijadwalkan akan berduel dengan tim tuan rumah Kamboja dalam laga terakhir Grup A SEA Games 2023 pada Rabu (10/5/2023) di Stadion Olimpiade, Phnom Penh.

Indonesia sendiri sementara ini memuncaki klasemen Grup A dengan perolehan sembilan poin yang artinya Indra Sjafri dan pasukannya sudah dipastikan akan melaju ke babak berikutnya. Kendati begitu, kemenangan atas Kamboja akan sangat berharga bagi Garuda Muda untuk dapat mengunci posisi juara grup.

Sementara bagi Kamboja, mereka harus merebut kemenangan dan berharap Myanmar akan takluk di tangan Filipina jika ingin melanjutkan perjuangannya di cabang olahraga sepak bola. Tim tuan rumah saat ini menduduki posisi ketiga klasemen dengan raihan empat poin.

Adapun jika melihat catatan pertemuan sebelumnya antara Indonesia vs Kamboja di ajang SEA Games, nampaknya Garuda Muda memiliki keunggulan yang jauh lebih besar dari Angkor Warriors.

Tercatat dari total tujuh pertemuan antara kedua tim di kompetisi antar negara ASEAN tersebut, Indonesia berhasil memenangkan semuanya dengan 29 kali merobek gawang Kamboja.

Bahkan, pertemuan pertama kedua negara tersebut pada tahun 1995 berakhir dengan skor 10-0 untuk Indonesia. Penggawa timnas saat itu Eri Irianto berhasil lesakkan quattrick serta Kurniawan Dwi Yulianto catatkan hattrick ke gawang Kamboja.

Kedua negara terakhir berduel di SEA Games pada tahun 2017, di mana Indonesia sekali lagi berhasil keluar sebagai pemenang dengan dua gol tanpa balas yang dicetak oleh Ezra Walian dan Febri Haryadi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Kebobolan

Selain catatan sejarah yang mengesankan, performa Garuda Muda di SEA Games 2023 juga sangat impresif. Sejauh ini, Timnas Indonesia U-22 masih menjadi satu-satunya tim yang belum merasakan gawangnya dibobol setidaknya hingga matchday ketiga cabang olahraga sepak bola. Anak asuh Indra Sjafri tersebut juga menjadi tim dengan jumlah gol paling banyak di Grup A (11).

Dengan Kamboja pun Indonesia baru kebobolan sebanyak dua kali dari tujuh pertemuan sebelumnya. Dengan begitu, Garuda memiliki selisih gol sebesar 27 dengan tim tuan rumah sepanjang sejarah SEA Games.

3 dari 3 halaman

Head to Head Indonesia Vs Kamboja di Ajang SEA Games

  • 24/8/2017: Indonesia 2 – 0 Kamboja
  • 6/6/2015: Indonesia 6 – 1 Kamboja
  • 9/12/2013: Kamboja 0 – 1 Indonesia
  • 7/11/2011: Indonesia 6 – 0 Kamboja
  • 2/12/2007: Indonesia 3 – 1 Kamboja
  • 31/7/1999: Indonesia 1 – 0 Kamboja
  • 6/12/1995: Indonesia 10 – 0 Kamboja

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.