Sukses

Sepak Bola SEA Games 2023: Cukur Timor Leste, Indra Sjafri Bangga Rapor Timnas Indonesi U-22

Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri bangga dengan pencapaian anak asuhnya yang memastikan tiket semifinal SEA Games 2023 tanpa kebobolan.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-22 Indra Sjafri bangga dengan pencapaian anak asuhnya yang memastikan tiket semifinal SEA Games 2023 tanpa kebobolan.

Timnas U-22 Indonesia tidak kemasukan dari tiga pertandingan Grup A yang sudah dijalani. Teranyar Witan Sulaeman dan kawan-kawan sukses mengalahkan Timor Leste 3-0 di Olympic Stadium, Minggu (7/5/2023).

Ramadhan Sananta dan Fajar Fathur Rahman (2) mencatatkan nama di papan skor pada laga Indonesia vs Timor Leste.

"(Mencetak) 11 gol tampa kebobolan adalah berkat dari kerja keras semua pemain. Tentunya kami ucapkan terima kasih pada 20 pemain yang terpilih ini. Apalagi kita menjadi tim pertama lolos ke semifinal," kata Indra Sjafri usai pertandingan.

Indra Sjafri kini menyebut Garuda Nusantara memiliki dua ujian, yakni partai pamungkas Grup A SEA Games 2023 kontra Kamboja, Rabu (10/5/2023) serta partai semifinal.

Dia juga bersyukur semua pemain yang ada dalam kondisi terbaik alias tidak ada yang cedera sehingga memudahkan dirinya melakukan rotasi di tengah padanya jadwal.

"Masih ada sisa satu laga dan kami juga menunggu hasil di Grup B. Setelah itu kita baru berhitung untuk langkah di laga selanjutnya," kata pria asal Sumatera Barat itu. "Kita juga akan diskusi dengan manajemen untuk menentukan mana yang terbaik untuk kita."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Timnas Indonesia U-22 Hajar Timor Leste

Timnas U-22 Indonesia tampil menekan sejak awal pertandingan. Sejumlah peluang pun didapat. Namun, usaha Witan Sulaeman, Fajar Fathur Rahman, hingga Ramadhan Sananta masih bisa digagalkan kiper Georgino Da Silva atau belum tepat sasaran.

Timor Leste merespon permainan Indonesia dengan taktik serangan balik. Salah satu peluang didapat Mouzinho De Lima. Beruntung tendangannya masih bisa diblok Alfeandra Dewangga.

Kesabaran Timnas Indonesia U-22 akhirnya berbuah manis. Kolaborasi Marselino Ferdinan dan Witan Sulaeman membuka ruang bagi Fajar Fathur Rahman, yang langsung melepas umpan silang.

Ramadhan Sananta yang menunggu di kotak penalti tidak menyia-nyiakan layanan ini dan menanduk bola untuk merobek gawang Timor Leste pada menit ke-45.

Dalam keadaan memimpin pada jeda, Timnas U-22 bermain lebih tenang dan kembali menciptakan sejumlah peluang. Fajar Fathur Rahman jadi bintang Garuda Nusantara dengan mencetak dua gol pada menit ke-63 dan 76.

Tidak ada lagi gol tercipta. Usaha Timor Leste mengancam di akhir partai juga sia-sia. 

Susunan Pemain

Timor Leste: Georgino Da Silva, Jhon Frith Oliveira, Orceilo Da Silva, Anizo Correia, Cristevao Fernandes, Mouzinho De Lima, Zenivio Mota, Olagar Xavier, Joao Halle, Luis Figo, Ricardo Bianco

Indonesia: Muhammad Adisatryo; Ilham Rio Fahmi, Rizky Ridho, Komang Teguh, Pratama Arhan; Marselino Ferdinan, Ananda Raehan, Alfeandra Dewangga; Fajar Fathur Rahman, Ramadhan Sananta, Witan Sulaeman.

3 dari 3 halaman

Hasil dan Jadwal Timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023

Sabtu, 29 April 2023

16.00 WIB: Indonesia 3 - 0 Filipina

Kamis, 4 Mei 2023

16.00 WIB: Indonesia 5 - 0 Myanmar

Minggu, 7 Mei 2023

16.00 WIB: Timor Leste 0 - 3 Indonesia

Rabu, 10 Mei 2023

19.00 WIB: Kamboja vs Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini