Sukses

Gantikan Marc Marquez di MotoGP Spanyol 2023, Iker Lecuona: Kehormatan Sekaligus Tekanan

Iker Lecuona tidak sabar kembali ke MotoGP setelah ditunjuk Honda sebagai pengganti Marc Marquez untuk balapan di Jerez, akhir pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Iker Lecuona tidak sabar kembali ke MotoGP setelah ditunjuk Honda sebagai pengganti Marc Marquez untuk balapan di Jerez, akhir pekan ini.

Lecuona, yang terjun di World Superbike bersama Team HRC, menjalani dua musim penuh MotoGP pada 2020-2021 bersama KTM. Tersedia kursi lowong di Repsol Honda karena Marquez masih menjalani proses pemulihan cedera.

"Pertama, saya ingin mendoakan yang terbaik untuk Marc dalam pemulihannya. Dia adalah referensi di MotoGP. Saya pikir tidak hanya penggemar, tetapi juga pembalap sangat merindukannya," kata Lecuona dikutip keterangan resmi Repsol Honda.

"Tentu ini kesempatan luar biasa untuk kembali ke MotoGP dan membalap bersama tim impian saya," sambung sosok asal Spanyol ini.

Lecuona menyebut tantangan terbesarnya saat ini adalah beradaptasi secepat mungkin dengan RC213V setelah terbiasa menunggangi CBR1000RR-R di WSBK.

"Melakukannya di depan penonton Spanyol adalah hal yang istimewa. Tapi kami harus realistis, ini akan menjadi akhir pekan yang sangat berat dan menuntut," ungkapnya.

"Saya menghabiskan dua tahun belakangan fokus pada WSBK dengan Teamm HRC dan sekarang saya harus terbiasa dengan segala sesuatu yang berbeda di MotoGP serta mempelajari motor baru, yaitu Honda RC213V."

"Apa pun yang terjadi, saya akan melakukan yang terbaik dan mari kita lihat apa hasilnya," imbuh Iker Lecuona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Marc Marquez Absen di MotoGP Spanyol

Marquez masih absen pada MotoGP Spanyol 2023 yang berlangsung di Sirkuit Angel Nieto, Jerez, akhir pekan ini. Keputusan diambil setelah dia menjalani pemeriksaan medis di Rumah Sakit Ruber Internacional, Selasa (25/4/2023).

Dalam kontrol setelah operasi yang dilakukan sebulan lalu, ditemukan cedera sang juara dunia delapan kali belum pulih 100 persen. Tim medis yang dipimpin Dr Roger de Ona kini fokus agar Marc Marquez pulih pada seri berikutnya di Prancis pada 12-14 Mei.

“Terlepas dari kenyataan bahwa cedera menunjukkan pemulihan yang baik, penyembuhan tulangnya belum selesai dan balapan di Jerez dinilai berisiko. Bersama tim medis, kami memutuskan untuk tidak mengambil risiko apa pun, menunggu dua minggu lagi dan kembali ke Le Mans,” ungkap Marquez, dilansir Crash.

Marquez terkena fraktur intraartikular dari metacarpal pertama di tangan kanan setelah terlibat benturan dengan Miguel Oliveira (RNF Aprilia) pada seri pembuka MotoGP 2023 di Portugal.

“Saya sangat menyesal melewatkan balapan Spanyol karena selalu istimewa, mulai suasana, sensasi balapan di rumah sendiri, dan yang terpenting saya bisa melihat dan menyapa para penggemar. Saya akan melanjutkan rehabilitasi dan bekerja untuk pulih secepat mungkin. Terima kasih atas dukungan Anda!” sambung Marquez.

Berbeda dengan Marquez, rider Ducati Lenovo Enea Bastianini berharap bisa kembali tampil di MotoGP Spanyol 2023.

3 dari 3 halaman

Jadwal MotoGP Spanyol 2023

Jumat, 28 April 2023

15.45-16.30 WIB: Latihan Bebas 1

20.00-21.00 WIB: Latihan Bebas 2

Sabtu, 29 April 2023

15.10-15.40 WIB: Latihan Bebas 3

15.50-16.05 WIB: Kualifikasi 1

16.15-16.30 WIB: Kualifikasi 2

20.00 WIB: Sprint Race

Minggu, 30 April 2023

15.45-15.55 WIB: Pemanasan

20.00 WIB: Balapan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini