Sukses

SEA Games 2023: Timnas Indonesia U-22 Awali Perjalanan Bertahap Kontingen Indonesia ke Kamboja

SEA Games 2023 Kamboja resmi bergulir mulai 5 Mei hingga 17 Mei 2023.

Liputan6.com, Jakarta SEA Games 2023 Kamboja resmi bergulir pada 5-17 Mei mendatang. Meski demikian, kontingen Indonesia dari beberapa cabang olahraga sudah mulai bertolak ke Negeri Angkor sejak 25 April 2023.

Menurut Chef de Mission (Cdm) Kontingen Indonesia untuk SEA Games 2023, Lexyndo Hakim, cabang olahraga sepak bola menjadi rombongan atlet pertama yang meninggalkan Tanah Air. Para pemain timnas Indonesia U-22 saat ini sudah berada di Kamboja dan memulai latihan jelang pertandingan. 

Kontingen sepak bola bertolak Selasa (25/4/2023). Sehari kemudian menyusul kontingen Kriket. Sementara rombongan cabang olahraga hoki dijadwalkan bertolak, Kamis dini hari (27/4/2023). 

"Masih bertahap (keberangkatan kontingen)," ujar Lexy seperti dilansir dari Antaranews.com. 

Secara keseluruhan, Indonesia mengirim 599 atlet ke SEA Games 2023 Kamboja. Mereka terdiri dari 379 putra dan 220 putri. Skuad Merah Putih akan bersaing pada 31 cabang olahraga dari total 36 yang dipertandingkan atau dilombakan.

Dengan jumlah tersebut, Kontingen Indonesia menargetkan meraih 60 medali emas untuk bisa mempertahankan posisi di tiga besar klasemen akhir perolehan medali.

Sementara SEA Games Kamboja secara resmi akan dibuka pada 5 Mei. Meski demikian sejumlah cabang olahraga sudah mulai dipertandingkan pada Sabtu (29/4) atau sebelum upacara pembukaan pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara edisi ke-32 tersebut.

Sepak bola dan timnas Indonesia U-22 akan membuka rangkaian pertandingan melawan Filipina pada babak penyisihan Grup A di Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh pada Sabtu (29/4).

Selain sepak bola, cabang olahraga lainnya yang mulai dipertandingkan sebelum upacara pembukaan adalah kriket, catur (ouk chaktrang), hoki indoor, obstacle race, layar, bola voli indoor.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Marselino Ferdinan Memulai Proses Adaptasi

Sementara itu, Marcelino Ferdinan sudah mulai berlatih bersama rekan-rekannya di Kamboja. Pemain klub KMSK Deinze, Belgia itu baru bergabung dengan Garuda Nusantara, Senin (24/4) lalu.  

Kepada situs resmi PSSI, Marcelino mengaku dalam kondisi bugar untuk tampil di SEA Games 2023.

"Hari pertama latihan yang pasti masih agak berat karena saya melewati perjalanan yang jauh dari Belgia ke Indonesia lalu ke Kamboja.Tapi saya senang dan enjoy bisa kembali ke timnas," katanya.

Pada SEA Games 2023, Indonesia tergabung ke dalam Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste. Perjuangan Garuda Nuisantara dalam merebut medali emas SEA Games 2023 akan dimulai pada Sabtu (29/4) dengan menghadapi Filipina di Stadion Nasional, Phnom Penh.

Setelah itu secara berturut-turut Indonesia bakal menjajal kekuatan Myanmar (4/5), Timor Leste (7/5) dan Kamboja (10/5). Ketiga laga itu juga dimainkan di Stadion Nasional.

Dua tim terbaik dari Grup A dan Grup B akan melaju ke semifinal yang berlangsung pada 13 Mei. Adapun Grup B berisikan juara bertahan Vietnam, Thailand, Malaysia, Singapura, dan Laos.

 

3 dari 3 halaman

Tidak Ada Kendala Berarti

Marselino mengatakan dia tidak ada kendala dalam proses adaptasi apalagi dirinya mengenal dengan baik seluruh rekan-rekannya. Selain itu, proses latihan juga berjalan lancar.

"Soal adaptasi, pertama dengan cuaca panas sangat menyengat di Kamboja. Bagi saya sih lumayan dan harus cepat adaptas dengan baik. Tapi kalau saya lebih memilih adaptasi ke panas daripada adaptasi ke dingin. Badan saya oke 100 persen, tapi untuk (fisik) mungkin masih jetlag dalam artian sering (mudah) capek itu masih ada. Kondisi teman-teman saya lihat baik, lancar, dan kita siap lawan Filipina di laga pertama," ujar Marselino.

Pemain yang juga pernah memperkuat tim U-16 dan U-20 Indonesia menambahkan bahwa saat ini langsung fokus menghadapi Filipina.

"Filipina tidak bisa dianggap remeh juga meskipun sebagian besar mereka adalah (wajah) baru. Apalagi pertandingan pertama adalah laga penting untuk melanjutkan ke laga selanjutnya," tukas Marselino.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.