Sukses

Jeonnam Dragons Tumbang dari Gimcheon Sangmu setelah Asnawi Mangkualam Ditarik Keluar

Asnawi Mangkualam berperan besar dalam proses penciptaan gol pertama Jeonnam Dragons. Namun, pada akhirnya mereka harus mengakui keunggulan tim lawan.

Liputan6.com, Jakarta - Pemain Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam kembali diturunkan sebagai starter Jeonnam Dragons saat menghadapi Gimcheon Sangmu di Gimcheon Sports Complex pada lanjutan K-League 2, Rabu (19/4/2023).

Sayangnya, Jeonnam Dragons harus mengakui keunggulan Sangju setelah terkena comeback 1-2 di 10 menit terakhir pertandingan. Kendati begitu, Asnawi tetap menampilkan performa terbaiknya di atas lapangan hijau.

Ditugaskan mengisi posisi bek kiri, pemain berusia 23 tahun tersebut sukses menjaga sisi kiri pertahanan Jeonnam dengan solid. Terlepas dari itu, kedua tim memang bermain dengan lambat dan hati-hati sepanjang babak pertama berjalan sehingga tidak banyak peluang yang diciptakan dari kedua sisi.

Gimcheon Sangmu sendiri sempat bermain menyerang selama beberapa menit, tetapi tetap tidak dapat memecah kebuntuan.

Sadar timnya kesulitan menciptakan peluang, pelatih Jeonnam Dragons Lee Jang-Kwan memutuskan untuk membuat beberapa perubahan. Pada menit ke-46, playmaker asal Brasil Valdivia dibawa masuk menggantikan Kim Geon-oh dengan harapan dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi timnya.

Kemudian, pada menit ke-57, striker Chu Sang-hun dan bek kiri Yeo Seung-won masuk sehingga akhirnya membuat Asnawi harus berubah posisi menjadi sayap kiri. Namun, pemain kelahiran Makassar tersebut tidak bisa memaksimalkan perannya sehingga ia kembali digeser menjadi sayap kanan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lebih Menonjol

Di posisi sayap kanan inilah Asnawi dapat lebih memaksimalkan perannya dan memberikan lebih banyak kontribusi, hingga akhirnya Jeonnam dapat membuka keunggulan lebih dulu. Berawal dari salah oper salah satu pemain Gimcheon, Asnawi sukses membuat lawan kehilangan bola dan langsung diambil oleh Lee Hu-kwon yang kemudian mengoper pada No Geon-woo.

No pun akhirnya melepaskan tembakan dari ujung kotak penalti tetapi masih menyentuh tiang gawang. Sempat terjadi kemelut dalam proses perebutan bola di kotak penalti Gimcheon. Namun, umpan silang Lee yang disambut oleh kontrol dada Asnawi akhirnya membuahkan gol.

Asnawi yang sebenarnya bisa langsung melepaskan tembakan memilih untuk mengoper bola hingga berakhir di kaki Ha Nam. Jeonnam Dragons pun akhirnya unggul 1-0 di menit ke-72.

3 dari 4 halaman

Comeback

Namun, keunggulan satu gol atas Gimcheon Sangmu tersebut tidak bertahan lama. Sekitar 10 Menit setelah gol Ha Nam, Asnawi digantikan oleh Jeong Ho-jin. Baru satu menit setelah eks pemain PSM Makassar itu ditarik, Gimcheon berhasil menyamakan kedudukan melalui sundulan keras Kwon Chang-hoon.

Satu menit jelang waktu normal berakhir, Kim Min-jun melalui sepakan kerasnya berhasil membalikkan keunggulan menjadi 2-1. Kedudukan tersebut bertahan hingga peluit panjang berbunyi. Atas kekalahan ini Jeonnam Dragons kini harus puas duduk di posisi kedelapan klasemen sementara K-League 2 dengan 10 poin.

4 dari 4 halaman

Hadapi Sang Mantan

Jeonnam Dragons berikutnya dijadwalkan akan menghadapi Ansan Greeners, Minggu (23/4/2023). Asnawi akan kembali bertemu dengan mantan klubnya yang ia bela pada periode 2021-2023..

Ansan saat ini berada di urutan ke-12 klasemen sementara K-League 2, terpaut lima poin dengan Jeonnam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini