Sukses

Buntut Insiden Pemukulan Alex Baena, Gelandang Real Madrid Terancam Larangan 12 Pertandingan di LaLiga

Diperkirakan butuh waktu lama untuk menyelesaikan kasus tersebut, gelandang Real Madrid kemungkinan tidak bisa berpartisipasi di final Copa del Rey

Liputan6.com, Jakarta Gelandang Real Madrid Federico Valverde dilaporkan terancam larangan menjalani 12 pertandingan setelah diduga memukul pemain Villarreal Alex Baena usai pertandingan kedua tim di La Liga pada 8 April 2023 lalu.

Pemain berusia 24 tahun itu diturunkan dari bangku cadangan dan sempat bermain selama 31 menit pada laga yang dimenangkan Villareal 3-2 pada lanjutan LaLiga di Bernabeu.

Usai pertandingan, Baena diduga sempat melontarkan komentar kepada Valverde soal anaknya yang belum lahir setelah pasangan pemain asal Uruguay itu mengalami masalah saat hamil.

Valverde dilaporkan bereaksi dengan meninju pemain berusia 21 tahun itu di area parkir bus tim. Akibatnya, tulang pipinya terlihat bengkak dan memar.

Setelah insiden memalukan itu, Baena meceritakan kejadiannya ke media sosial dan memberikan komentar bahwa dia mendapat serangan dari penyerang tak dikenal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Larangan Maksimum

Villarreal juga mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa Baena "diserang" saat meninggalkan stadion, dan pengaduan telah diajukan ke Kepolisian Nasional.

Masalah ini juga akan diselidiki oleh badan disiplin independen FA Spanyol mulai hari Rabu/ The Athletic mengklaim bahwa Valverde dapat menghadapi hukuman maksimum larangan bermain 12 pertandingan.

3 dari 5 halaman

Di Luar Pertandingan

Baik Valverde dan Baena akan diminta untuk memberikan bukti. Jika yang pertama dinyatakan bersalah meninju pemain Villarreal itu, dia setidaknya dilarang sebanyak empat laga dan berpotensi sebanyak 12 pertandingan.

Namun, dengan insiden yang terjadi di luar stadion setelah pertandingan selesai, laporan tersebut menambahkan bahwa hakim ketua mungkin tidak memiliki wewenang untuk menjatuhkan skorsing mengingat hal itu tidak terjadi selama pertandingan.

4 dari 5 halaman

Laga Mudah

Tapi, diperkirakan butuh waktu hingga satu bulan untuk menyelesaikan kasus tersebut, yang berarti Valverde tidak berpartisipasi di final Copa del Rey pada 6 Mei melawan Osasuna.

Los Blancos akan melakoni laga yang relatif mudah di akhir musim La Liga, meskipun mereka masih harus menghadapi Real Sociedad dan Athletic Bilbao yang masih mengejar tempat di Eropa.

5 dari 5 halaman

Pemain Krusial

Valverde sekali lagi terbukti menjadi roda penggerak krusial dalam tim asuhan Carlo Ancelotti musim ini. Dia membukukan 12 gol dan lima assist dari 46 pertandingan di semua kompetisi.

Mantan pemain muda Penarol itu bermain penuh 90 menit dalam kemenangan leg pertama perempat final Liga Champions 2-0 Real atas Chelsea beberapa hari setelah pertengkaran dengan Baena. Dan, dia menyelesaikan 80 menit sambil memberi umpan untuk gol Marco Asensio dalam kemenangan 2-0 hari Sabtu atas Cadiz di La Liga.

Valverde masuk dalam skuat Ancelotti untuk leg kedua pertandingan Eropa melawan Chelsea di Stamford Bridge pada Selasa..

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.