Sukses

5 Pemain Tersukses Bayern Munchen yang Direkrut dari Rival Bundesliga

Bayern Munchen kerap kali mendatangkan pemain yang berasal dari klub Bundesliga.

Liputan6.com, Jakarta - Bukan hal baru jika klub besar seperti Bayern Munchen mengincar pemain muda berbakat dengan potensi tidak terbatas yang kariernya sedang menanjak. Namun, klub yang berbasis di kota Munich tersebut ternyata sering merekrut pemain dari sesama klub Bundesliga.

Sederet nama pemain bintang Bundesliga pun telah mencicipi bermain untuk FC Hollywood setelah sebelumnya meniti kareir di klub yang lebih 'kecil'. Paling baru adalah Yann Sommer yang didatangkan dari Borussia Monchengladbach pada bulan Januari lalu untuk menggantikan Manuel Neuer yang mengalami cedera.

Jika berbicara mengenai pemain yang paling sukses, Robert Lewandowski mungkin yang pertama muncul di kepala. Direkrut dari Borussia Dortmund pada tahun 2014 dengan gratis, Lewandowski mempertegas status sebagai striker yang ditakuti di seluruh Eropa selama delapan tahun mengabdi di Allianz Arena.

Selama berseragam Bayern, bomber asal Polandia itu total mengantongi 344 gol dan 72 assist dari 375 penampilannya di semua kompetisi. Selain itu, Lewandowski juga memenangkan semua trofi yang tersedia, termasuk meraih treble pada tahun 2020.

Ketajaman Lewandowski dalam merobek gawang lawan juga dibuktikannya dengan sukses menjadi top skor Bundesliga selama lima musim berturut-turut sejak 2017/2018 hingga 2021/2022.

Pemain berusia 34 tahun itu akhirnya hengkang ke Barcelona pada musim panas tahun lalu dan meninggalkan Bayern dengan status sebagai top skor kedua sepanjang sejarah klub setelah Gerd Muller.

Selain Lewandowski, siapa saja bintang Bayern Munchen yang dibeli dari klub rival? Berikut daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Leon Goretzka

Goretzka juga didatangkan secara gratis seperti Lewandowski dari FC Schalke 04 pada tahun 2018. Pada saat itu, banyak klub-klub besar Eropa seperti Juventus, Liverpool dan Chelsea yang juga tertarik untuk mendatangkannya. Namun, pemain berkebangsaan Jerman tersebut memilih untuk pindah ke Bayern Munchen setelah kontraknya di Schalke berakhir.

Sejak itu, Goretzka telah menjadi pemain penting bagi Bayern di lini tengah dengan total mencatatkan 173 penampilan di semua kompetisi. Tetap menjaga tempatnya di tim utama meski Bayern memiliki banyak pilihan gelandang tengah lainnya.

3 dari 5 halaman

Serge Gnabry

Winger jebolan akademi Arsenal yang satu ini telah mengalami peningkatan karier yang signifikan selama beberapa tahun terakhir sejak kesulitan mendapat tempat di skuad Arsene Wenger. Gnabry akhirnya mulai bersinar ketika ia bermain untuk Werder Bremen pada musim 2016/2017.

Torehan 11 golnya di Bundesliga untuk Bremen musim itu cukup meyakinkan Bayern Munchen bahwa dengan merekrut pemain muda yang relatif murah.

Benar saja, biaya 8,5 juta poundsterling yang dikeluarkan oleh Bayern waktu itu sudah terbayar lunas oleh rekor impresif pemain berusia 27 tahun tersebut. Dari total 212 penampilannya bersama FC Hollywood, Gnabry telah mengoleksi 76 gol dan 50 assist.

4 dari 5 halaman

Manuel Neuer

Ketika didatangkan dari FC Schalke 04 pada tahun 2011, Neuer mencatatkan rekor sebagai kiper termahal ketiga di dunia dengan label harga sebesar 22,5 juta poundsterling. Namun, ia telah membuktikan bahwa setiap receh yang dikeluarkan oleh Bayern Munchen untuk mendapatkan tanda tangannya sepadan dengan kontribusinya di lapangan.

Selama lebih dari satu dekade, Neuer selalu menjadi pilihan utama para manajer untuk menjaga gawang Bayern. Pemain berusia 37 tahun itu juga telah memenangkan 10 gelar Bundesliga, dua Liga Champions dan dua Piala Dunia Antar Klub. Selain itu, ia juga dua kali menjuarai treble pada musim 2012/2013 dan 2019/2020.

5 dari 5 halaman

Mario Gomez

Setelah berhasil menjuarai Bundesliga bersama VfB Stuttgart pada tahun 2007, Gomez bergabung dengan Bayern Munchen pada tahun 2009 setelah ditebus dengan mahar sebesar 22,5 juta poundsterling.

Menghabiskan empat tahun di Allianz Arena, Gomez torehkan karier yang cukup impresif. 113 gol dan 26 assist dari 174 penampilannya untuk FC Hollywood di semua ajang. Serta membantu Bayern untuk meraih treble pertamanya pada musim 2012/2013 sebelum akhirnya hengkang ke Fiorentina.

Pria kelahiran tahun 1985 itu akhirnya kembali ke Jerman pada Agustus 2016 dengan bergabung bersama Wolfsburg, kemudian kembali lagi ke Stuttgart pada tahun 2018 dan pensiun di tahun 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.