Sukses

Hasil BRI Liga 1: Persija Rebut Posisi Dua usai Hajar PSS Sleman, Persib Dipermalukan Persikabo

Persija Jakarta sukses menyabet posisi dua klasemen BRI Liga 1 2022/2023 usai menghajar PSS Sleman di laga pemungkas. Sementara itu, pesaing terdekatnya, Persib Bandung justru dipermalukan Persikabo di kandang sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Persija Jakarta resmi menyabet posisi dua di klasemen BRI Liga 1 2022/2023. Kepastian ini didapat usai Macan Kemayoran menghajar PSS Sleman 3-0 dalam laga pemungkas yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Sabtu (15/4/2023).

Adapun pesaing terdekatnya, Persib Bandung, kehilangan kesempatan untuk mengkudeta Macan Kemayoran. Pangeran Biru takluk 1-4 atas Persikabo 1973 dalam laga pekan ke-34 pada Minggu (16/4/2023), yang membuatnya harus puas finis di urutan ketiga dengan torehan 62 poin, tarpaut 4 angka dari Persija. 

Persija Jakarta memimpin cepat di menit ke-2. Memanfaatkan celah di lini pertahanan PSS Sleman, Witan Sulaeman mengirimkan umpan yang mampu dituntaskan dengan baik oleh Michael Krmencik. 

Super Elang Jawa mencoba membalas tim tuan rumah beberapa menit berselang. Berawal dari tendangan bebas, Wahyu Sukarta mengirim bola melewati pagar pembatas pemain Macan Kemayoran, tetapi masih melambung di atas mistar gawang. 

Memasuki menit ke-12, Krmencik kembali membahayakan gawang PSS Sleman. Hanif Sjahbandi membagi si kulit bundar kepada pemain berusia 30 tahun. Namun sayang, lesakannya melebar dari tiang gawang kawalan Muhammad Ridwan. 

Krmencik tak jemu-jemu menjadi momok bagi Super Elang Jawa. Peluang terbaik didapat pada menit ke-17 usai berkepala plontos itu menembus lini belakang tim tamu. Ia melepaskan tendangan dari jarak yang ideal, tetapi miris, bola memantul di sisi kiri tiang jaring PSS Sleman.

Krmencik akhirnya berhasil mencatatkan namanya kembali di papan skor pada menit ke-26. Memanfaatkan crossing Rio Fahmi, penggawa Republik Ceko itu mencetak gol kedua bagi Macan Kemayoran.

Tak ada gol baru yang tercipta hingga mendekati pengujung babak pertama. Skor sementara 2-0 untuk keunggulan Persija Jakarta bertahan sampai jeda.

Macan Kemayoran langsung menggertak di awal babak kedua. Pergerakan Krmencik memaksa Purwoko Yudi melakukan pelanggaran yang berbuah tendangan penalti.

Witan Sulaeman nyaris gagal menambah keuggulan timnya lantaran si kulit bundar mampu ditepis oleh Muhammad Ridwan. Beruntung, bintang Timnas Indonesia itu mampu memanfaatkan bola rebound yang tercipta dan membobol gawang PSS di menit 48. 

PSS Sleman tak mampu menyeimbangkan pola permainan Persija hingga mendekati pengujung babak kedua. Justru Macan Kemayoran yang kembali membobol gawang tim tamu berkat aksi Aji Kusuma pada menit 88. 

Krmencik mempertegas keunggulan Persija sekaligus memantapkan posisinya sebagai top skor BRI Liga 1 2022/2023 usai sontekannya menembus gawang PSS Sleman di menit 90+4. 

Situasi tak berubah di akhir laga. Super Elang masih Jawa ompong di depan jaring Persija. Tambahan waktu tiga menit pun tak cukup bagi PSS Sleman untuk mengubah keadaan. Alhasil skor 5-0 bertahan hingga wasit meniupkan peluit panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Persib Bandung vs Persikabo 1973

Nasib tak terlalu mujur dialami Persib Bandung sejak awal babak pertama. Pangeran Biru sebenarnya mendapat ruang untuk membuka keunggulan kalau saja mereka berhasil mengonversi peluang emas yang didapat menjadi gol. 

Tim tuan rumah masih belum mampu memecah kebuntuan hingga pertandingan berjalan lebih dari 30 menit. Persikabo duluan mencetak angka pertama di gawang Persib. Aksi Lucas Gama Moreira pada menit 41 mengantar Pangeran Biru tertinggal 0-1 hingga turun minum. 

Persib Bandung mencoba bangkit di babak kedua. Akan tetapi, belum ada perubahan signifikan yang sanggup diciptakan oleh Marc Klok dan kawan-kawan. Justru Persikabo yang kembali menambah torehan skornya di menit 60. Lesakan Lucky Oktavianto membentur tiang jauh, sehingga mengubah arah haluan bola dan menembus gawang Reky Rahayu. 

Nestapa Persib Bandung menjadi kian buruk dua menit berselang. Silvio Rodrigues Pereira Junior mencetak gol tambahan bagi Persikabo yang mengantar Pangeran Biru terpuruk dengan 0-3. 

David Da Silva baru bisa memangkas ketertinggalan di 20 menit akhir pertandingan waktu normal. Bola yang ditembakkannya gagal ditepis oleh Syahrul Trisna Fadillah. 

Malang kebahagiaan tersebut tak bertahan lama. Persikabo tak jemu-jemu menciptakan momok di lini belakang Persib Bandung. Pedro Henrique gantian membobol gawang tuan rumah di menit 84. Dengan hasil ini, kedudukan 1-4 untuk keunggulan Persikabo bertahan sampai akhir pertandingan.

3 dari 4 halaman

Persebaya Surabaya vs Dewa United

Selain laga Persija Jakarta vs PSS Sleman dan Persib Bandung vs Persikabo 1973, duel pekan ke-34 BRI Liga 1 2022/2023 pada Sabtu (15/4/2023) juga menampilkan persiangan antara Persebaya Surabaya dengan Dewa United. 

Tampil di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Bajul Ijo mampu menciptakan keunggulan 1-0 di babak pertama berkal gol yang dilesakkan oleh Denny Agus pada menit 29.

Keunggulan digandakan Persebaya di babak kedua. Sho Yamamoto dan Paulo Victor kompak menyumbangkan gol pada menit 72 dan 90, yang mengantar tuan rumah berjaya dengan 3-0.

Berkat catatan ini, Persebaya menduduki peringkat 6 klasemen BRI Liga 1 2022/2023 dengan torehan 52 poin dari 34 pertandingan. Sementara itu, Dewa United terjerembap di urutan 17 lantaran hanya mampu mengumpulkan 33 poin dari 34 laga.

4 dari 4 halaman

Persaingan di BRI Liga 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.