Sukses

Liverpool vs Arsenal: Pertarungan Menentukan Nasib The Reds di Pentas Eropa

Laga ini sangat penting bagi tim asuhan Jurgen Klopp untuk memperebutkan tiket Champions League musim depan

Liputan6.com, Jakarta Liverpool akan menjamu pemuncak klasemen yakni arsenal pada Minggu, 9 april 2023 dalam laga lanjutan Liga Inggris.

Laga ini sangat penting bagi tim asuhan Jurgen Klopp untuk memperebutkan tiket Champions League musim depan.

The reds sudah dipastikan tidak akan mendapat gelar di musim ini setelah gagal mencapai hasil yang baik di liga champion, FA cup, maupun Carabao cup.

Perfoma Liverpool musim 2022/23 tentu tidak baik – baik saja dibandingkan musim lalu. Saat ini Liverpool menduduki posisi 8 di klasemen dan terpaut 10 poin dengan tim peringkat ketiga dan keempat yakni Newcastle dan Man Utd.

Jeleknya penampilan tim asuhan Klopp dikarenakan komposisi tim yang kurang seimbang antara pemain inti dan pelapis, selain itu terdapat pemain-pemain yang underperform seperti Alexander Arnold, Mohammed Salah, Robertson, dan lain – lain.

Lalu ditambah juga dengan pemain penting yang cedera silih berganti. Dengan 10 pertandingan tersisa, Henderson dan tim harus bisa memenangkan semua pertandingan jika ingin mendapat tiket ke eropa.

Laga melawan Arsenal di Anfield akan sangat penting untuk memupuk mental tim menghadapi sisa laga Premier League.

Walaupun performa Liverpol dan Arsenal bagai dua sisi mata koin pada musim ini, namun laga akhir minggu itu diprediksi akan sulit bagi kedua tim karena The Reds memiliki beberapa faktor pendukung seperti berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pulihnya pemain penting yang cedera

Dilansir dari Mirror, Jurgen Klopp mengkonfirmasi Virgil van Dijk, Thiago Alcantara, dan Luis Diaz sudah kembali berlatih di Kirkby Training Center.

Van Dijk dan Thiago diperkirakan bisa mengisi skuat utama Liverpool saat menghadapi The Gunners, namun untuk Luiz Diaz akan dimainkan pada laga melawan Leeds United.

"Virgil, Luis dan Thiago sudsah kembali berlatih normal sepenuhnya," kata Klopp kepada wartawan pada Jumat.

"Rencana untuk Luis adalah bahwa dia akan 100 persen siap untuk Leeds. Kami mungkin tidak melibatkannya dalam pertandingan Minggu. Thiago sedikit berbeda dan mungkin tersedia.

"Van Dijk absen dalam hasil imbang Liverpool melawan Chelsea pada Selasa karena sakit, tetapi telah pulih sejak itu. Sedangkan Thiago telah absen selama dua bulan terakhir karena cedera pinggul," ucapnya.

Namun, beberapa pemain seperti Calvin Ramsay, Stefan Bajcetic, dan Naby Keita masih absen karena cedera.

Liverpool yang dihantui oleh cedera selama musim ini, kini sedang mereda dan Klopp menyadari bahwa mengalahkan Arsenal akan menjadi tugas yang sulit, karena tim asuhan Mikel Arteta saat ini berada di puncak klasemen dengan keunggulan delapan poin atas Manchester City.

 

3 dari 4 halaman

Angkernya Anfield

Anfield, stadion kandang Liverpool, telah menjadi mimpi buruk bagi banyak tim tamu selama bertahun-tahun.

Tim-tim terkuat di Inggris dan Eropa datang ke Anfield, namun sering kali kalah atau bahkan dihancurkan oleh The Reds.

Beberapa hasil terkenal Anfield termasuk kemenangan 4-0 Liverpool atas Barcelona di semifinal Liga Champions 2019.

Tidak banyak yang memberi kesempatan bagi Liverpool untuk lolos ke final setelah kekalahan 3-0 di leg pertama, tetapi Liverpool mencetak empat gol tanpa balas untuk melaju ke final.

Tak hanya itu, musim ini, Liverpool menang 7-0 atas Rivalnya Man Utd di Anfield, sebuah kemenangan yang sangat impresif bagi tim asuhan Jurgen Klopp mengingat performa yang kurang meyakinkan.

Walaupun Arsenal sedang memimpin klasemen tentu tidak akan mudah bermain di bawah tekanan teror Liverpudlian garis keras di Anfield

4 dari 4 halaman

Dominasi Kloop terhadap Arteta

Dalam 5 pertemuan terakhir kedua tim, Henderson CS hanya mengalami kekalahan sekali dan memenangkan 3 laga dan satu laga imbang.

Namun data tersebut bukan menjadi alasan Klopp meremehkan Arteta apalagi di musim ini.

Jelang laga Jurgen Klopp memberikan pujian untuk Arteta, menurutnya telah membangun timnya dengan baik selama beberapa tahun terakhir.

Klopp mengatakan bahwa Liverpool masih harus menunjukkan reaksi dan perbaikan saat bermain di Anfield, meskipun mereka diunggulkan karena memiliki dukungan dari para penggemar yang akan membantu tim mereka menang.Klopp juga menekankan bahwa kombinasi antara penggemar, stadion Anfield, dan pemain Liverpool sangat bagus, tetapi mereka tidak boleh terlalu mengandalkan faktor tersebut. Klopp yakin Liverpool bisa menang dan meraih kemenangan melawan Arsenal.

Berikut rincian pertemuan kedua tim 5 laga terakhir

09-10-2022 Arsenal 3-2 Liverpool (EPL)

17-03-2022 Arsenal 0-2 Liverpool (EPL)

21-01-2022 Arsenal 0-2 Liverpool (EFL Cup)

14-01-2022 Liverpool 0-0 Arsenal (EFL Cup)

21-11-2021 Liverpool 4-0 Arsenal (EPL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu
    Raihan juara Liga Primer Inggris pada musim 2004-2005 tanpa menelan satu kekalahan pun yang dilakukan Arsenal hingga saat ini belum bisa diu

    Arsenal

  • UEFA Champions League atau yang lebih dikenal dengan Liga Champions adalah kompetisi antarklub terbaik di benua Eropa.
    UEFA Champions League atau yang lebih dikenal dengan Liga Champions adalah kompetisi antarklub terbaik di benua Eropa.

    champions league

  • Liverpool vs Arsenal

Video Terkini