Sukses

Piala Dunia U-20 2023 Batal di Indonesia, Shin Tae-yong Bubarkan Skuad Timnas Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyatakan pihaknya bakal membubarkan Hokky Caraka dan kawan-kawan menyusul kegagalan Tanah Air menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023

Hal ini disampaikan langsung oleh juru taktik asal Korea Selatan saat ditemui oleh awak media di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (1/4/2023) sore WIB. 

"Setelah ini, akan dibubarkan ya pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 kemarin," tutur Shin Tae-yong

"Pak Presiden tadi bicara (bahwa beliau) selalu nonton pertandingan-pertandingan timnas dan melihat perkembangan yang baik, tetapi sangat disayangkan karena Piala Dunia U-20 tidak bisa digelar (di Indonesia), dan (timnas u-20) tidak bisa ikut," tambahnya. 

Seperti diketahui, pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 telah diumumkan oleh FIFA melalui keterangan resminya, Rabu (29/3/2023) malam WIB. 

Federasi sepak bola internasional menyatakan Indonesia batal menjadi lokasi penyelenggara akibat situasi yang terjadi di Tanah Air. 

Ketua Umum PSSI Erick Thohir sempat mencoba melobi FIFA dengan menemui Presiden Gianni Infantino di Doha, Qatar. Sayang, upaya tersebut tidak bisa membuahkan hasil sesuai harapan.

2 dari 3 halaman

Agenda Shin Tae-yong Selanjutnya

Batalnya keikutsertaan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023 membuat Shin Tae-yong bakal menganggur selama beberapa bulan ke depan. 

Juru taktik asal Korea Selatan itu tak akan menangani Skuad Garuda U-22 yang tampil di SEA Games lantaran tanggung jawab tersebut telah diserahkan kepada Indra Sjafri. 

Menanggapi situasi ini, Shin Tae-yong mengaku masih harus memikirkan agenda yang bakal ia kerjakan selanjutnya. Pasalnya, jadwal terdekat Timnas Indonesia hanyalah tampil di FIFA Matchday pada Juni mendatang. 

"Memang karena kemarin bentrok ya SEA Games sama Piala Dunia U-20, jadi mau tidak mau (saya) tidak bisa pegang Timnas (Indonesia U-22 untuk) SEA Games," beber Shin Tae-yong. 

"Akhirnya sekarang Coach Indra yang pegang, dan memang (saya) tidak ada jadwal apa-apa sampai tanggal 10 Juni. Jadi mungkin harus dipikirkan agenda selanjutnya apa," sambung juru taktik yang pernah menangani Timnas Korea Selatan itu.

3 dari 3 halaman

Kunjungan Presiden Jokowi

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo sempat menyambangi Timnas Indonesia U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Sabtu (1/4/2023). 

Kedatangan tersebut dimaksudkan untuk menghibur Hokky Caraka dan kawan-kawan usai Garuda Nusantara batal tampil di Piala Dunia U-20 2023 akibat pencabutan status Indonesia sebagai tuan rumah. 

"Sore hari ini, saya hadir di Gelora Bung Karno untuk memberi semangat kepada Tim u-20 agar mereka tidak larut terus dalam kekecewaan dan kesedihan," tutur Jokowi saat ditemui di SUGBK, Sabtu (1/4/2023) sore WIB. 

"Tadi saya sampaikan bahwa ke depan, kita ingin memiliki tim yang dibangun sejak awal secara terus-menerus berkepnjangan, sehingga kita bisa mendapatkan sebuah tim nasional yang betul-betul siap." 

"(Pemain) U-20 ini masih muda, masih memiliki banyak kesemptan. (Mereka) bisa nanti main di SEA Games, Asian Games, Piala AFF, Olimpiade 2024. Saya kira kesempatan itu masih panjang, sehingga tadi saya sampaikan kepada mereka jangan patah semangat," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.