Sukses

Marc Marquez Absen di MotoGP Argentina, Alex Rins Dapat Durian Runtuh

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez absen di MotoGP Argentina yang berlangsung di sirkuit Termas de Rio Hondo, Minggu (2/4/2023). Marquez absen karena mengalami patah di lengan kanannya usai menabrak Miguel Oliveira di lap 3 sirkuit Portimao akhir pekan lalu.

Absennya Marquez menjadi berkah buat pembalap LCR Honda, Alex Rins. Eks Suzuki ini akan mendapatkan sasis baru yang dipakai di motor Marquez.

"Saya pakai suku cadang baru untuk balapan ini, itu karena Marquez tak ada di sini dan Honda mengizinkan saya untuk memakai sasis yang berbeda, yang biasa dipakai Marquez," kata Rins seperti dikutip crash.

"Kurang lebih, kami akan menyiapkan dua motor yaitu satu motor seperti di Portimao dan satu motor dengan sasis baru," dia menambahkan.

Alex Rins belum menunjukkan taji dengan LCR Honda di MotoGP Portugal lalu. Dia hanya di posisi ke-13 saat sprint race dan posisi ke-10 saat balapan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Ajang Uji Coba Motor Terbaik di MotoGP Argentina

Alex Rins mengatakan akan mencoba kedua motor. Dia ingin meraih hasil terbaik karena diperlukan untuk time attack.

"Kita tunggu bagaimana hasilnya karena tak punya banyak waktu untuk mencoba. Dan ramalan cuaca juga tak begitu bagus, jadi penting untuk membuat rencana bagus sejak Jumat," katanya.

"Kami akan mencoba satu motor dan motor lainnya di tes karena pada hari Jumat juga kita punya kesempatan untuk langsung ke kualifikasi 2. Semuanya serba ketat."

 

3 dari 5 halaman

Peraturan Lebih Jelas di MotoGP

 

Sementara itu, kontroversi sanksi untuk Marc Marquez masih bergulir. Dia harusnya dapatkan sanksi double long lap penalty di MotoGP Argentina.

Harusnya, dia bebas dari sanksi karena tak bisa balap di MotoGP Argentina. Namun FIM memodifikasi sanksi sehingga sanksi berlaku kapanpun Marquez bisa balapan lagi.

Maka itu, Repsol Honda banding dengan keputusan FIM. Di luar itu, para pembalap menuntut ada kejelasan soal sanksi dari pengawas lomba.

"Kami harus menuntut hal yang jelas soal sanksi. Ini sulit untuk dimengerti," katanya.

4 dari 5 halaman

Gagal Samai Rekor Valentino Rossi

Sementara itu, Alex Rins gagal samai rekor Valentino Rossi di MotoGP Portugal. Hingga saat ini, hanya Rossi yang bisa jadi juara dua kali beruntun dengan dua tim berbeda.

Ya, Alex Rins menjadi juara di MotoGP Valencia 2022 yang menjadi seri terakhir musim lalu. Saat itu, dia menang dengan motor Suzuki.

Karena Suzuki sudah bubar, Alex Rins kini berseragam LCR Honda. Kalau dia bisa menang di MotoGP Portugal yang berlangsung di sirkuit Portimao, dia dipastikan akan masuk buku sejarah.

Rossi mencetak rekor ini pada 2004. Dia memenangkan seri pertama MotoGP Afrika Selatan yang menjadi seri pembuka dengan Yamaha.

Sebelunya, dia memenangkan MotoGP Valencia 2003 saat masih dengan Honda. Di tahun itu juga, Rossi jadi juara untuk ketiga kalinya.

5 dari 5 halaman

Rekor MotoGP yang Sulit Disamai

Rekor Rossi sebenarnya tampak mudah untuk dilakukan. Namun sejauh ini hanya dia yang bisa menorehkan rekor itu.

Jorge Lorenzo misalnya mencoba untuk samai rekor Rossi. Dia menang di MotoGP Valencia 2015 dengan Yamaha, tapi gagal menang di balapan pertama dengan Ducati di 2016.

Alex Rins punya semangat berlebih untuk menyamai rekor Rossi. Kemenangan tahun lalu dengan Suzuki membuatnya bakal selalu dikenang sekaligus jadi penyuntik semangat di musim baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.