Sukses

Jawab Kekhawatiran soal Piala Dunia U-20 2023, Erick Thohir Janjikan Hal Ini untuk Hokky Caraka

Ketua Umum PSSI merangkap Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (LOC) Erick Thohir mengirim pesan untuk Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka melalui unggahan story di media sosial Instagram-nya.

Liputan6.com, Jakarta - Erick Thohir menjawab pesan Pemain Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka di media sosial yang menyiratkan kehawatiran terkait kelanjutan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

Ketua Umum PSSI sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 (LOC) itu berjanji pihaknya bakal berusaha maksimal agar tidak ada mimpi anak-anak bangsa yang dikorbankan akibat polemik di Tanah Air.

Seperti diketahui, status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 saat ini memang sedang terancam. FIFA baru saja membatalkan pelaksanaan drawing di Bali menyusul adanya penolakan partisipasi Israel di turnamen tersebut.

Sikap federasi sepak bola internasional dipandang sebagai bentuk peringatan bagi Tanah Air selaku lokasi penyelenggara. Indonesia disebut berpotensi mendapat sanksi FIFA apabila gagal menjalankan mandat menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Menanggapi situasi ini, bintang Timnas Indonesia U-20 Hokky Caraka buka suara melalui unggahan story di media sosial Instragam-nya.

Ia menyayangkan sikap sejumlah pihak yang kekeh menentang kedatangan serta keikutsertaan negara lain, sehingga berpotensi menghancurkan mimpi tim muda Garuda untuk mentas dalam ajang sepak bola bergengsi FIFA.

"Memperjuangkan kemerdekaan negara orang lain, tetapi kalian semua merusak impian anak-anak bangsa sendiri. Mimpi indah kawan, sampai jumpa lagi,” tulis Hokky Caraka dalam story Instagram-nya belum lama ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sampai Kepada Erick Thohir

Pesan kekhawatiran tersebut nampaknya sampai kepada Erick Thohir. Ketua Umum PSSI merangkap Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2023 langsung memberi jawaban usai hadir dalam laga kedua FIFA Matchday Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Selasa (28/3/2023).

Dalam unggahan di Instagram story, Erick membagikan foto dirinya saat memeluk pemain Timnas Indonesia U-20, disertai janji yang menyiratkan upaya untuk menyelamatkan pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023 di Tanah Air.

"Hokky, selama saya masih ada, Insya Allah tidak akan ada yang bisa menghancurkan mimpi kamu, mimpi saya, mimpi kita semua. Semoga lancar ikhtiar ini dan membawa hasil yang baik," tulis Erick melalui posting-annya pada Selasa (28/3/2023) malam WIB.

3 dari 3 halaman

Bertemu Petinggi FIFA

Sekadar informasi, Erick Thohir saat ini tengah menjalankan instruksi Presiden Joko Widodo untuk menemui petinggi FIFA guna membahas polemik penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023 yang dijadwalkan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Sosok yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN itu bertolak ke Qatar sejak Rabu (29/3/2023) dini hari WIB. Erick direncanakan bakal menggelar pertemuan dengan perwakilan federasi sepak bola dunia siang ini.

"Saya sudah mendapat instruksi, perintah dari Bapak Presiden untuk segera bertolak dan berdiplomasi guna mencari solusi untuk sepak bola Indonesia," tutur Erick di sela-sela pertandingan Timnas Indonesia melawan Burundi pada Selasa (28/3/2023).

"Seperti yang sudah saya sampaikan, ini bukan hal yang mudah, dan tentu saya akan berusaha semaksimal mungkin," katanya lagi.

"Mohon doa untuk kami semua yang memang ditugaskan agar bisa mendapatkan hasil yang terbaik, dan saya harapkan ada doa dari seluruh masyarakat Indonesia," tandas Ketua Umum PSSI di hadapan awak media.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.