Sukses

Tampil di MotoGP Portugal, Alex Rins Bisa Samai Rekor Valentino Rossi

Alex Rins kini tampil di MotoGP Portugal sebagai pembalap LCR Honda. Dia memenangi MotoGP Valencia 2022 sebagai pembalap Suzuki pada musim lalu.

Liputan6.com, Jakarta Valentino Rossi ternyata memiliki rekor yang cukup lama belum dipecahkan. Rekornya yaitu dua kemenangan beruntun dengan dua tim berbeda.

Memasuki MotoGP Portugal yang digelar pada 26 Maret 2023, rekor Rossi berpeluang dipecahkan. Pelakunya yaitu pembalap LCR Honda Alex Rins.

Ya, Alex Rins menjadi juara di MotoGP Valencia 2022 yang menjadi seri terakhir musim lalu. Saat itu, dia menang dengan motor Suzuki.

Karena Suzuki sudah bubar, Alex Rins kini berseragam LCR Honda. Kalau dia bisa menang di MotoGP Portugal yang berlangsung di sirkuit Portimao, dia dipastikan akan masuk buku sejarah.

Rossi mencetak rekor ini pada 2004. Dia memenangkan seri pertama MotoGP Afrika Selatan yang menjadi seri pembuka dengan Yamaha.

Sebelunya, dia memenangkan MotoGP Valencia 2003 saat masih dengan Honda. Di tahun itu juga, Rossi jadi juara untuk ketiga kalinya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Rekor yang Tampak Mudah tapi Sulit Dilakukan

 

Rekor Rossi sebenarnya tampak mudah untuk dilakukan. Namun sejauh ini hanya dia yang bisa menorehkan rekor itu.

Jorge Lorenzo misalnya mencoba untuk samai rekor Rossi. Dia menang di MotoGP Valencia 2015 dengan Yamaha, tapi gagal menang di balapan pertama dengan Ducati di 2016.

Alex Rins punya semangat berlebih untuk menyamai rekor Rossi. Kemenangan tahun lalu dengan Suzuki membuatnya bakal selalu dikenang sekaligus jadi penyuntik semangat di musim baru.

 

3 dari 3 halaman

Alex Rins Ungkap Perbedaan Honda dengan Suzuki

 

Alex Rins tentu tak akan mudah untuk mencoba samai rekor Valentino Rossi. Soalnya dia merasa motor Honda lebih menguras tenaga ketimbang Suzuki.

Untungnya, dia merasa motor tak seberat yang dia duga sebelumnya. Berdasarkan hasil tes pramusim di Portimao, dia sempat menjadi yang tercepat diantara pembalap Honda di hari pertama.

Namun dia kembali finis di belakang Joan Mir dan Marc Marquez saat tes hari kedua.

"Motor ini lebih menguras tenaga dan otak ketimbang Suzuki. Setiap tahun tiap pabrikan hampir mirip dengan yang lainnya. Awalnya saya pikir motor ini bakal lebih berat tapi tidak seperti itu faktanya," kata Rins seperti dikutip crash.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.