Sukses

Profil Tunisia di Piala Dunia U-20 2023: Penampilan Ketiga The Carthage Eagles

Tunisia sebelumnya pernah dua kali mentas di Piala Dunia U-20, tapi hasilnya selalu negatif.

Liputan6.com, Jakarta Tunisia akan menjadi salah satu wakil Afrika di Piala Dunia U-20 2023 yang akan berlangsung di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Tunisia tak terlalu diunggulkan karena lolos hanya dengan status peringkat empat di Afrika.

Tim asuhan Adel Sellimi mendapat tiket ke Piala Dunia U-20 2023 setelah menjadi semifinalis di Piala Afrika U-20 2023. Ketika itu mereka dikalahkan Senegal 3-0 di babak semifinal. Tunisia juga gagal menjadi juara ketiga usai dihajar Nigeria 4-0.

Bagi Tunisia, Piala Dunia U-20 2023 menjadi keikutsertaan mereka ketiga. Namun sudah lama sekali Tunisia tak lolos ke putaran final Piala Dunia U-20. Terakhir kali pada tahun 1985. Mereka juga lolos di edisi pertama tahun 1977.

Prestasi Tunisia di Piala Dunia U-20 juga sangat tidak baik. Pada edisi 1985 mereka jadi bulan-bulanan lawan. Tunisia selalu kalah di tiga penampilan pada fase grup di China.

Praktis Tunisia cuma baru sekali menang di Piala Dunia U-20 yakni pada edisi pertama di tahun 1977. Ketika itu Tunisia menang 10 atas Spanyol tapi tetap tak lolos dari fase grup.

Dalam pembagian pot undian Piala Dunia U-20 2023 yang akan dilakukan 31 Maret nanti, Tunisia juga ditempatkan di pot ketiga.

Tunisia U-20 dihuni mayoritas pemain yang bermain di liga lokal. Beberapa pemain Tunisia yang sudah go internasional antara lain Chaïm El Djebali (Olympique Lyon B), Samy Chouchane (Brighton & Hove Albion) dan Mohamed Dhaoui dari Al Ahly di Mesir.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunisia Andalkan Mohamed Dhaoui

Mohamed Dhaoui akan jadi andalan Tunisia untuk membuat kejutan di Piala Dunia U-20 2023. Bakat besar sang penyerang membuat klub Mesir Al-Ahly merekrutnya pada 5 Januari 2023 lalu.

Al-Ahly merekrut Dhaoui dari ES Sahel. Saat itu Dhaoui mampu membuat tujuh gol dan tiga assists bersama ES Sahel. Di timnas U-20 Tunisia, Dhaoui sudah bermain enam kali dengan membuat satu gol.

Dhaoui merupakan penyerang serba bisa. Selain sebagai pemain nomor sembilan, pemuda 19 tahun itu juga bisa ditempatkan sebagai penyerang sayap karena memiliki kecepatan mumpuni.

3 dari 3 halaman

Skuad Tunisia

  • Kiper: Raed Gazzeh (ES Sahel U21), Amanallah Memmiche (Esperance Tunis U21), Mohamed Bechir Abbassi (US Ben Guerdane)
  • Pemain Belakang: Rayan Nasraoui (Nimes Olympique B), Mahmoud Ghorbel (Club Sportif Sfaxien), Zinedine Sassi (Esperance Tunis), Fradj Ben Njima (ES Sahel), Mohamed Kechiche (ES Sahel), Dhia Eddine Chihi (Club Africain Tunis U21), Makrem Sghaier (Club Africain Tunis U21).
  • Pemain Tengah: Chaïm El Djebali (Olympique Lyon B), Samy Chouchane (Brighton & Hove Albion U21), Ghaith Ouahabi (Esperance Tunis U21), Malek Mehri (Esperance Tunis), Mohamed Wael Derbali (Olympique Beja), Yassine Dridi (Club Africain Tunis), Amanallah Mjahed (Esperance Tunis U21), Ali Saoudi (Stade Tunisien), Adem Ouertani (ES Sahel).
  • Pemain Depan: Mohamed Dhaoui (El Ahly), Jibril Othman (Saint-Etienne B), Adem Garreb (Club African Tunis), Youssef Snana (Club Africain Tunis), Aziz Abid (Esperance Tunis), Mohamed Hedi Jertila (ES Sahel), Baraket Hmidi (Club Sportif Sfaxien).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.