Sukses

Produktif Hasilkan Pemain Bintang, Berikut 4 Pemain Termahal yang Dijual Borussia Dortmund

Tak dapat dipungkiri, Borussia Dortmund merupakan salah satu klub yang paling banyak melahirkan talenta terbaik di dunia sepak bola

Liputan6.com, Jakarta - Tak dapat dipungkiri, Borussia Dortmund merupakan salah satu klub yang paling banyak melahirkan talenta terbaik di dunia sepak bola. Sejak musim 2000/2001 hingga 2022/2023, Dortmund total telah menghasilkan sekitar 1.05 miliar euro hanya dari penjualan pemain.

Tidak hanya sukses menghasilkan pemain bintang, selama satu dekade ke belakang Dortmund juga telah membuktikan diri sebagai salah satu klub terbesar di Bundesliga bersama dengan Bayern Munchen. Tercatat selama 10 musim terakhir Die Schwarzgelben telah memenangkan satu gelar Bundesliga dan finis di posisi kedua lima kali.

Paling terbaru adalah Erling Haaland yang pergi ke klub tempat ayahnya bermain dulu, Manchester City. Striker Norwegia tersebut ditebus oleh City dengan biaya 60 juta euro pada musim panas tahun lalu dan sejauh ini berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu penyerang paling mematikan di dunia. Sepanjang musim 2022/2023 berjalan, Haaland telah mengoleksi total 42 gol dan 5 assist dari 37 penampilannya di semua kompetisi.

Tak hanya itu, pemain berusia 22 tahun tersebut juga berhasil mencetak enam hattrick. Sementara ini ia juga menjadi pemain yang paling subur di Liga Inggris dengan catatan 28 golnya, terpaut tujuh gol dengan Harry Kane di urutan kedua dengan 21 gol.

Erling Haaland merupakan satu di antara banyak nama pemain bintang yang lahir dari Signal Iduna Park. Berikut adalah nama-nama pemain yang dilepas dengan harga paling mahal oleh Borussia Dortmund.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ousmane Dembele

Diboyong dari Rennes pada tahun 2016, Ousmane Dembele semakin dikenal sebagai winger mematikan ketika berseragam hitam dan kuning. Selama semusim bermain di Borussia Dortmund, Dembele berhasil mencetak 10 gol dan 22 assist dari 50 penampilannya di semua kompetisi.

Dikenal karena kecepatannya dalam berlari, pada musim panas 2017 Barcelona menebus jasa pemain berkebangsaan Perancis tersebut dengan biaya sensasional 140 juta euro. Namun, sepak terjangnya bersama Blaugrana tidak seindah ketika ia masih bermain di Jerman.

Selama lima musim berseragam Barcelona, karir Dembele dihantui dengan serangkaian cedera yang menimpanya. Kendati begitu, ia tetap memiliki catatan gol dan assist yang cukup bagus dengan 40 gol dan 41 assist dari 178 penampilannya di semua kompetisi.

3 dari 4 halaman

Jadon Sancho

Dibawa dari akademi Manchester City pada tahun 2017, Jadon Sancho diproyeksikan menjadi suksesor Ousmane Dembele yang baru saja meninggalkan klub. Tidak perlu waktu lama bagi Sancho untuk membuktikan kualitasnya, di musim keduanya bersama Dortmund, winger asal Inggris tersebut berhasil sarangkan 13 gol dan catatkan 20 assist dari 40 penampilannya di musim tersebut.

Total selama berseragam hitam kuning pemain berusia 22 tahun ini telah menorehkan 50 gol da 64 assist dari 137 laga yang dilakoninya di semua kompetisi.

Dikenal dengan kemampuannya memainkan trik dengan bola dan kepintarannya, Sancho kembali ke Manchester hanya saja kali ini ke sisi merah. Ia dibeli Manchester United dengan biaya 85 juta euro pada musim panas 2021. Namun, ia cukup kesulitan untuk menemukan performa terbaiknya di Inggris dengan hanya mampu mencatatkan 10 gol dan 4 assist dari 63 penampilannya bersama Setan Merah sejauh ini.

4 dari 4 halaman

Christian Pulisic

Pemain internasional Amerika Serikat yang satu ini dikenal dengan kemampuan dribelnya dan kecepatan luar biasanya. Christian Pulisic memulai karir profesionalnya di Borussia Dortmund di mana ia membuat kemajuan yang sangat pesat di tim junior. Ia akhirnya mendapat promosi ke tim senior pada tahun 2016, ketika usianya masih menginjak 17 tahun.

Sejak saat itu, ia telah memberikan penampilan gemilang bersama Dortmund. Catatkan 19 gol dan 26 assist dari 127 penampilannya, Chelsea tergiur untuk mendatangkan bintang muda tersebut ke Stamford Bridge. The Blues akhirnya menebus jasa sang winger dengan biaya 64 juta euro pada tahun 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.