Sukses

Timnas Indonesia U-22 Daftarkan 50 Pemain untuk SEA Games 2023

Indra Sjafri menjelaskan Timnas Indonesia U-22 akan menjalani program uji coba pada April. Ada sekitar 3-4 kali uji coba untuk timnas U-22 yang disiapkan untuk SEA Games 2023.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia U-22 sudah merampungkan pemusatan latihan tahap kedua pada Kamis (16/3/2023). Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri pun gerak cepat untuk mendaftarkan pemain yang dipilihnya untuk SEA Games 2023 Kamboja nanti.

Indra Sjafri pun membeberkan detail 50 pemain yang didaftarkannya untuk SEA Games Kamboja. Dia menyerahkan nama pemain yang dipilihnya ke NOC Indonesia.

"Kami mendaftarkan pemain sebanyak 50 nama ke NOC. Setelah ini kami akan meeting, diskusi dengan para pelatih. 21 pemain dari pemain-pemain Liga 1, dan 29 pemain teman-teman yang ada dari Liga 2," katanya.

SEA Games 2023 akan digelar di Kamboja pada 5-17 Mei 2023. Namun untuk cabang olahragasepak bola bakal dimulai lebih dulu pada 29 April 2023.

Pada hari terakhir latihan, pelatih Indra Sjafri memberikan materi internal game. David Maulana dan kawan-kawan tampak antusias dan bersemangat melahap semua menu latihan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Timnas U-22 Alami Perkembangan yang Bagus

Indra Sjafri mengatakan bahwa para pemain mengalami perkembangan yang bagus. Apalagi selain memberikan materi teknik, dia juga memberikan tes fisik, psikotes dan IQ.

"Dari hasil tes fisik lebih baik gelombang kedua, sedangkan hasil psikotes lebih baik gelombang pertama, IQ-nya juga standarnya lebih bagus," kata pria asal Sumatera Barat ini.

"Pengamatan teknis dari internal game sama. Tiga kali dari gelombang satu, tiga kali juga gelombang kedua, ya hampir sama kualitas mereka."

 

3 dari 4 halaman

Alasan Timnas Indonesia U-22 Jalani Psikotes

 

Indra membeberkan alasan mengapa pemain timnas U-22 menjalani psikotes dan tes IQ. Ini dapat memberikan gambaran mengenai performa calon pemain tim U-22 ketika sudah mulai latihan dan turnamen.

Hal tersebut juga bisa menjadi ukuran potensial kecerdasan seorang pesepak bola.

"Psikotes bahkan dapat menggambarkan bagaimana seseorang menghadapi kondisi yang penuh tekanan dan tetap bisa bekerja dengan baik dalam kondisi tersebut," jelasnya.

 

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia Jadwalkan Uji Coba

 

Selanjutnya, pemusatan latihan tim U-22 Indonesia akan dimulai 1 April mendatang. Program uji coba pun sudah disiapkan di pemusatan latihan tersebut.

"Kami berencana akan mulai uji coba dari 11-16 April. Kami bikin simulasi tiga sampai empat kali uji coba. Main istirahat main istirahat main istirahat main," kata eks pelatih Bali United ini.

"Mungkin dengan tim-tim Liga 1. Tidak tertutup kemungkinan nanti kalau memang ada tim-tim Piala Dunia U-20 yang sudah masuk ke Indonesia."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.