Sukses

Hasil Race 2 WSBK Mandalika 2023: Sempat Diwarnai Red Flag, Alvaro Bautista Kembali Rebut Podium Juara

Pembalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista keluar sebagai juara Race 2 World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/3/2023).

Liputan6.com, Jakarta Pembalap Aruba.it Racing Ducati Alvaro Bautista sukses keluar sebagai juara Race 2 World Superbike (WSBK) Mandalika 2023 yang dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu, 5 Maret.

Rider asal Spanyol meninggalkan pesaingnya Toprak Razgatlioglu yang harus puas finis di urutan kedua. Diikuti Xavi Vierge, Michael Ruben Rinaldi, dan Andrea Locatelli yang secara berturut-turut menghuni peringkat lima besar.

Capaian tersebut menandai kali kedua Bautista naik ke podium di Sirkuit Mandalika musim ini. Sebelumnya, sang juara musim lalu juga sempat memenangkan Race 1 setelah mengasapi Razgatlioglu dan Locatelli di tempat kedua serta ketiga.

Toprak Razgatlioglu tancap gas di awal balapan. Ia mampu memanfaatkan privilege start-nya dengan mimpin race sekaligus mengasapi Andrea Locatelli, Jonathan Rea, Axel Bassani, dan Alex Lowes yang menguntit tepat di belakangnya.

Malang, dominasi tersebut tak bertahan lama. Pembalap asal Turki malah tergusur di lap kedua. Bassani, Rea, Lowes, dan Rinaldi pun balas mengambil alih kendali untuk menguasai posisi empat besar di Sirkuit Mandalika.

Persaingan sengit tersaji. Rinaldi yang sempat merajai sesi latihan bebas mampu mencari celah untuk merangsek ke urutan terdepan.

Di sisi lain, Razgatlioglu juga enggan menyerah. Perlahan tapi pasti, rider Pata Yamaha itu naik kasta. Ia menyalip satu per satu rekannya di urutan tiga dan empat, sebelum akhirnya naik ke posisi dua di lap 6.

Crash kembali mewarnai jalannya balapan. Philipp Oettl dan Michael van der Mark mengalami kecelakaan. Sang rider menyeruduk aspal di sekitaran tikungan 11 dan 12, sehingga memaksa dikibarkannya red flag saat race menyisakan 14 laps.

Race 2 WSBK Mandalika 2023 akhirnya baru bisa dilanjutkan lagi pada pukul 13.00 WIB. Diawali dengan sighting lap dan warm up, Michael Ruben Rinaldi berhak start di posisi pertama, diikuti Toprak Razgatlioglu, dan Xavi Vierge.

Pembalap Pata Yamaha langsung mencoba membayangi Rinaldi yang memimpin balapan. Namun, perubahan posisi dua besar tak kunjung terjadi lantaran rider Ducati masih terlampau sulit untuk didahului.

Di sisi lain, Alvaro Bautista mampu merangsek ke urutan tiga. Ia memaksa Xavi Vierge tergeser ke peringkat empat, disusul Jonathan Rea dan Axel Bassani yang cukup alot memperebutkan tempat di lima besar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kembali Tergusur

Razgatlioglu kembali tergusur di lap kelima. Alih-alih merebut posisi pertama, pembalap asal Turki malah dipaksa turun ke peringkat tiga usai dirinya disalip oleh Bautista.

Perubahan posisi lima besar juga terjadi di lap ke delapan. Locatelli naik ke urutan lima dan menggeser Axel Bassani. Sementara itu, nasib buruk kembali menimpa Jonathan Rea. Ia lagi-lagi diganggu crash sehingga tak bisa lanjut memanaskan persaingan.

Razgatlioglu masih kesulitan menyaingi dua rivalnya hingga race menyisakan tiga lap. Justru Bautista yang mampu merangsek ke posisi pertama mendekati pengujung race.

Setelahnya, kejutan lagi-lagi terjadi. Razgatlioglu tancap gas untuk menyalip Rinaldi, diikuti Vierge yang merebut tempat ketiga. Tak ada lagi perubahan urutan di tiga besar pada lap terakhir. Podium juara akhirnya menjadi milik Alvaro Bautista lantaran dirinya finis di posisi terdepan, diikuti Toprak Razgatlioglu dan Xavi Vierge.

3 dari 4 halaman

Bukan Kali Pertama

Sekadar informasi crash yang menimpa Philipp Oettl dan Michal van der Mark di Race 2 bukan kali pertama terjadi di WSBK Mandalika 2023. Sebelumnya, dalam sesi Superpole Race pada Minggu (5/2/2023), balapan juga harus diulang menyusul dikibarkannya red flag akibat sejumlah kecelakaann.

Loris Baz dan Alex Lowes tergelincir dari kendaraannya ketika balapan baru dimulai. Tak lama berselang, giliran Jonathan Rea yang ikut-ikutan celaka di lap pertama.

Para pembalap pun diminta kembali ke pit bersama kuda besinya. Sementara itu, marshal yang bertugas langsung turun untuk menangani lintasan Sirkuit Mandalika, termasuk tikungan dua yang menjadi lokasi crash Rea.

Race akhirnya baru bisa diulang sekitar pukul 09.50 WIB. Pembalap memulai dengan melakukan sighiting lap, sebelum menuju starting grid masing-masing untuk menjalani warm up (pemanasan) diikuti balapan sebanyak 8 laps.

Crash sempat kembali mewarnai sesi ulangan Superpole Race. Alvaro Bautista kecelakaan, sehingga harus keluar dari lintasan. Posisi tiga besar akhirnya menjadi milik Razgatlioglu, Locatelli, dan Lowes usai menjadi rider terdepan yang mencapai garis finis.

4 dari 4 halaman

Hasil Race 2 WSBK Mandalika 2023

1. Alvaro Bautista (Aruba.it Racing Ducati)

2. Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha)

3. Xavi Vierge (Team HRC)

4. Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Racing Ducati)

5. Andrea Locatelli (Pata Yamaha)

6. Danilo Petrucci (Barni Spark Racing Team)

7. Remy Gardner (GYTR GRT Yamaha)

8. Axel Bassani (Motocorsa Racing)

9. Iker Lecuona (Team HRC)

10. Scott Redding (ROKit BMW Motorrad WorldSBK Team)

11. Garrett Gerloff (Bonovo Action BMW)

12. Dominique Aegerter (GYTR GRT Yamaha)

13. Alex Lowes (Kawasaki Racing Team)

14. Lorenzo Baldassarri (GMT94 Yamaha)

15. Hafizh Syahrin (PETRONAS MIE Racing Honda)

Tom Sykes (Kawasaki Puccetti Racing)

Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team)

Michael van der Mark (BMW Motorrad)

Philpp Oettl (Team GoEleven)

Oliver Konig (Orelac Racing Movisio)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.