Sukses

Sempat Operasi Jantung, Awang Rebut Perak di UCI Track Nations Cup 2023

Awang mampu bangkit setelah sempat menjalani operasi bypass jantung.

Liputan6.com, Jakarta- UCI Track Nations Cup 2023 menggelar final nomor madison putri, keirin putra, sprint putri dan omnium putra di Jakarta International Velodrome, sepanjang Sabtu (25/2/2023). Pembalap Malaysia Mohd Azizulhasni Awang mencuri perhatian penonton.

Awang memang tak berhasil menjadi juara di nomor keirin putra. Dia hanya kebagian medali perak setelah kalah bersaing dengan pembalap asal Belanda Harrie Lavaryesen yang mencatatkan waktu 10,239 detik.

Namun kisah inspiratif Awang membuatnya jadi sorotan penonton di UCI Track Nations Cup 2023 Jakarta. Awang mampu bangkit setelah sempat menjalani operasi bypass jantung.

Medali perak di UCI Track Nations Cup 2023 terasa spesial lantaran ini menjadi medali pertamanya usai menjalani operasi tersebut. Sebelum sakit jantung, Awang dikenal sebagai peraih medali emas Asian Games 2018 dan Juara Dunia 2017.

"Saya punya kenangan di tempat ini. Asian Games 2018, saya meraih medali emas, perak dan perunggu di sini. Saya sangat menyukai track dan penonton di sini. Saya sangat bangga karena mereka mendukung saya. Setiap saya di track, mereka meneriakkan nama saya. Terima kasih," pungkas Awang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prancis

Di nomor omnium putra, pembalap Denmark Hansen Tobias menjadi juara usai mengumpulkan 134 poin dari scracth race, tempo race, elimination race dan terakhir poin race. Medali perak omnium putra direbut Stewart Campbell dari Selandia Baru dan perunggu diraih Mora Vedri Sebastian dari Spanyol.

Di nomor madison putri, Denmark yang diwakili dua pembalapnya, Amalie Dideriksen dan Julie Leth keluar sebagai pemenang. Melahap 120 lap, keduanya secara total mencatatkan waktu 34 menit 07 detik.

"Ini sangat menarik, rencana kami berjalan baik dan saya hanya mencoba untuk mengontrol jalannya perlombaan. Ini lomba yang sulit dan kami sangat senang bisa menang," ungkap Dideriksen.

Prancis berada di urutan kedua dengan 32 poin disusul Italia di tempat ketiga dan berhak atas medali perunggu usai mengumpulkan 26 poin.

3 dari 3 halaman

Britania Raya

Sedangkan di nomor sprint putri, Mathilde Gros asal Prancis dipastikan menjadi pemenang. Pembalap 23 tahun ini berhak atas medali emas usai menang dua lap atas Lea Shopie Friedrich asal Jerman dengan mencatatkan waktu tercepat, yakni 11,541 detik.

Medali perunggu nomor sprint putri UCI Track Nations Cup 2023 jatuh ke tangan pembalap Britania Raya, Emma Finucane yang mengalahkan kompatriotnya, Sophie Capewell dengan selisih waktu +0,119 detik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.