Sukses

WSBK 2023: Kecelakaan Parah Tahun Lalu, Iker Lecuona Antusias Debut di Mandalika

Pembalap Team HRC Iker Lecuona antusias menjalani debut di Sirkuit Mandalika pada balapan World Superbike (WSBK) 2023, 3-5 Maret mendatang.

Liputan6.com, Jakarta - Pembalap Team HRC Iker Lecuona antusias menjalani debut di Sirkuit Mandalika pada balapan World Superbike (WSBK) 2023, 3-5 Maret mendatang.

Pembalap asal Spanyol itu tidak bisa berkompetisi pada WSBK2022 karena kecelakaan pada latihan bebas kedua.

Padahal Lecuona mencatat waktu tercepat kedua pada FP1. Dia lalu dilarikan ke RSUD Provinsi NTB di Mataram dengan helikopter dan didiagnosis mengalami keretakan tulang belakang dan tulang sakrum.

Tidak hanya absen di Mandalika, Lecuona juga terpaksa mundur pada seri berikutnya di Ausralia.

"Tahun lalu saya mengalami kecelakaan besar di Mandalika. Jadi, saya harus absen akibat cedera," ungkap Lecuona pada Media Briefing yang digelar virtual, Selasa (14/2/2023).

"Kita lihat saja nanti bagaimana situasinya. Mungkin saya akan melaju lebih lamban di tikungan tempat saya jatuh! Namun, saya menyukai trek menikmati lap-lap perdana di sana."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berharap Cuaca Bersahabat

Jika Mandalika jadi salah satu seri penutup musim 2022, sirkuit tersebut kini menggelar ajang kedua di 2023 setelah Phillip Island.

Pada kurun waktu ini, sosok berusia 23 tahun itu berhadap kondisi cuaca lebih baik sehingga bisa balapan maksimal.

"Menyenangkan bisa datang ke Phillip Island dan Mandalika ketika musim panas. Saya menyukai kedua trek. Di MotoGP, kami datang ke Australia pada Oktober ketika cuacanya dingin dan sering hujan, sementara di WorldSBK kami datang saat musim panas," ungkap Lecuona.

"Semoga cuacanya tetap tenang, seperti halnya di Mandalika. Tahun lalu saya hanya berkendara pada Jumat, jadi saya harap kali ini lebih baik dan treknya lebih bersih. Semoga kondisinya juga cerah sepanjang pekan. Tahun ini akan jadi balapan pertama saya di Mandalika," sambungnya.

3 dari 3 halaman

Dibuka di Australia

Lecuona menjalani debut di WSBK pada musim lalu. Dia menorehkan dua pole dan satu podium untuk menempati peringkat sembilan di klasemen akhir.

Tes pramusim WSBK berlanjut di Phillip Island 20-21 Februari. Seri pembuka berlangsung di tempat sama pada 25-26 Februari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.