Sukses

Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh Cabut ke Eropa, Shin Tae-yong: Harusnya Tunggu Piala Dunia U-20 2023

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menilai Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh harusnya menunggu hingga Piala Dunia U-20 2023 beres sebelum cabut ke Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menyayangkan keputusan Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh yang buru-buru cabut ke Eropa. Ia menilai duo pesepak bola muda itu harusnya menunggu hingga Piala Dunia U20 2023 beres.

Dengan demikian, Marselino dan Ronaldo bisa mendapat harga transfer lebih tinggi. Mereka juga jadi punya kesempatan direkrut oleh klub yang lebih bagus.

Seperti diketahui, Marselino Ferdinan belum lama ini memutuskan hijrah ke Belgia. Wonderkid Timnas Indonesia dikontrak hingga Juni 2024 dengan opsi perpanjangan setahun. Pengumuman terkait penandatanganan Marselino sudah disampaikan langsung oleh pihak klub.

Melalui pernyataan di laman resminya pada Rabu (1/2/2023), Direktur Olahraga KMSK Deinze Adrian Esparraga memuji Marselino. Eks gelandang Persebaya sebagai salah satu talenta muda terbaik yang berpotensi tampil di Eropa.

Jalan serupa juga diambil oleh Ronaldo Kwateh. Pemain Madura United itu tengah berada di Turki. Belum ada kabar resmi terkait transfer dan klub barunya. Namun, ia santer dikabarkan bakal bergabung dengan tim kasta kedua, Bursaspor

Shin Tae-yong nampaknya menganggap keputusan Marselino dan Ronaldo cenderung tergesa-gesa. Juru taktik asal Korea Selatan mengeklaim para pemain itu bahkan tak sempat berdiskusi dengannya.

Padahal, mereka sejak awal sudah ditargetkan mengambil peran penting di Piala Dunia U-20 2023. Shin Tae-yong berniat mempersiapkan keduanya dengan memberi Marselino dan Ronaldo kesempatan tampil di timnas U-23 dan senior.

“Memang saya fokus untuk Piala Dunia U-20 tahun ini. Jadi, mulai kemarin-kemarin, saya sengaja menggunakan Marselino dan Ronaldo di skuad U-23 dan senior untuk proyek ini, Piala Dunia U-20,” tutur Shin Tae-yong pasca memimpin sesi latihan Garuda Nusantara di Lapangan C SUGBK, Jakarta, Rabu (8/2/2023).

“Dengan begitu, saya ingin membuat tim inti untuk skuad Piala Dunia U-20, tetapi (mereka) pergi tanpa diskusi dengan pelatih kepala Timnas Indonesia (alias) saya sendiri, juga dengan PSSI,” sambung juru taktik berusia 52 tahun tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tunggu Piala Dunia U-20

Lebih lanjut menurut Shin Tae-yong, kepergian Marselino dan Ronaldo ke Eropa sejatinya bisa saja ditunda sampai Piala Dunia U-20 2023 selesai dilaksanakan.

Pasalnya dengan tampil dalam turnamen tersebut, kedua pemain berpotensi unjuk kemampuan di hadapan klub-klub besar. Mereka juga berpeluang mendapat kontrak dengan harga bagus jika bermain moncer bersama Timnas Indonesia.

“Menurut saya, harusnya Marselino (dan Ronaldo) bisa saja keluar negeri setelah Piala Dunia U-20 selesai karena pastinya harga dia pun akan berbeda usai Piala Dunia U-20. Apalagi musim di Eropa baru akan mulai di bulan-bulan itu juga (pertengahan tahun),” tuturnya.

“Jujur saya memang belum tahu harga dia (Marselino) di timnya saat ini berapa. Akan tetapi, (saya merasa) sayang saja karena kesempatannya untuk mendapatkan tim yang lebih baik daripada sekarang jadi hilang,” tambah juru taktik asal Korea Selatan.

3 dari 3 halaman

Belum Gabung TC

Buntut dari kepergiannya ke Eropa, Marselino dan Ronaldo hingga kini belum mengikuti pemusatan latihan (TC) bersama Timnas Indonesia U-20 di Jakarta. Padahal, agenda tersebut sudah berlangsung sejak awal bulan ini.

Shin Tae-yong berambisi menggeber habis-habisan Garuda Nusantara melalui TC. Hal ini dilakukan agar Timnas Indonesia siap mentas dalam ajang Piala Asia U-20 2023 yang dihelat di Uzbekistan pada Maret mendatang.

Di samping Marselino dan Ronaldo, terdapat sejumlah penggawa lain yang sampai sekarang tak kunjung bergabung dengan skuad racikan Shin Tae-yong.

Dony Tri Pamungkas, Muhammad Ferarri, Cahya Supriadi, dan Alfriyanto Nico belum dilepas oleh Persija Jakarta. Tiga pemain Persib Bandung: Kakang Rudianto, Robi Darwis, dan Ferdiansyah juga masih belum dikirim ke TC.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.