Sukses

Hasil PLN Mobile Proliga 2023: Jakarta STIN BIN Kembali Kalahkan Samator

Tim putra Jakarta STIN BIN kembali mengalahkan Surabaya BIN Samator pada seri pertama putaran kedua PLN Mobile Proliga 2023. Farhan Halim cs menang 3-0

Liputan6.com, Gresik - Tim putra Jakarta STIN BIN meraih poin penuh saat menghadapi Surabaya BIN Samator pada seri pertama putaran kedua PLN Mobile Proliga 2023. Farhan Halim dan kolega menang dengan skor 3-0 (25-15, 25-20, 25-21) dalam laga yang berlangsung di GOR Tridharma Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023).

Bagi Jakarta STIN BIN, hasil ini mengulang kemenangan atas Samator pada seri ketiga putaran pertama Proliga 2023 di Palembang, 22 Januari lalu. Bahkan, dalam laga kali ini, tim pendatang baru itu jauh lebih mendominasi, terutama pada set kedua dan ketiga saat Samator yang mendapat dukungan suporter menurunkan para pemain pelapis.

Pemain utama Surabaya BIN Samator seperti Rivan Nurmulki, Agil Angga, Tedi Oka, serta pemain asing Daouda Yacoubu dan Paulo Lamounier diistirahatkan pelatih Ryan Masajedi pada set ketiga. Hal itu membuat pendukung mereka terlihat kecewa.

Sebaliknya, Jakarta STIN BIN tetap tampil dengan komposisi pemain utamanya. Mereka adalah Dimas Saputra, Cep Indra, Farhan Halim, Jensen Natanael (tosser), Isac Santos, dan Rozalin Penchev.

"Kami menurunkan pemain pelapis untuk memberi mereke lebih banyak pengalaman tanding," kata pelatih Samator Ryan Masajedi usai pertandingan.

Ryan tidak mempermasalahkan hasil pertandingan karena memang sengaja ingin memberi lebih banyak jam terbang kepada pemain-pemain muda untuk merasakan atmosfir kompetisi Proliga yang ketat. Keputusan itu didukung I Putu Randu Wahyu.

"Sekarang ini gap antara pemain senior dan junior sangat jauh karena banyak pemain Samator yang membela (Jakarta) Bhayangkara. Kalau tidak sekarang, kapan lagi mereka bisa berkembang,” kata Randu yang kembali memperkuat Samator pada putaran kedua Proliga tahun ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kekuatan lawan

Pelatih Jakarta STIN BIN Alessandro Ferrera Fadul mengaku senang dengan penampilan anak asuhnya. Sehingga bisa meraih kemenangan lagi atas Surabaya BIN Samator.

Menurutnya, kunci kemenangan timnya karena sejak awal telah memetakan kekuatan lawan. Dengan begitu, strategi yang disiapkan berjalan baik di lapangan. "

"Kami telah pelajari kekuatan dan cara bermain lawan. Pemain kami juga mampu menjalankan strategi dengan baik," ujar pelatih asal Brasil itu melalui penerjemah.

Pemain Jakarta STIN BIN Cep Indra Agustin mengungkapkan sebelum pertandingan, tim pelatih sudah memberikan gambaran kepada para pemain mengenai kekuatan Samator dan taktik apa yang diterapkan. "Dari situ, pelatih menginstruksikan bagaimana kami harus menghadapi lawan dan semua berjalan baik di lapangan," ucapnya.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal dan hasil pertandingan

Jakarta Elektrik PLN vs Jakarta BIN (putri) 2-3 (25-17, 18-25, 26-24, 19-25, 15-17)

Jakarta STIN BIN vs Surabaya BIN Samator (putra) 3-0 (25-15, 25-20, 25-21)

16:00 WIB, Kudus Sukun Badak vs Jakarta Bhayangkara Presisi (putra) 0-3 (15-25, 23-25, 21-25)

18:30 WIB, Palembang Bank SumselBabel vs Jakarta LavaAni Allo Bank (putra)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.