Sukses

Benny Dollo Meninggal Dunia, Ucapan Duka Terus Mengalir di Media Sosial

PSSI mengunggah kompilasi foto hitam putih Benny Dollo dan menyampaikan ungkapan duka cita atas meninggalnya eks pelatih Timnas Indonesia itu

Liputan6.com, Jakarta Ucapan duka atas meninggalnya mantan pelatih Timnas Indonesia, Benny Dollo, terus mengalir di media sosial. Rasa bela sungkawa disampaikan induk organisasi sepak bola di Tanah Air, serta klub-klub yang pernah dibesarkan almarhum.

Seperti diberitakan sebelumnya, kabar meninggalnya Benny Dollo disampaikan Firman Utina melalui unggahan di Instagram, Rabu (1/2/2023) malam WIB. Pelatih yang akrab disapa Bendol itu, tutup usia di umur 72 tahun.

Dalam unggahannya, Firman Utina memajang foto bersama Benny Dollo tengah memegang trofi Copa Di Sam Soe. "Selamat jalan om Beni Dollo," tulisnya disertai emoji menangis serta minta maaf.

Pria asal Manado, Sulawesi Utara, tersebut sempat menjalani perawatan di Rumah Sakit Tangerang Selatan pada Juli 2022. Dia saat itu dirawat karena mengalami berbagai penyakit.

Tak lama setelah beredar kabar meninggalnya tokoh sepak bola ini, akun Instagram resmi PSSI. PSSI mengunggah kompilasi foto hitam putih Benny Dollo dan menyampaikan ungkapan duka cita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Turut Berduka Cita

"Turut berduka cita atas berpulangnya Coach Benny Dollo. Semoga almarhum diberikan tempat terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan," tulis PSSI dalam postingannya, Rabu (1/2/2023) malam.

Ungkapan rasa duka juga disampaikan Persita Tangerang. Klub berjuluk Laskar Cisadane ini pernah dibina eks pelatih Timnas Indonesia itu, bahkan hingga mencapai prestasi terbaik.

"Segenap keluarga besar Persita Tangerang turut merasakan duka mendalam atas kepergian Benny Dollo, eks Pelatih Kepala Timnas Indonesia dan eks Pelatih Kepala Persita (1995-1998/ 2001-2003/ 2007-2008)," begitu isi pernyataan Persita di media sosial.

3 dari 5 halaman

Arema FC

"Semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan serta ketabahan. Terima kasih atas dedikasi dan perjuanganmu, Coach... Selamat beristirahat."

Ucapan duka juga disampaikan Arema melalui akun Instagram resminya (@aremafcofficial). "Terima kasih atas segala dedikasinya saat berjuang bersama. Doa terbaik untukmu Coach dan semoga diberikan tempat terbaik di sisiNya."

4 dari 5 halaman

Profil

Benny Dollo lahir 22 September 1950. Dia malang melintang menangani sejumlah klub di Indonesia.

Daftarnya mencakup Pelita Jaya, Persita Tangerang, Persitara Jakarta Utara, Persma Manado, Arema Malang, Persija Jakarta, Mitra Kukar, Sriwijaya FC

Benny Dollo juga pernah melatih Timnas Indonesia dalam dua periode, salah satunya di Piala AFF 2008. Kala itu Tim Garuda disingkirkan Thailand di semifinal.

Sosok kelahiran Manado ini juga melatih tim U-23 yang tampil di SEA Games 2001. Kembali Thailand menjegal ambisinya membawa tanah kelahiran berjaya pada semifinal.

5 dari 5 halaman

Prestasi

Dari perjalanan tersebut, sosok yang akrab disapa Bendol ini meraup sejumlah gelar. Di antaranya membawa Pelita Jaya juara sebanyak tiga kali.

Bendol juga membantu Arema Malang menjuarai Liga Indonesia 2004 serta Copa Indonesia 2005 dan 2006. Di level internasional, Bendol mempersembahkan Piala Kemerdekaan 2008 bagi Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.