Sukses

Benny Dollo Meninggal Dunia Setelah Sempat Dirawat 4 Hari

Benny Dollo meninggal dunia di RSUD Tangerang Selatan, Banten, Rabu (1/2/2023) pukul 20.45 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Duka tengah menyelimuti sepak bola Indonesia. Salah seorang pelatih terbaik di Tanah Air, Benny Dollo meninggal dunia pada Rabu malam (1/2/2023).

Mantan pelatih timnas Indonesia itu tutup usia di RSUD Tangerang Selatan, Banten. Bendol-sapaan akrabnya-meninggal di usia 72 tahun.

Jerry Simon, kerabat Benny Dolo yang ditemui di rumah duka mengatakan, mantan pelatih Persita Tangerang dan Arema FC itu sempat dirawat selama 4 hari di RS.

Namun berbagai upaya yang dilakukan oleh tim medis tidak mampu menyelamatkan Benny Dollo. Pria kelahiran Manado, 22 September 1950 tersebut meninggalkan seorang istri, yakni Hendrita Pasaribu, dua anak (Fransisco dan Jane Dolo), serta dua orang cucu.

"Awalnya ada luka kecil di bagian kaki. Lalu kondisinya terus menurun hingga akhirnya dibawa ke rumah sakit dan dirawat. Tapi, tadi beliau dinyatakan meninggal dunia pada pukul 20.45 WIB," ujarnya.

Benny Dollo sebelumnya juga pernah dirawat di RSUD Tangsel pada Juli 2022 lalu akibat COVID-19. Namun Bendol berhasil pulih dan kembali ke rumahnya.

"Sudah sempat berkumpul dengan keluarga. Tapi Minggu lalu, kondisinya menurun dan tidak sadarkan diri selama tiga hari terakhir," beber Jerry menambahkan.

Kerabat lainnya, Eva menjelaskan kalau mendiang Benny Dollo dilarikan ke RSUD Tangsel, pada Minggu (29/1/2022) dan dirawat di ICU. Menurutnya, setelah empat hari, Bendol akhirnya dinyatakan meninggal dunia pada pukul 20.45 WIB. karena penyakit jantung.  

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tiba di Rumah Duka

Jenazah Benny Dollo tiba di rumah duka kompleks Pamulang Permai 1, Tangsel, sekitar pukul 00.26, Kamis (2/2/2023). Keluarga dekat dan tetangga tampak berkumpul menyambut kepulangan mendiang Benny Dolo. Selain itu, di rumah duka hadir juga mantan pemain Arema dan Persita, Anthony Jomah Ballah.

"Mendengar kabar dari Firman Utina kalau coach Benny Dollo meninggal, saya buru-buru ke sini. Saya ingin menyampaikan penghormatan terakhir," katanya kepada Liputan6.com.

Setelah jenazah tiba di rumah duka, pihak keluarga menggelar kebaktian singkat. Rencananya, Benny Dollo akan dimakamkan di TPU Astanaraga, Pamulang 2, Tangerang Selatan, pada Sabtu siang (4/2/2023).

3 dari 4 halaman

Daftar Panjang

Bendol lahir di Manado pada 22 September 1950 dengan nama Benny Selvianus Dolo. Meski demikian publik lebih mengenalnya dengan nama Benny Dollo.

Semasa hidupnya, Benny Dolo telah malang melintang menangani sejumlah klub di Indonesia. Daftarnya mencakup Pelita Jaya, Persita Tangerang, Persitara Jakarta Utara, Persma Manado, Arema Malang, Persija Jakarta, Mitra Kukar, Sriwijaya FC

Dari perjalanan tersebut, sosok yang akrab disapa Bendol ini meraup sejumlah gelar. Di antaranya membawa Pelita Jaya juara sebanyak tiga kali.

Bendol juga membantu Arema Malang menjuarai Liga Indonesia 2004 serta Copa Indonesia 2005 dan 2006. Dengan catatan ini, Bendol jadi salah satu pelatih lokal yang berprestasi.

4 dari 4 halaman

Jejak di Timnas

Benny Dollo pernah melatih rimn Timnas Indonesia dalam dua periode, salah satunya di Piala AFF 2008. Kala itu Tim Garuda disingkirkan Thailand di semifinal.

Sosok kelahiran Manado ini juga melatih tim U-23 yang tampil di SEA Games 2001. Kembali Thailand menjegal ambisinya membawa tanah kelahiran berjaya pada semifinal.

Dalam kiprahnya ini, Bendol mempersembahkan Piala Kemerdekaan 2008 bagi Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.