Sukses

Profil Benny Dollo: Segudang Pengalaman, Salah Satu Pelatih Lokal Berprestasi

Liputan6.com, Jakarta - Sepak bola Indonesia berduka. Mantan pelatih Timnas Indonesia Benny Dollo meninggal dunia, Rabu (1/2/2023).

Kabar ini disampaikan mantan pemain timnas Firman Utina melalui akun Instagram. "Selamat jalan om Benny Dollo," tulisnya di Instagram @firmanutina1515.

Benny Dollo lahir 22 September 1950. Dia malang melintang menangani sejumlah klub di Indonesia.

Daftarnya mencakup Pelita Jaya, Persita Tangerang, Persitara Jakarta Utara, Persma Manado, Arema Malang, Persija Jakarta, Mitra Kukar, Sriwijaya FC

Benny Dollo juga pernah melatih Timnas Indonesia dalam dua periode, salah satunya di Piala AFF 2008. Kala itu Tim Garuda disingkirkan Thailand di semifinal.

Sosok kelahiran Manado ini juga melatih tim U-23 yang tampil di SEA Games 2001. Kembali Thailand menjegal ambisinya membawa tanah kelahiran berjaya pada semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prestasi Bendol

Dari perjalanan tersebut, sosok yang akrab disapa Bendol ini meraup sejumlah gelar. Di antaranya membawa Pelita Jaya juara sebanyak tiga kali.

Bendol juga membantu Arema Malang menjuarai Liga Indonesia 2004 serta Copa Indonesia 2005 dan 2006. Di level internasional, Bendol mempersembahkan Piala Kemerdekaan 2008 bagi Indonesia.

Dengan catatan ini, Bendol jadi salah satu pelatih lokal yang berprestasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.