Sukses

Barcelona Kesulitan Daftarkan Gavi di La Liga, Siapa Lagi Pemain Dilepas?

Liputan6.com, Barcelona- Barcelona harus mendapati kenyataan pahit karena La Liga sudah menolak pendaftarkan Pablo Gavi sebagai pemain tim utama. Seperti dilansir ESPN, Barca mendaftarkan Gavi sebagai pemain tim utama dengan gaji dan kontrak baru.

Gavi sudah sepakati kontrak baru dengan Barcelona pada September 2022 lalu. Dia dikontrak hingga 2026 dengan klausul kontrak fantastis 1 miliar euro.

Barcelona baru mendaftarkan berkas kontrak Gavi pada Rabu (25/1/2023) kemarin. Barca berharap bisa daftarkan Gavi sebagai pemain tim utama sebelum bursa transfer Januari berakhir pekan depan.

Meski sudah main dengan Barcelona sejak 2021, gelandang mungil ini masih terdaftar di La Liga sebagai pemain tim muda. Permohonan Barca ditolak karena klub tak punya ruang untuk daftarkan Gavi.

Barcelona dikabarkan tak kaget dengan penolakan ini. Mereka bersiap untuk menambah ruang agar bisa mendaftarkan pemain baru, tapi mau jual siapa lagi?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Jual Pemain

 

Awalnya, Barcelona berharap pensiunnya Gerard Pique pada November dan dilepasnya Memphis Depay ke Atletico Madrid membuka ruang untuk pendaftaran. Namun La Liga menuntut ada aksi yang lebih lagi.

Selain Gavi, Barcelona juga belum bisa daftarkan Ronald Araujo. Bek muda Barcleona ini juga sudah setuju perpanjangan kontrak pada April 2022 tapi belum didaftarkan di La Liga.

Meski begitu, kedua pemain dikabarkan tetap tenang. Mereka yakin Barca bisa atasi masalah ini dengan cepat.

 

 

 

3 dari 6 halaman

Berkurang

 

Total pengeluaran Barcelona di bursa transfer terus dikurangi. Ini karena masalah keuangan yang masih dialami klub, peninggalan dari presiden lama Josep Maria Bartomeu.

Musim ini, Barcelona harus menjual aset-aset mereka untuk mendongkrak jumlah pengeluaran. Barca sudah menjual hak siar domestik sebesar 25 persen untuk 25 tahun. Selain itu, Barca juga lepas 49 persen kepemilikan untuk Barca studio.

Penjualan aset membuat Barcelona mampu mengangkat jumlah pengeluaran menjadi 800 juta euro. Namun ini masih jauh dari kata beres.

 

4 dari 6 halaman

Tidak Tersentuh

Barcelona masih memiliki masalah keuangan. Kondisi tersebut menyebabkan tim Catalan kemungkinan tidak aktif selama jendela transfer Januari 2023.

Presiden Barcelona Joan Laporta, baru-baru ini, mengatakan tidak berharap untuk menambah lebih banyak pemain ke skuad Xavi Hernandes di tengah musim 2022-2023. "Kami melakukan pekerjaan di musim panas dan saat ini tak ada tanda-tanda harus melakukan operasi," katanya kepada Barca TV.

"Kami memiliki lini tengah dengan Busi (Sergio Busquets) sebagai pemandu, Pedri, Gavi, Frenkie (de Jong), (Franck ) Kessie."

"Di depan kami memiliki orang-orang seperti Ansu Fati yang sangat kami harapkan. Ada Robert Lewandowski, Ferran (Torres), Raphinha, (Ousmane) Dembele... Di pertahanan, kami memiliki Ronald Araujo di bek tengah, dengan Eric (Garcia) yang tahu bagaimana mengeluarkan bola dengan sangat baik seperti para pemain hebat," ucap Laporta.

"Di gawang, selain (Marc-Andre) ter Stegen, kami memiliki (Inaki) Pena dan (Arnau) Tenas. Saya lupa (Alejandro) Balde (tertawa). Ketika Anda berbicara tentang seorang pemain, Anda harus memikirkannya. tidak meninggalkan apapun. Jordi Alba juga memiliki Piala Dunia yang sangat bagus."

Barcelona diharapkan akan aktif musim panas 2023. Tapi, kemungkinan besar mereka harus melakukan setidaknya satu penjualan besar untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan untuk meningkatkan skuad mereka.

5 dari 6 halaman

Daftar Pemain

Menurut laporan Sport, Robert Lewandowski ada dalam daftar pemain Barcelona yang tidak tersentuh. Penyerang timnas Polandia itu mencetak 18 gol dan mencatat empat assist dalam 19 penampilan sejak tiba di Camp Nou dari Bayern Munchen pada musim panas 2022.

Jules Kounde, yang juga baru direkrut Barcelona, juga masuk dalam daftar tersebut. Bek timnas Prancis tersebut terbukti menjadi pemain penting sejak bergabung dari Sevilla.

Gavi dan Pedri juga dipandang sebagai pemain 'tak tersentuh'. Dua gelandang muda ini dianggap vital bagi klub baik sekarang maupun di masa depan.

Dua pemain lainnya adalah Ansu Fati dan Ronald Araujo. Dewan Barcelona melihat pasangan tersebut sebagai bagian besar dari rencana klub untuk masa depan.

Fati saat ini masih bekerja untuk mengatasi masalah cederanya. Pemain berusia 20 tahun itu belum menunjukkan performa yang dia tunjukkan sebelum dipaksa absen dalam waktu lama.

Pemaint imnas Spanyol itu memiliki tiga gol dan tiga assist dalam 20 penampilan musim ini. Tapi, dia baru memulai tiga pertandingan La Liga Spanyol selama kampanye 2022-23.

6 dari 6 halaman

Peringkat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.