Sukses

Dapat Restu FIFA, Piala Dunia U-20 Indonesia Bakal Gelar Opening dan Closing

Indonesia bakal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 yang berlangsung tahun ini.

Liputan6.com, Jakarta Piala Dunia U-20 tinggal sebentar lagi. Kejuaraan dunia yang diikuti oleh bintang-bintang muda lapangan hijau sejagat raya tersebut berlangsung di Indonesia mulai Mei hingga Juni 2023.

Persiapan masih terus dilakukan. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, dalam laporannya pada rapat terbatas yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, pada Rabu, 25 Januari 2023, menyampaikan kalau perkembangannya juga berjalan dengan baik.  

"Tentang pelaksanaan FIFA Under 20 World Cup saya sudah laporkan semuanya sudah dalam keadaan siap," kata Menpora, Zainudin Amali dalam rilis yang diterima media baru-baru ini. 

Menpora menuturkan, secara keseluruhan, penyelenggaraan Piala Dunia U20 sudah dalam kondisi siap. Namun, Menpora menambahkan, terdapat sejumlah hal yang masih dalam proses pembahasan.

"Tinggal ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian kita, misalnya untuk FIFA Under 20 World Cup yang tadinya tidak ada acara opening dan closing tapi sekarang FIFA sudah setuju, maka itu perlu dibicarakan dan perlu mendapatkan persetujuan dari Pak Presiden," tutur Zainudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kesiapan Infrastruktur

Zainudin menambahkan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) juga akan memastikan kesiapan stadion yang digunakan dalam perhelatan Piala Dunua U-20 nanti.

"Kementerian PU sudah menjalankan apa yang menjadi tugasnya untuk merenovasi semua stadion. Dan tempat-tempat itu ada di GBK Jakarta, Jalak Harupat Bandung, Manahan Solo, kemudian GBT Surabaya, Jakabaring Palembang, kemudian Wayan Dipta Bali. Jadi nggak ada masalah," ujar Menpora.

Piala Dunia U-20 akan berlangsung mulai 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Kejuaraan diikuti 24 tim, termasuk Indonesia yang otomatis mendapat jatah sebagai tuan rumah.  

 

3 dari 3 halaman

2 Agenda Lainnya

Selain Piala Dunia U-20, tahun ini Indonesia juga menjadi tuan rumah untuk dua agenda internasional lainnya, yakni FIBA World Cup. Acara ini akan berlangsung di Indoor Multifunction Stadium, Gelora Bung Karno. Sementara ANOC World Beach Games bakal digelar di Bali, 5-12 Agustus 2023. 

Menurut Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Sapta Oktohari, World Beach Games akan dihadiri 205 negara. Okto berharap perhelatan ini dapat mendorong perekonomian Indonesia. 

"Tentunya sesuai dengan arahan Bapak Presiden sejak tahun 2019 untuk menjemput kegiatan-kegiatan internasional Indonesia, diharapkan bisa dorong perekonomian Indonesia lebih cepat lagi," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.