Sukses

Hasil Indonesia Masters 2023: Bikin Capai, Kunci Jonatan Christie Kalahkan Wakil Irlandia

Bermain tenang dan sabar menjadi kunci kemenangan Jonatan Chirstie atas Nhat Nguen dari Irlandia pada babak 32 besar Indonesia Masters 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Jonatan Christie sudah harus bermain rubber game pada laga perdana Indonesia Masters 2023. Dia dipaksa bertarung selama 1 jam 7 menit sebelum mengalahkan Nhat Nguen dari Irlandia.

Sempat takluk pada gim pertama, Jonatan kemudian bangkit dan memenangkan dua gim berikutnya. Tunggal putra Indonesia itu menang 21-23, 21-11, dan 21-6.

Sebenarnya, Jonatan berpeluang memenangkan gim pertama setelah sempat unggul 18-14 dan 20-19. Namun, Nhat bisa menyamakan skor dan berbalik menang.

Pada kedua serta ketiga, Jonatan mendominasi permainan. Peraih medali emas Asian Games 2018 tersebut menang dengan skor yang terpaut jauh atas Nhat.

"Set pertama lawan lebih berani terlebih dahulu permainan depan sehingga menyulitkan saya," tutur pebulu tangkis yang akrab disapa Jojo itu setelah pertandingan.

Jonatan kemudian mendapat arahan dari pelatih Irwansyah tentang bagaimana cara menghadapi dan mengalahkan Nhat. Irwansyah pernah menangani Nhat saat melatih Irlandia selama tiga tahun.

"Set kedua lebih tenang dan sabar karena pada set pertama sempat ngajak bermain cepat. Karena, kalau main reli, fisiknya tidak terlalu bagus. Jadi saya menempatkan kok jauh dari posisinya sehingga membuat dia terus berlari," papar atlet badminton peringkat empat dunia itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Adaptasi dan lelah

Jonatan Christie mengaku adaptasi pada laga perdana Indonesia Masters 2023 agak terlambat. "Karena kondisi angin dan kok agak berbeda dengan terakhir latihan," katanya.

Selain itu, pebulu tangkis berusia 25 tahun ini juga masih lelah setelah tampil di Malaysia Open dan India Open pada pekan sebelumnya. "Faktor lelah juga karena baru sampai Indonesia Senin siang dan sorenya langsung tes lapangan," ucapnya.

Meski demikian, Jonatan tidak terlalu memikirkan faktor lelah tersebut sehingga mampu mengalahkan Nhat Nguen. "Overall di set kedua dan ketiga bisa berjalan baik," paparnya.

Jojo pun siap bermain rubber di pertandingan berikutnya. Siap terus fight walau harus rubber gim. Tapi, dijaga dari segi recovery dan makan sehingga bisa membantu masa pemulihan otot," ujarnya.

 

3 dari 3 halaman

Lawan Shesar Hires Rhustavito

Pada babak 16 besar, Jonatan Christie akan menghadapi rekan senegaranya Shesar Hires Rhustavito. Vito mendapat tiket 16 besar setelah mengalahkan Kidambi Srikanth dari India dengan straight game 21-10 dan 24-22.

Menghadapi rekan sendiri, Jonatan dan Vito sudah mengetahui kelebihan maupun kelemahan masing-masing. "Akan seru dan berbeda atmosfersenya, biasa di Cipayung sekarang di Istora," kata Jojo.

"Tinggal penerapan strateginya karena setiap lapangan anginnya berbeda-berbeda," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.