Sukses

Peraih Medali Perak Olimpiade 1992 Tergerak Bantu Para Pelatih

Liputan6.com, Jakarta- Mantan atlet taekwondo nasional bernama Dirc Richard selama ini dikenal luas dengan prestasinya di Olimpiade 1992 di Barcelona. Ketika itu Richard sukses mempersembahkan medali perak bagi Indonesia.

Richard saat itu sukses membawa pulang perak dari Spanyol pada kelas fly. Kesuksesan tersebut tak lepas dari peran sang pelatih. Menurutnya, sang pelatih lah yang selalu meyakinkan dan memotivasinya saat menghadapi lawan.

“Saya yakin semua orang berhak mendapatkan pelatihan yang intens dari pelatih yang tepat di manapun dan kapanpun. Semua itu demi mengembangkan diri dengan lebih optimal dan tidak menyia-nyiakan kesempatan. Saya dulu sempat kesulitan mencari pelatih taekwondo untuk anak saya, jika ada pun pilihannya terbatas dan hanya berdasarkan info dari mulut ke mulut dan untuk kota besar akan buang buang waktu dan tenaga jika jaraknya jauh.” ujarnya.

Terlebih di saat pandemi Covid-19 di mana orang melakukan sebagian besar aktivitas mereka di dan dari rumah dan karena menghindari kegiatan berkelompok, maka kebutuhan pelatih pribadi yang profesional di bidang olahraga, seni, musik dan budaya menjadi lebih dibutuhkan, namun tampaknya tidak mudah dan tidak dapat dilakukan secara optimal karena terbatasnya pilihan, kualitas dan layanan.

“Saya yakin masing-masing orang pasti memiliki bakat. Mereka juga pasti ingin mengekspresikan dirinya baik itu di bidang olahraga, seni, music, ataupun budaya. Namun, kembali lagi, semua terbatas karena minimnya info pelatih privat yang diinginkan dan dampak pandemi yang membuat sebagian besar orang melakukan aktivitas di rumah,” terang Dirc Richard.

Di sisi lain, banyak pelatih, instruktur, mentor dan guru juga memiliki akses terbatas ke calon peserta pelatihan. Kendala seperti jarak dan waktu kerap dihadapi pelatih untuk mengajar calon peserta didiknya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Terobosan

Akhirnya Dirc Richard yang juga anggota Council Member of Asian Taekwondo Union (ATU) ini mencetuskan sebuah aplikasi (Android & iOS) dan website PRIFAT, yang menyediakan pelatih berkualitas dalam bidang olahraga, musik, seni dan budaya, dengan pengguna yang membutuhkan jasa pelatihan, hingga peralatan pendukungnya.

“Saya ingin pelatih baik itu olahraga, musik, seni atau budaya punya wadah atau aplikasi yang menaungi semua pelatih privat berbakat di Indonesia untuk melatih masyarakat yang punya concern terhadap waktu, jarak, dll. Jadi di rumah pun bisa, tinggal janjian, pelatih datang,” ungkapnya.

Pria yang juga sekaligus menjadi orang Indonesia pertama dalam jajaran Council Member ATU ini menambahkan, PRIFAT juga memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam memilih pelatih dan waktu kegiatan berdasarkan preferensi pribadi termasuk jarak, lokasi, usia, gender, untuk pemula/bukan, berhijab, sesi online/offline dan sebagainya.

3 dari 3 halaman

Target

Dengan target mengakomodir pelatih, mentor, hingga pemilik tempat tempat latihan olahraga, seni, musik, dan budaya, PRIFAT mengajak masyarakat di usia 10-60 tahun untuk dapat mengakses aplikasi maupun website ini dan merasakan sendiri manfaatnya.

Selain memudahkan dalam memilih pelatih yang bisa diandalkan, para customer juga bisa berlatih secara online atau offline, di manapun dan kapanpun.

Untuk para pelatih maupun mentor yang kredibel, yang umumnya adalah para ahli di bidangnya, PRIFAT memudahkan dalam hal memperluas jaringan customer, peningkatan pendapatan dan efisiensi waktu mobilitas bertemu calon peserta didik.

Dirc Richard juga mengatakan bahwa pengembangan Prifat ke depan juga akan mengadakan Mini Competition, Coaching Clinic dan Kegiatan Komunitas. Prifat akan memiliki Venue sendiri sebagai compound untuk music art dan sport mulai dari kegiatan training, performance bahkan Sport Bar yang terintegrasi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS