Sukses

Erick Thohir dan Ratu Tisha Siap Pimpin PSSI, Medsos Bergemuruh

Erick Thohir dan Ratu Tisha sama-sama menyerahkan berkas-berkas untuk menjadi ketum dan waketum PSSi pada 15 Januari 2023/

Liputan6.com, Jakarta- Pendaftaran calon ketua umum dan wakil ketum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) mulai memanas. Pada Minggu (15/1/2023) ada dua kandidat potensial yang resmi menyerahkan berkas. Erick Thohir resmi mencalonkan diri sebagai caketum. Sedangkan Ratu Tisha Destria mencoba peruntungan maju sebagai calon wakil ketua umum.

Erick Thohir tiba di kantor PSSI, GBK Arena, pada pukul 11.00 WIB, tak lama berselang Ratu Tisha juga muncul di lokasi. Kedua calon ketua umum dan calon wakil ketua umum ini kompak berjaket merah. Mereka pun sama-sama menyerahkan formulir pendaftaran.

Majunya Erick Thohir dan Ratu Tisha sebagai calon ketum dan waketum PSSI mendapat sambutan hangat pecinta bola di media sosial. Nama keduanya langsung trending di Twitter.

"Gaet Ratu Tisha, Pak @erickthohir. Dia bisa banyak membantu untuk bersih-bersih, dan bikin PSSI bisa berjalan lebih kencang," tulis pegiat media sosial Zulfikar Akbar.

"Semoga beruntung pak! Setuju kalo Ketum PSSI : Erick Tohir, Waketum PSSI : Ratu Tisha," tulis warganet lainnya.

Keduanya memang bukanlah nama baru di dunia sepak bola dan olahraga di Indonesia. Erick Thohir yang sekarang menjabat menjadi menteri BUMN di Kabinet Jokowi, juga tergabung anggota di Komite Olimpiade Internasional (IOC).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Erick Thohir

Kecintaannya pada dunia sepak bola terlihat sebagaimana Erick memiliki klub Liga Inggris Oxford United, dan pernah memiliki saham di klub besar Italia, Inter Milan.

"Sebagai anak bangsa, saya terpanggil untuk mengubah keadaan. Membuat yang bengkok menjadi lurus," ujar Erick Thohir saat ditemui di GBK, Minggu (15/1).

Erick juga menyampaikan pentingnya menciptakan ekosistem dalam mendukung sepak bola di Indonesia. "Yang dibutuhkan PSSI untuk maju hari ini adalah nyali untuk menerobos keterbatasan, dan berani menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan industri sepak bola nasional."

3 dari 4 halaman

Ratu Tisha

Sementara Ratu Tisha merupakan lulusan program FIFA Master yang diselenggarakan oleh Federasi Sepak Bola Internasional di Inggris, Italia dan Swiss.

Wanita kelahiran Jakarta 30 Desember 1985 itu mengawali kiprahnya di sepak bola sebagai manajer tim sepak bola di SMA 8 Jakarta.

Dalam kurun waktu 20 tahun berkiprah di sepak bola, beberapa posisi sudah pernah ditempati oleh Tisha yaitu Sekretaris Jenderal PSSI di bawah kepengurusan Edy Rahmayadi dan Wakil Presiden AFF periode 2019-2023.

“Mohon doa dan dukungannya. Selayaknya ini menjadi selama kurang lebih 20 tahun saya tekuni. Bagi saya sepakbola itu pengabdian. Mungkin ini momen haru buat saya ketika memutuskan mengabdi dan bekerja di bidang yang saya cintai yaitu sepakbola,” ujar Ratu Tisha.

4 dari 4 halaman

Mekanisme

Nama-nama calon ketua PSSI ini akan dipilih melalui Kongres Luar Biasa (KLB). KLB PSSI akan digelar pada 14 Februari 2023. Jadwal ini lebih awal dari rencana PSSI pada 18 Maret karena permintaan FIFA.

Namun sebelum KLB PSSI, pada 15 Januari, PSSI akan menggelar Kongres Biasa di Hotel Sultan, Jakarta. Salah satu agendanya adalah pembentukan Komisi Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) sebagai persiapan awal Kongres Luar Biasa (KLB) untuk pemilihan Ketua Umum PSSI.

Dalam kongres, ada syarat yang harus dipenuhi para calon Ketua Umum PSSI. Selain syarat administratif seperti usia lebih dari 30 tahun dan aktif di sepak bola sekurangnya 5 tahun, seseorang yang telah memenuhi seluruh kriteria dapat mengirimkan semua dokumen yang dibutuhkan.

Nantinya, Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum yang terpilih secara sah dalam kongres akan memimpin sepak bola negeri ini selama 4 tahun, terhitung setelah berakhirnya kongres yang memilihnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.