Sukses

Persiapan Khusus Vietnam Hadapi Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022: Latihan Lemparan ke Dalam

Vietnam melakukan persiapan khusus jelang menghadapi Timnas Indonesia di Piala AFF 2022. Anak-anak asuh Park Hang-seo diminta berlatih demi mengantisipasi lemparan ke dalam Skuad Garuda yang berpotensi jadi ancaman.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Vietnam melakukan persiapan khusus jelang menghadapi duel leg pertama semifinal Piala AFF 2022 kontra Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Anak-anak asuh Park Hang-seo diminta melakukan latihan lemparan ke dalam demi mengantisipasi penampilan Skuad Garuda di laga tersebut.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia memang sering mendapat keuntungan lewat lemparan ke dalam yang panjang dan tinggi. Media Vietnam Zing News, dalam headline pemberitaannya, bahkan menyebut hal itu sebagai ‘spesialisasi’ skuad racikan Shin Tae-yong.

Keputusan untuk melatih lemparan ke dalam pun diambil Vietnam setelah melalui pertimbangan serius. Asisten pelatih Park Hang-seo kabarnya melakukan analisis dan pembedahan terhadap laga-laga terdahulu yang dilakoni Skuad Garuda.

Penjaga gawang Vietnam Nguyen Manh diminta melepas puluhan lemparan ke dalam untuk rekan sesama kipernya Dang Van Lam. Upaya itu dilakukan agar Van Lam bisa memilih rencana antisipasi pertahanan saat menghadapi situasi serupa.

The Golden Stars nampaknya memang cukup awas dengan keahlian Indonesia. Zing News sampai menyoroti bagaimana aksi lemparan ke dalam Pratama Arhan bisa memberi sumbangan angka buat Skuad Garuda di laga penyisihan grup kontra Filipina.

“Dalam kemenangan 2-1 di Filipina pada 2 Januari, pemain Dendy Sulistyawan membuka skor. Penggawa terkenal Timnas Indonesia yang melakukan lemparan ke dalam tersebut adalah bek No. 12 Pratama Arhan. Dia sangat mahir dalam gerakan ini dan diangkat oleh staf pelatih ke dalam rencana serangan metodis,” tulis Zing News pada Kamis (1/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Waspada Kualitas Indonesia

Sebelumnya, pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo memang sempat mengutarakan kewaspadaannya terhadap pasukan Merah Putih.

Ia optimistis Vietnam mampu memenangkan laga semifinal Piala AFF 2022. Walau begitu, juru taktik asal Korea Selatan tetap menaruh perhatian pada sejumlah penggawa Skuad Garuda yang dipandang kuat secara fisik serta taktik.

“Indonesia mencapai final Piala AFF tahun lalu. Baru-baru ini, saya menyaksikan mereka bermain dengan banyak perubahan dibanding sebelumnya. Di Indonesia, pelatih Shin Tae-yong punya banyak pemain naturalisasi berkualitas,” katanya, seperti dilansir dari Baomoi.

“Para pemain lain juga kuat secara fisik dan bagus dari segi taktik. Mereka adalah lawan yang tidak menyenangkan bagi Vietnam. Mereka memiliki keunggulan bermain kandang dan saya berharap seluruh tim akan mendapat hasil baik di leg pertama,” sambung Park Hang-seo.

3 dari 4 halaman

Shin Tae-yong

Di sisi lain, juru taktik tim Garuda Shin Tae-yong juga telah melakukan persiapan jelang meladeni perlawanan Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Eks pelatih Timnas Korea Selatan itu percaya dirinya anak-anak asuhnya mampu tampil moncer lantaran sudah mendapat cukup waktu untuk berlatih.

“Walaupun kita sudah pernah kalah lawan Vietnam sebelumnya (di SEA Games), tetapi waktu persiapannya sangat pendek, sangat singkat. Sekarang, menurut saya, waktunya sudah cukup untuk mempersiapkan tim dengan lebih baik,” tutur Shin Tae-yong.

“Masa lalu adalah masa lalu. Mohon dukungannya dari para fans sepak bola Indonesia agar kita (timnas) bisa bekerja lebih maksimal di pertandingan besok (melawan Vietnam),” tandasnya dalam sesi konferensi pers pra pertandingan pada Kamis (5/1/2023).

4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Simak jadwal lengkap pertandingan semifinal Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Vietnam dan Malaysia vs Thailand di bawah ini!

Jumat, 6 Januari 2023

16:30 WIB, Indonesia vs Vietnam (Leg 1)

Sabtu, 7 Januari 2023

19:30 WIB, Malaysia vs Thailand (Leg 1)

Senin, 9 Januari 2023

19:30 WIB, Vietnam vs Indonesia (Leg 2)

Selasa, 10 Januari 2023

19:30 WIB, Thailand vs Malaysia (Leg 2)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.