Sukses

Prediksi Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam: Misi Memutus Rekor Park Hang-seo

Timnas Indonesia punya rekor buruk jika bertemu Vietnam asuhan Park Hang-seo. Mampukah kali ini mematahkannya?

Liputan6.com, Jakarta- Timnas Indonesia akan berjumpa Vietnam di babak semifinal Piala AFF 2022. Pada leg pertama, Indonesia bertindak sebagai tuan rumah menjamu Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Jumat (6/1/2023) sore WIB.

Karena main di kandang lebih dulu, Indonesia harus mencari modal positif sebelum menghadaoi neraka di My Dinh Stadium di leg kedua pada pekan depan. Kemenangan dengan skor besar dibutuhkan untuk bisa mengamankan tiket ke final.

Pekerjaan rumah besar dihadapi pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga pertama melawan Vietnam. STY harus bisa memperbaiki penyelesaian akhir timnas Indonesia.

Pemain Indonesia kerap membuang-buang peluang emas di empat laga fase grup Piala AFF 2022. Bahkan peluang yang sudah 99 persen seharusnya menjadi gol bisa meleset dari sasaran seperti yang dialami Witan Sulaeman dan Hansamu Yama Pranata.

Buruknya penyelesaian akhir timnas Indonesia ini membuat STY marah besar. Dia sempat marah-marah pada para penggawa Skuad Garuda di ruang ganti.

“Memang banyak peluang yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain (Timnas Indonesia) di penyisihan grup kemarin,” ujar pelatih asal Korea Selatan saat menghadiri jumpa pers jelang laga semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam, Kamis (5/1/2023).

“Begitu selesai pertandingan melawan Filipina–walau kita lolos (ke semifinal)–saya menegur dan marah pada pemain di ruang ganti,” sambung pelatih yang pernah menangani Timnas Korea Selatan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Optimisme

Walau penyelesaian akhir buru, STY yakin timnas Indonesia akan bisa tampil lebih baik kala bersua Vietnam di babak semifinal.

“Sekarang, para pemain pun harus bisa melupakan masa lalu. (Mereka) sudah latihan juga selama dua hari, dan hari ini terutama untuk finishing gol,” tuturnya.

“Secara umum, pertandingan (Timnas Indonesia) sudah lumayan baik, begitu pula finishing-nya. Pertandingan besok juga pasti akan lebih baik lagi. Saya akan mempersiapkan (skuad) supaya tidak ada lagi kata ‘kita tidak beruntung’ atau ‘tidak baik’ dalam finishing gol.”

Untungnya kondisi para pemain timnas Indonesia dalam keadaan baik dan siap tempur. STY menjanjikan permainan terbaik di leg pertama demi bisa meraih modal berharga saat gantian dijamu Vietnam.

“Kami sudah menyelesaikan penyisihan grup dan akan mulai semifinal. Pertandingan pertama di semifinal melawan Vietnam. Kondisi pemain semua baik,” ucap pria asal Korea Selatan itu.

“Apalagi pertandingan (kali ini digelar) di home. Jadi, saya janjikan kepada masyarakat Indonesia dan fans bahwa akan ada penampilan terbaik dan keren (dari Timnas Indonesia),” sambungnya kepada awak media.

3 dari 5 halaman

Faktor Park Hang-Seo

Selain penyelesaian akhir, Timnas Indonesia juga harus bisa mengakhiri kutukan saat melawan pelatih Vietnam Park Hang-seo. Pria Korea Selatan itu belum pernah kalah saat bertemu Indonesia di berbagai ajang.

"Statistik selalu bisa dipecahkan. Sejak saya melatih Vietnam, saya tidak pernah kalah dari Timnas Indonesia," ujar Park Hang-seo dinukil dari media Vietnam, Zing News.

Park Hang-seo mulai menangani Vietnam pada 2017. Selain tim senior, arsitek berusia 65 tahun itu juga memoles tim U-23 skuad berjulukan Golden Star Warriors itu. Park Hang-seo total sudah enam kali melawan Indonesia bersama Vietnam. Tiga di level senior dan tiga lagi di U-23. Bersama Park Hang-seo, Vietnam menang lima kali dan satu kali imbang saat melawan Indonesia.

Park membawa Vietnam menang dua kali atas Timnas Indonesia di level senior yakni 3-1 di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan 4-0 dalam kejuaraan yang sama. Pada pertemuan terakhir anak didik diimbangi Timnas Indonesia 0-0 pada penyisihan Piala AFF 2020.

Namun sebenarnya Park Hang-seo juga dihantui catatan buruk Vietnam ketika berhadapan dengan Timnas Indonesia sepanjang sejarah Piala AFF. The Golden Star Warriors tak pernah menang dalam 26 tahun terakhir.

4 dari 5 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Indonesia (4-2-3-1): Nadeo; Asnawi, Fachrudin, Jordi Amat, Pratama Arhan; Marc Klok, Rachmat Irianto; Saddil, Marselino, Witan; Dendy Sulistyawan

Vietnam (5-3-2): Dang Van Lam; Ho Tan Tai, Do Duy Manh, Nguyen Than Chung, Hoang Vieth Anh, Doan Van Hau; Nguyen Quang Hai, Do Hung Dung, Nguyen van Quyet; Pham Tuan Hai, Nguyen Tien Lienh

5 dari 5 halaman

Head to Head

15 Sep 2012 Indonesia v Vietnam D 0-0 International Friendly

16 Oct 2012 Vietnam v Indonesia D 0-0 International Friendly

20 Nov 2014 Vietnam v Indonesia D 2-2 International Friendly

22 Nov 2014 Vietnam v Indonesia D 2-2 AFF Championship

08 Nov 2016 Vietnam v Indonesia L 3-2 International Friendly

03 Dec 2016 Indonesia v Vietnam W 2-1 AFF Championship

07 Dec 2016 Vietnam v Indonesia D 2-2 AFF Championship

15 Oct 2019 Indonesia v Vietnam L 1-3 FIFA World Cup

07 Jun 2021 Vietnam v Indonesia L 4-0 FIFA World Cup

15 Dec 2021 Indonesia v Vietnam D 0-0 AFF Championship

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.