Sukses

Rekor Pertemuan Indonesia vs Vietnam Jelang Semifinal Piala AFF 2022: Skuad Garuda Unggul Tipis

Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada semifinal Piala AFF 2022. Leg pertama berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia menghadapi Vietnam pada semifinal Piala AFF 2022. Leg pertama berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Pasukan Shin Tae-yong wajib memanfaatkan momen dengan meraih hasil bagus sebelum balik melawat ke markas Vietnam, Senin (9/1/2023), dalam upaya menembus final serta menjaga asa menjadi juara untuk kali pertama sepanjang sejarah.

Penyedia statistik pertandingan sepak bola terkemuka RSSSF mencatat Indonesia dan Vietnam sudah bertemu 44 kali. Namun, catatan itu mencakup duel Indonesia kontra Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Skuad Garuda menunjukkan keunggulan lewat 21 kemenangan berbanding 12.

Setelah Vietnam bersatu, rekor pertemuan jadi lebih merata. Kedua negara bertarung dalam 25 kesempatan. Indonesia memimpin tipis 8-7 dengan sisanya imbang, tapi Vietnam berjaya 32-31 dalam hal gol.

Dalam bayang-bayang catatan tersebut, pelatih Skuad Garuda Shin Tae-yong optimistis anak-anak asuhnya mampu bermain moncer pada laga Indonesia vs Vietnam. Pasalnya, juru taktik asal Korea Selatan mengeklaim Skuad Garuda saat ini berada dalam kondisi baik.

“Kami sudah menyelesaikan penyisihan grup dan akan mulai semifinal. Pertandingan pertama di semifinal melawan Vietnam. Kondisi pemain semua baik,” tutur Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers di SUGBK pada Kamis (5/1/2023).

“Pertandingan (kali ini digelar) di home. Jadi, saya akan janjikan kepada masyarakat Indonesia dan fans bahwa akan ada penampilan terbaik dan keren (dari Timnas Indonesia),” tandas mantan pelatih Taeguk Warriors itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amarah Shin Tae-yong

Shin Tae-yong baru-baru ini mengaku dirinya sempat marah pada para penggawa Skuad Garuda di ruang ganti. Peristiwa itu terjadi tepatnya setelah Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan mengalahkan Filipina dengan 2-1 dalam laga terakhir fase penyisihan grup A, sekaligus memastikan tiket menuju semifinal Piala AFF 2022.

Pernyebab kemarahan Shin Tae-yong tak lain dipicu oleh performa Timnas Indonesia yang kurang maksimal. Pasukan Merah Putih belum sempurna saat melakukan finishing, sehingga kerap menyia-nyiakan kesempatan emas di depan gawang.

“Memang banyak peluang yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain (Timnas Indonesia) di penyisihan grup kemarin,” ujarnya. “Begitu selesai pertandingan melawan Filipina–walau kita lolos (ke semifinal)–saya menegur dan marah pada pemain di ruang ganti.”

Terlepas dari hal itu, Shin Tae-yong menegaskan anak-anak asuhnya harus melupakan amarah serta kegagalan di masa lalu. Juru taktik berusia 52 tahun pun optimistis Tim Garuda mampu tampil lebih baik di semifinal usai menjalani berbagai sesi latihan.

“Sekarang, para pemain pun harus bisa melupakan masa lalu. (Mereka) sudah latihan juga selama dua hari, dan hari ini terutama untuk finishing gol,” tuturnya.

“Secara umum, pertandingan (Timnas Indonesia) sudah lumayan baik, begitu pula finishing-nya. Pertandingan besok juga pasti akan lebih baik lagi. Saya akan mempersiapkan (skuad) supaya tidak ada lagi kata ‘kita tidak beruntung’ atau ‘tidak baik’ dalam finishing gol.”

3 dari 3 halaman

Janji Shin Tae-yong

Shin Tae-yong mengaku optimistis anak-anak asuhnya mampu bermain moncer saat menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Dia menilai Skuad Garuda secara umum berada dalam kondisi baik.

“Kami sudah menyelesaikan penyisihan grup dan akan mulai semifinal. Pertandingan pertama di semifinal melawan Vietnam. Kondisi pemain semua baik,” tutur Shin Tae-yong.

“Pertandingan (kali ini digelar) di home. Jadi, saya akan janjikan kepada masyarakat Indonesia dan fans bahwa akan ada penampilan terbaik dan keren (dari Timnas Indonesia),” tandas pelatih berusia 52 tahun tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.