Sukses

Jelang Semifinal Piala AFF 2022 Kontra Vietnam, Shin Tae-yong Sempat Marahi Timnas Indonesia di Ruang Ganti

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku sempat memarahi Skuad Garuda di ruang ganti, meski anak-anak asuhnya telah memastikan tiket menuju babak semifinal Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong baru-baru ini mengaku dirinya sempat marah pada para penggawa Skuad Garuda di ruang ganti.

Peristiwa itu terjadi tepatnya setelah Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan mengalahkan Filipina dengan 2-1 dalam laga terakhir fase penyisihan grup A, sekaligus memastikan tiket menuju semifinal Piala AFF 2022.

Pernyebab kemarahan Shin Tae-yong tak lain dipicu oleh performa Timnas Indonesia yang kurang maksimal. Pasukan Merah Putih belum sempurna saat melakukan finishing, sehingga kerap menyia-nyiakan kesempatan emas di depan gawang.

“Memang banyak peluang yang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para pemain (Timnas Indonesia) di penyisihan grup kemarin,” ujar pelatih asal Korea Selatan saat menghadiri jumpa pers jelang laga semifinal Piala AFF 2022 melawan Vietnam, Kamis (5/1/2023).

“Begitu selesai pertandingan melawan Filipina–walau kita lolos (ke semifinal)–saya menegur dan marah pada pemain di ruang ganti,” sambung pelatih yang pernah menangani Timnas Korea Selatan tersebut.

Terlepas dari hal itu, Shin Tae-yong menegaskan anak-anak asuhnya harus melupakan amarah serta kegagalan di masa lalu. Juru taktik berusia 52 tahun pun optimistis Tim Garuda mampu tampil lebih baik di semifinal usai menjalani berbagai sesi latihan.

“Sekarang, para pemain pun harus bisa melupakan masa lalu. (Mereka) sudah latihan juga selama dua hari, dan hari ini terutama untuk finishing gol,” tuturnya.

“Secara umum, pertandingan (Timnas Indonesia) sudah lumayan baik, begitu pula finishing-nya. Pertandingan besok juga pasti akan lebih baik lagi. Saya akan mempersiapkan (skuad) supaya tidak ada lagi kata ‘kita tidak beruntung’ atau ‘tidak baik’ dalam finishing gol.”

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Format Kandang-Tandang

Sekadar informasi, pertandingan semifinal Piala AFF 2022 yang mempertemukan Indonesia dengan Vietnam bakal digelar dalam dua leg dengan format kandang-tandang. Tiap-tiap tim diberi jatah sekali bermain di kandang (home) dan sekali bermain tandang (away).

Skuad Garuda kebagian kesempatan menjadi tuan rumah semifinal Piala AFF 2022 leg pertama. Pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan menjamu The Golden Stars di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Adapun, Vietnam baru memperoleh giliran menghelat pertandingan kandang dalam leg kedua. Duel tersebut rencananya akan diselenggarakan di My Dinh National Stadium pada Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

3 dari 3 halaman

Optimistis

Shin Tae-yong optimistis anak-anak asuhnya mampu bermain moncer saat menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Pasalnya, juru taktik asal Korea Selatan mengeklaim Skuad Garuda saat ini berada dalam kondisi baik.

“Kami sudah menyelesaikan penyisihan grup dan akan mulai semifinal. Pertandingan pertama di semifinal melawan Vietnam. Kondisi pemain semua baik,” tutur Shin Tae-yong dalam sesi konferensi pers di SUGBK pada Kamis (5/1/2023).

“Pertandingan (kali ini digelar) di home. Jadi, saya akan janjikan kepada masyarakat Indonesia dan fans bahwa akan ada penampilan terbaik dan keren (dari Timnas Indonesia),” tandas mantan pelatih Taeguk Warriors.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.