Sukses

Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam: Marselino Ferdinan Ogah Terbebani Kekalahan di SEA Games

Indonesia bakal meladeni Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Jelang melakoni duel tersebut, Marselino Ferdinan enggan merasa terbebani, meski Skuad Garuda pernah takluk dari The Golden Stars di SEA Games 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Duel antara kedua tim dijadwalkan berlangsung pada Jumat (6/1/2023) serta Senin (9/1/2023) mendatang.

Perjumpaan Indonesia vs Vietnam dalam laga kali ini diprediksi bakal berlangsung sengit. Pasalnya, duo kesebelasan memang kerap dikenal sebagai musuh bebuyutan di kancah sepak bola Asia Tenggara.

Catatan pertemuan terdahulu pun kembali menjadi perbincangan hangat jelang semifinal Piala AFF 2022. Salah satu yang tak luput dari pembahasan adalah duel Skuad Garuda U-23 melawan The Golden Star di SEA Games 2021.

Seperti diketahui, pasukan Shin Tae-yong dan Park Hang-seo pernah bersua dalam fase penyisihan grup SEA Games pada Mei 2022. Tim Merah Putih kala itu gagal mengemas kemenangan setelah tunduk tiga gol tanpa balas dari Vietnam.

Pemain muda andalan Tanah Air di Piala AFF 2022, Marselino Ferdinan, juga ikut menjadi bagian dari Timnas Indonesia dalam kekalahan tersebut. Ia mengakui bahwa The Golden Stars memang tampil apik, baik di level usia maupun senior.

Kendati demikian, bintang Persebaya Surabaya itu enggan terbebani kekalahan di pertandingan sebelumnya. Ia dan rekan-rekannya hanya ingin berfokus pada tujuan sendiri demi meraih hasil maksimal dalam duel semifinal mendatang.

“Di SEA Games itu kan pertandingan pertama, Vietnam memang susah (dilawan). Kalau melihat kekuatan Vietnam di level senior, (mereka juga) cukup baik, kita tidak bisa menggampangkan itu,” ujarnya dalam konferensi pers pra pertandingan, Kamis (5/1/2023).

“Akan tetapi, kita fokus pada tim kita sendiri. Kita fokus pada tujuan kita sendiri. Kita kerja keras, kita berusaha, kita akan (mencoba) mendapat hasil maksimal di laga besok,” sambung Marselino di hadapan awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Optimistis

Sebelumnya, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong juga mengaku optimistis anak-anak asuhnya mampu bermain moncer saat menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Juru taktik asal Korea Selatan itu menilai Skuad Garuda secara umum berada dalam kondisi baik. Ia pun berjanji akan menyuguhkan laga menarik bagi masyarakat Indonesia dan pecinta sepak bola Tanah Air di Piala AFF edisi in.

“Kami sudah menyelesaikan penyisihan grup dan akan mulai semifinal. Pertandingan pertama di semifinal melawan Vietnam. Kondisi pemain semua baik,” tutur Shin Tae-yong saat menghadiri jumpa pers di SUGBK.

“Pertandingan (kali ini digelar) di home. Jadi, saya akan janjikan kepada masyarakat Indonesia dan fans bahwa akan ada penampilan terbaik dan keren (dari Timnas Indonesia),” tandas pelatih berusia 52 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Dua Leg

Sekadar informasi, pertandingan semifinal Piala AFF 2022 bakal dilangsungkan dalam dua leg dengan format kandang-tandang. Tiap-tiap tim diberi jatah sekali bermain di kandang (home) dan sekali bermain tandang (away).

Indonesia kebagian kesempatan menjadi tuan rumah semifinal Piala AFF 2022 di leg pertama. Pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan menjamu The Golden Stars di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Sementara itu, Vietnam baru memperoleh giliran menghelat pertandingan kandang di leg kedua. Duel tersebut rencananya akan diselenggarakan di My Dinh National Stadium, Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

 
4 dari 4 halaman

Jadwal Pertandingan

Berikut jadwal lengkap semifinal yang mempertemukan Indonesia vs Vietnam serta Thailand vs Malaysia di Piala AFF 2022.

Jumat, 6 Januari 2023

16:30 WIB, Indonesia vs Vietnam (Leg 1)

Sabtu, 7 Januari 2023

19:30 WIB, Malaysia vs Thailand (Leg 1)

Senin, 9 Januari 2023

19:30 WIB, Vietnam vs Indonesia (Leg 2)

Selasa, 10 Januari 2023

19:30 WIB, Thailand vs Malaysia (Leg 2)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.