Sukses

Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam: Shin Tae-yong Pede Skuad Garuda Tampil Maksimal

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong percaya diri anak-anak asuhnya mampu menunjukkan performa maksimal saat menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong percaya diri bisa mengantar anak-anak asuhnya tampil maksimal saat menghadapi Vietnam di semifinal Piala AFF 2022.

Seperti diketahui, Skuad Garuda mau tak mau harus berhadapan dengan lawan berat dalam pertandingan empat besar kompetisi sepak bola bergengsi Asia Tenggara.

Kepastian ini didapat usai Indonesia hanya mampu finis sebagai runner-up Grup A di bawah Thailand. Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan sejatinya punya torehan poin sama dengan Tim Gajah Perang. Sayangnya, Skuad Garuda tertinggal dalam hal selisih gol.

Adapun di grup berbeda, Timnas Vietnam sukses memuncaki klasemen akhir. Anak-anak asuh Park Hang-seo mendominasi tabel dengan koleksi 10 angka, yang didapat dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang sepanjang fase penyisihan grup.

Capaian tersebut mengantar The Golden Stars bersua dengan Indonesia di semifinal. Sementara itu Malaysia, yang finis di urutan kedua grup B, dipaksa meladeni perlawanan sang juara bertahan Thailand.

Jelang melakoni duel sengit tersebut, Shin Tae-yong menyatakan pasukan Merah Putih secara keseluruhan berada dalam kondisi baik. Juru taktik asal Korea Selatan pun optimistis tim Garuda mampu menunjukkan performa apik di laga kontra Vietnam.

“Kami sudah menyelesaikan penyisihan grup dan akan mulai semifinal. Pertandingan pertama di semifinal melawan Vietnam. Kondisi pemain semua baik,” ujarnya dalam konferensi pers di SUGBK, Kamis (5/1/2023).

“Apalagi pertandingan (kali ini digelar) di home. Jadi, saya janjikan kepada masyarakat Indonesia dan fans bahwa akan ada penampilan terbaik dan keren (dari Timnas Indonesia),” sambungnya kepada awak media.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dua Leg

Sekadar informasi, pertandingan semifinal Piala AFF 2022 bakal dilangsungkan dalam dua leg dengan format kandang-tandang. Tiap-tiap tim diberi jatah sekali bermain di kandang (home) dan sekali bermain tandang (away).

Indonesia kebagian kesempatan menjadi tuan rumah semifinal Piala AFF 2022 di leg pertama. Pasukan Shin Tae-yong dijadwalkan menjamu The Golden Stars di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Jumat (6/1/2023) pukul 16.30 WIB.

Sementara itu, Vietnam baru memperoleh giliran menghelat pertandingan kandang di leg kedua. Duel tersebut rencananya akan diselenggarakan di My Dinh National Stadium, Senin (9/1/2023) pukul 19.30 WIB.

 
3 dari 3 halaman

Jadwal Pertandingan

Berikut jadwal lengkap semifinal yang mempertemukan Indonesia vs Vietnam serta Thailand vs Malaysia di Piala AFF 2022.

Jumat, 6 Januari 2023

16:30 WIB, Indonesia vs Vietnam (Leg 1)

Sabtu, 7 Januari 2023

19:30 WIB, Malaysia vs Thailand (Leg 1)

Senin, 9 Januari 2023

19:30 WIB, Vietnam vs Indonesia (Leg 2)

Selasa, 10 Januari 2023

19:30 WIB, Thailand vs Malaysia (Leg 2)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.