Sukses

Semifinal Piala AFF 2022 Indonesia vs Vietnam: Park Hang-seo Waspadai Kualitas Tim Garuda

Pelatih Vietnam Park Hang-seo mewaspadai kualitas Timnas Indonesia jelang melakoni laga semifinal Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung pada Jumat (6/1/2023) serta Senin (9/1/2023) mendatang.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal ditantang Vietnam di semifinal Piala AFF 2022. Kepastian ini diperoleh usai The Golden Stars finis sebagai juara Grup B berkat torehan 10 poin yang didapat dari tiga kemenangan dan satu hasil imbang dalam fase penyisihan.

Adapun Indonesia cuma bisa menyabet predikat runner-up Grup A. Meski koleksi angkanya sama dengan Thailand, anak-anak asuh Shin Tae-yong harus puas menempati urutan dua klasemen lantaran tertinggal selisih gol dari Gajah Perang.

Indonesia dan Vietnam selanjutnya akan saling berhadapan di babak empat besar. Pertandingan bakal dilangsungkan dalam dua leg dengan format kandang-tandang.

Skuad Garuda kebagian menjadi tuan rumah dalam laga yang dihelat pada Jumat (6/1/2023) pukul 19.30 WIB. Sementara itu, Vietnam dijadwalkan menjamu Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan di My Dinh National Stadium pada Senin (9/1/2023) mendatang.

Jelang laga tersebut, pelatih Timnas Vietnam Park Hang-seo mewaspadai kualitas Skuad Garuda. Pasalnya, tim racikan Shin Tae-yong saat ini diperkuat sejumlah pemain naturalisasi serta penggawa lain yang kuat secara fisik.

“Indonesia mencapai final Piala AFF tahun lalu. Baru-baru ini, saya menyaksikan mereka bermain dengan banyak perubahan dibanding sebelumnya. Di Indonesia, pelatih Shin Tae-yong punya banyak pemain naturalisasi berkualitas,” ujarnya dilansir dari Baomoi.

“Para pemain lain juga kuat secara fisik dan bagus dari segi taktik. Mereka adalah lawan yang tidak menyenangkan bagi Vietnam. Mereka memiliki keunggulan bermain kandang dan saya berharap seluruh tim akan mendapat hasil baik di leg pertama,” sambung Park Hang-seo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Soroti Penggemar

Lebih lanjut, Pelatih Vietnam menyoroti potensi dampak yang diberikan suporter Timnas Indonesia terhadap mental anak-anak asuhnya. Ia pun mengungkit kejadian yang menimpa Thailand saat bertandang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno dalam fase penyisihan grup.

“Ancaman dari para penggemar ekstremis itu tidak diperbolehkan di kancah sepak bola, maupun dalam turnamen ini. Saat bermain tandang, tentu saja akan ada tekanan. Saya juga harus menyiapkan mental para pemain,” tutur Park Hang-seo.

“Saya memberi tahu para pemain agar tidak terlalu bersemangat demi menjaga mentalitas tetap stabil. Tim Thailand sempat terancam di babak penyisihan grup saat menjadi tamu Indonesia. Saya pikir mereka sudah mengambil tindakan, jadi saya tidak perlu khawatir tentang hal itu,” pungkas dia.

3 dari 3 halaman

Jadwal Semifinal

Berikut jadwal lengkap pertandingan semifinal Piala AFF 2022.

Jumat, 6 Januari 2023

19:30 WIB, Indonesia vs Vietnam (Leg 1)

Sabtu, 7 Januari 2023

19:30 WIB, Malaysia vs Thailand (Leg 1)

Senin, 9 Januari 2023

19:30 WIB, Vietnam vs Indonesia (Leg 2)

Selasa, 10 Januari 2023

19:30 WIB, Thailand vs Malaysia (Leg 2)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.