Sukses

Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Pede Timnas Indonesia Tampil Maksimal saat Jamu Thailand

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong percaya diri mampu mengantar anak-anak asuhnya tampil maksimal saat menjamu Thailand dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (29/12/2022).

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal menjamu Thailand dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022. Duel antara kedua kesebelasan dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Kamis (29/12/2022).

Pelatih Skuad Garuda, Shin Tae-yong mengaku percaya diri bisa mengantar anak-anak asuhnya tampil maksimal di laga tersebut. Juru taktik asal Negeri Ginseng itu nampaknya ogah terbebani reputasi Gajah Perang sebagai juara bertahan dan tim favorit.

“Seperti diketahui, Thailand itu tim terbaik di Asia Tenggara. Pastinya pendapat orang lain pun sama, begitu pula saya. Pertandingan (Piala AFF) dilaksanakan tiga hari sekali, sehingga sangat penting (untuk menjaga) kondisi para pemain.”

“Akan tetapi, saya akan tetap mempersiapkan semaksimal mungkin agar (laga besok) bisa menjadi pertandingan yang baik melawan Thailand,” ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga di SUGBK pada Rabu (28/12/2022).

Sekadar informasi, Skuad Garuda di bawah asuhan Shin Tae-yong belum sekali pun memetik kemenangan atas Thailand. Eks pelatih Korea Selatan menilai hal itu disebabkan oleh situasi yang kurang mendukung dalam tubuh Timnas Indonesia.

Walau demikian, Shin Tae-yong menegaskan keadaan serupa tak bakal lagi terulang dalam Piala AFF edisi ini. Oleh karenanya, masyarakat Indonesia boleh menaruh harapan pada pasukan Merah Putih jelang duel panas melawan Thailand.

“Setelah menjabat sebagai pelatih Timnas Indonesia, memang saya tidak pernah menang lawan Thailand. Tetapi sebelumnya (saya) tidak dapat mengontrol timnas dengan baik karena ada faktor lain. Situasinya kurang mendukung.”

“Akan tetapi sekarang, sudah hampir satu tahun (situasinya berjalan) lebih normal. Saya bisa mengontrol dan memegang tim dengan baik. Sekarang (para pemain) juga sudah baik dalam hal kekompakan. Jadi saya bisa tegaskan, masyarakat boleh percaya pada Timnas Indonesia saat ini,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Klasemen Sementara

Timnas Indonesia saat ini menempel Thailand dalam klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022. Skuad Gajah Perang menghuni peringkat teratas, sedangkan Pasukan Merah Putih ketat menyusul di urutan kedua.

Duo kesebelasan sejatinya sama-sama memiliki koleksi enam angka di tabel. Hanya saja, Thailand lebih unggul dalam hal selisih gol dibanding pasukan Merah Putih.

Skuad asuhan Alexandre Polking tercatat telah melesakkan sembilan gol tanpa kebobolan dalam dua laga perdana melawan Brunei Darussalam dan Filipina. Dengan demikian, tim Gajah Perang memiliki catatan selisih gol +9.

Adapun Indonesia juga telah sembilan kali menjebol gawang lawan. Sayangnya, Nadeo Argawinata dan kawan-kawan sempat kecolongan satu kali saat melawan Kamboja. Catatan tersebut membuat selisih gol Indonesia menjadi hanya +8.

3 dari 3 halaman

Tantangan Terberat

Sebelumnya, Manajer Timnas Thailand Madam Pang juga sempat memberi komentar jelang laga Indonesia vs Thailand di Piala AFF. Menurut dia, perjumpaan dengan Skuad Garuda bakal menjadi tantangan terberat sepanjang fase penyisihan.

Ia juga mewaspadai atmosfer laga yang dihelat di kandang Indonesia. Meski begitu, Madam Pang menegaskan pasukan Gajah Perang bakal berupaya memberikan yang terbaik.

“Mengunjungi Indonesia kemungkinan bakal jadi laga terberat di ronde pertama. Hati-hati karena tiket sudah sold out. Atmosfer pertandingan bakal berbeda dari dua laga sebelumnya, ini akan jadi laga yang menarik, dan ini juga jadi ujian yang bagus,” katanya.

"Tahun lalu, kita bergembira bersama di tahun baru dengan gelar Piala AFF keenam. Tahun ini, mungkin terasa lebih berat sebagai juara bertahan. Penuh tekanan dan harapan. Tapi kita akan melakukan yang terbaik,” ujar wanita bernama lengkap Nuanphan Lamsam itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.