Sukses

Piala AFF 2022: Usai Indonesia vs Kamboja, Shin Tae-yong Kepincut Suasana SUGBK

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengaku jatuh hati dengan suasana SUGBK. Ia berharap laga internasional Skuad Garuda di masa mendatang akan terus dihelat di stadion tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong nampaknya sudah jatuh hati dengan suasana di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Juru taktik asal Korea Selatan itu berharap laga internasional di masa mendatang akan terus dihelat di SUGBK.

Seperti diketahui, Skuad Garuda baru saja memetik kemenangan perdana dalam pertandingan kandang penyisihan Grup A Piala AFF 2022 kontra Kamboja pada Jumat (23/12/2022). Sebanyak 25.322 suporter dilaporkan hadir menyaksikan laga tersebut.

Shin Tae-yong sendiri baru pertama kali mengantar anak-anak asuhnya mentas di SUGBK sejak mulai menukangi Timnas Indonesia pada 2019. Eks pelatih Taeguk Warriors mengaku sangat menyukai atmosfer dalam stadion.

“Memang setelah melatih Timnas Indonesia, saya tanding di sini baru pertama kali. Menurut saya, GBK ini sempurna dan (saya) sangat suka,” ujarnya dalam konferensi pers pasca kemenangan atas Angkor Warriors pada Jumat (23/12/2022) malam WIB.

“Saya berharap pertandingan internasional ke depannya bisa digelar di GBK lagi untuk seterusnya,” sambung pelatih berusia 52 tahun itu.

Dalam kesempatan yang sama, Shin Tae-yong juga mengungkapkan apresiasi atas antusiasme tinggi yang ditunjukkan masyarakat Indonesia terhadap Piala AFF 2022.

Ia pun secara khusus menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang berkenan demi memberi dukungan bagi pasukan Merah Putih.

“Memang tidak semua kursi terisi, tetapi dengan adanya izin dari pihak kepolisian, (jumlah suporter) jadi penuh sesuai persentase yang ditentukan. Untuk itu saya berterima kasih,” tutur pelatih Timnas Indonesia.

“Sampai Pak Presiden (Jokowi) pun datang ke stadion untuk memberi dukungan. Sekali lagi, saya sangat berterima kasih atas kehadiran dari fans sepak bola Indonesia,” pungkas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Belum Maksimal

Terlepas dari suasana di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Shin Tae-yong menegaskan bahwa performa Skuad Garuda masih belum maksimal saat melawan Kamboja.

Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan dinilai gagal menyajikan pertandingan menarik buat para penggemar. Juru taktik Timnas Indonesia juga kecewa lantaran anak-anak asuhnya tak berhasil mengonversi sejumlah peluang emas yang didapat menjadi gol.

“Memang saya berterima kasih (kepada Timnas Indonesia) karena bisa mendapatkan kemenangan. Akan tetapi, hal yang membuat saya marah adalah karena menurut saya, mereka tidak bisa menunjukkan permainan yang seru kepada fans,” ujar Shin Tae-yong.

“Harusnya (Skuad Garuda) bisa lebih banyak mencetak gol, tetapi kenyataannya tidak. Jadi itu yang membuat saya marah,” sambungnya dalam konferensi pers pasca pertandingan di SUGBK, Jakarta, Jumat (23/12/2022) malam WIB.

3 dari 3 halaman

Pemain Naturalisasi

Kendati demikian, Shin Tae-yong juga sempat memberi pujian bagi trio pemain naturalisasi yang tampil di laga tersebut. Menurutnya, penampilan Marc Klok, Jordi Amat, dan Ilija Spasojevic secara keseluruhan sudah cukup baik.

“Penilaian terhadap pemain naturalisasi baik. Akan tetapi, ini adalah pertandingan pertama (kami). Sudah lama tidak ada pertandingan (di Indonesia) sebelum-sebelumnya. Tidak ada juga laga uji coba jelang menghadapi turnamen ini.”

“(Oleh karena itu,) memang (para pemain Timnas Indonesia) memiliki kekurangan, tetapi saya tetap berterima kasih karena mereka sudah bertanding dengan baik,” katanya lagi dalam kesempatan yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.