Sukses

Piala AFF 2022: Petik Kemenangan di Laga Perdana, Kamboja Optimistis Kalahkan Timnas Indonesia

Pelatih Kamboja Ryu Hirose optimistis timnya mampu mengalahkan Indonesia di laga penyisihan grup Piala AFF 2022, usai Angkor Warriors memetik kemenangan di duel perdana kontra Filipina pada Selasa (20/12/2022) lalu.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia bakal ditantang Kamboja dalam laga penyisihan Grup A Piala AFF 2022 yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (23/12/2022) pukul 16.30 WIB.

Jelang menghadapi laga ini, pelatih Kamboja Ryu Hirose mengakui bahwa anak-anak asuhnya memang memiliki peringkat FIFA lebih rendah dibanding pesaing-pesaing lain di kompetisi sepak bola level Asia Tenggara.

Walau begitu, juru taktik asal Jepang optimistis skuad Angkor Warriors mampu menampilkan performa terbaik. Apalagi mereka juga sukses memetik kemenangan 3-2 atas Filipina di laga pembuka pada Selasa (20/12/2022).

“Jika melihat peringkat FIFA, Anda mungkin menyadari ada kesenjangan antartim, dan kami tahu bahwa kami adalah (kelompok) yang tersisih dalam turnamen ini,” ujar Ryu Hirose dalam konferensi pers jelang laga di SUGBK pada Kamis (22/12/2022).

“Akan tetapi, kami sudah mempersiapkan diri dengan baik secara taktis, dan di pertandingan sebelumnya, kami melakukan tugas dengan baik, sehingga memberi kami kepercayaan diri (untuk menghadapi) laga kali ini (kontra Indonesia),” sambung dia.

Ditilik dari rekor pertemuan, pertandingan melawan Skuad Garuda memang bakal menjadi tantangan besar buat Timnas Kamboja. Pasalnya, merujuk pada 17 perjumpaan terakhir kedua tim, sebanyak 16 di antaranya dimenangkan oleh pasukan Merah Putih.

Terlepas dari hal itu, Hirose tetap optimistis anak-anak didiknya sanggup memutus rekor buruk Kamboja. Ia menilai bukan hal yang mustahil bagi Angkor Warriors untuk menaklukkan tim racikan Shin Tae-yong di Piala AFF.

“Indonesia adalah tim yang bagus di AFF, tetapi bukan berarti kami tidak punya kesempatan untuk menang. Seperti di pertandingan sebelumnya, kami pikir kami juga punya peluang untuk mengalahkan Indonesia kali ini,” pungkas pelatih Kamboja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sedikit Terganggu

Di sisi lain, Ryu Hirose sempat mengungkap anak-anak asuhnya juga memiliki kendala jelang duel melawan Indonesia di SUGBK, Jakarta, pada Jumat (23/12/2022).

Kamboja nampaknya agak terganggu akibat jadwal pertandingan yang padat. Mereka hanya memperoleh waktu singkat untuk melakukan perjalanan ke markas Merah Putih, recovery, serta persiapan sebelum menghadapi pasukan Shin Tae-yong.

“Kami telah mempersiapkan diri dengan baik, tetapi kami memiliki jadwal yang sulit karena harus bermain hanya satu hari setelah melakukan perjalanan ke Indonesia,” ujar Ryu Hirose soal kondisi skuad Angkor Warriors.

“Walau begitu, yang bisa kami lakukan adalah memberikan yang terbaik. Saya mengharapkan hasil yang baik (di pertandingan) besok,” sambungnya, seperti dilansir dari situs resmi AFF Mitsubushi Electric Cup 2022.

3 dari 3 halaman

Format Kandang-Tandang

Sekadar informasi, Piala AFF 2022 kembali dihelat menggunakan format kandang-tandang. Semua tim dalam grup bakal saling berhadapan, dengan masing-masing peserta mendapat dua kali kesempatan bertanding di kandang (home) serta tandang (away).

Terdapat total dua grup, yang terdiri atas lima negara partisipan, dalam perhelatan Piala AFF edisi ini. Tim yang berhasil menghuni dua peringkat teratas dari tiap-tiap grup akan mendapat kesempatan tampil di semifinal.

Timnas Indonesia sendiri merupakan bagian dari Grup A Piala AFF 2022. Dengan demikian, skuad asuhan Shin Tae-yong sudah harus siap meladeni perlawanan sang juara bertahan Thailand sejak fase penyisihan.

Adapun tiga slot lainnya diisi oleh Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Tebuan menjadi tim terakhir yang melengkapi persaingan Grup A, usai menaklukkan Timor Leste di kualifikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.