Sukses

Head to Head Indonesia vs Kamboja di Piala AFF

Laga Indonesia vs Kamboja di Grup A Piala AFF 2022 merupakan pertemuan keenam kedua negara sepanjang sejarah turnamen sepak bola antarnegara ASEAN itu.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia siap tempur melakoni laga pertama Grup A Piala AFF 2022, menghadapi Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jumat (23/12/2022), pukul 16.30 WIB.

Berdasarkan laman 11v11.com, sejak 1995, Timnas Indonesia sudah 17 kali bertemu Kamboja. Hasilnya skuad Garuda memenangkan 16 pertandingan dan satu laga lain berakhir imbang.

Satu-satunya kegagalan Indonesia mengalahkan Kamboja terjadi di kualifikasi Piala Dunia 1998. Kamboja saat itu, secara mengejutkan menahan imbang Indonesia 1-1 di kota Phnom Penh pada 27 April 1997. Padahal tiga pekan sebelumnya, Indonesia mencukur Kamboja delapan gol tanpa balas di SUGBK.

Laga kali ini, jadi pertemuan keenam Indonesia dan Kamboja di ajang Piala AFF 2022. Indonesia selalu mengalahkan Kamboja dalam lima pertemuan sebelumnya di Piala AFF.

Pertama di Piala AFF 1996, Indonesia menang 3-0 atas Kamboja. Kemudian Piala AFF 2002 menang 4-2, lalu di edisi 2004 menang telak 8-0, Piala AFF tahun 2008 menang 4-0.

Pertemuan terakhir Indonesia dengan Kamboja terjadi di fase grup Piala AFF 2020 yang digelar di Singapura tahun 2021 lalu, tepatnya di Stadion Bishan, pada 9 Desember 2021.

Indonesia menang dengan skor 4-2 lewat dua gol Rachmat Irianto, dan satu gol masing-masing oleh Evan Dimas dan Ramai Rumakiek. Sedangkan dua gol Kamboja dicetak Yue Safy dan Mony Udom.

Meski secara head to head sangat dominan, tetapi Indonesia haram menganggap enteng Kamboja yang di laga pertama mereka secara mengejutkan mempermalukan Filipina 3-2.

Itu adalah kemenangan kelima Kamboja sepanjang keikutsertaan mereka di babak utama atau putaran final Piala AFF sejak pertama kali digelar tahun 1996 dengan nama Piala Tiger.

Apalagi mayoritas pemain Indonesia, dalam persiapan menghadapi Piala AFF 2022, rada terganggu akibat terhentinya kompetisi sepak bola di dalam negeri selama 2 bulan. Dikhawatirkan sentuhan dan adaptasi pemain saat menjalani pertandingan sesungguhnya jadi hilang.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Head to Head di Piala AFF

Dari lima pertemuan sebelumnya dengan Kamboja di Piala AFF, Indonesia mencetak 23 gol dan kebobolan 4 gol. Bambang Pamungkas tercatat sebagai pemain yang paling sering membobol gawang Angkor Warriors dengan 4 gol.

Bepe melakukannya di Piala AFF 2002 dengan menciptakan hattrick dalam kemenangan 4-2 dan satu gol dalam kemenangan 4-0 Indonesia atas Kamboja di Piala AFF 2008.

Berikutnya adalah Ilham Jaya Kesuma, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Budi Sudarsono yang masing-masing mencetak 3 gol.

Kemudian Elie Aiboy, dan Rachmat Irianto masing-masing 2 gol. Lalu, Peri Sandria, Eri Irianto, Zaenal Arief, Ortizan Solossa, Evan Dimas, dan Ramai Rumakiek masing-masing satu gol.

Rachmat Irianto bisa menyamai pencapaian Bambang Pamungkas, andai dia kembali mencetak 2 gol ke gawang Kamboja di SUGBK, Jumat (23/12/2022).

Berikut head to head Indonesia vs Kamboja di Piala AFF:

Piala AFF 1996 - Indonesia vs Kamboja 3-0 (Kurniawan DY 15, Peri Sandria 23, Eri Irianto 60)

Piala AFF 2002 - Indonesia vs Kamboja 4-2 (Zaenal Arief 35, Bambang Pamungkas 58, 79, 80; Hok Sochetra 16, 45)

Piala AFF 2004 - Indonesia vs Kamboja 8-0 (Ilham Jaya Kesuma 5, 48, 59, Elie Aiboy 30, 55, Kurniawan DY 74, 79, Ortizan Solossa 90)

Piala AFF 2008 - Indonesia vs Kamboja 4-0 (Budi Sudarsono 15, 54, 70, Bambang Pamungkas 76)

Piala AFF 2020 - Indonesia vs Kamboja 4-2 (Rachmat Irianto 5, 33, Evan Dimas 17, Ramai Rumakiek 54; Yue Safy 37, Mony Udom 60)

 

3 dari 4 halaman

Prediksi Susunan Pemain

Menghadapi Kamboja, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong diprediksi akan menurunkan Nadeo Argawinata sebagai penjaga gawang utama. Kualitas kiper Bali United FC itu, tak diragukan lagi.

Fachruddin Aryanto yang berpengalaman mengawal pertahanan Timnas Indonesia akan memiliki tandem berkualitas dalam diri Jordi Amat yang berpeluang melakoni debut bersama Timnas Indonesia. Opsi lainnya memainkan Rizky Ridho yang permainannya makin dewasa bareng Persebaya.

Di tengah trio Persib Bandung, Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya, kemungkinan jadi andalan untuk menopang penyerang tengah, Ilija Spasojevic yang kembali dipanggil Timnas Indonesia.

Sedangkan di kubu Kamboja, dua gol Reung Bunheing Cs ke gawang Filipina, jadi indikator penyerang Visakha FC itu, jadi salah satu pemain yang patut diwaspadai aktivitasnya di lapangan.

Berikut prediksi susunan pemain Indonesia vs Kamboja

INDONESIA: Nadeo Argawinata (kiper); Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Pratama Arhan, Asnawi Mangkualam; Rachmat Irianto, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Saddil Ramdani, Witan Sulaeman; Ilija Spasojevic.

KAMBOJA: Keo Soksela (kiper); Choun Chanchav, Soeuy Visal, Tes Sambath, Orn Chanpolin; Sos Suhana, Seut Baraing, Yeu Muslim, Lim Pisoth, Sieng Chanthea; Reung Bunheing.

 

4 dari 4 halaman

Abaikan Ranking FIFA

Bagi Kamboja kemenangan atas Filipina menunjukkan sepak bola negara yang sempat dilanda perang saudara itu, sudah menunjukkan perbaikan ke arah lebih baik.

Menghadapi Indonesia, jadi kesempatan berikutnya bagi Kamboja untuk membuktikan usaha keras mereka membangun timnas sepak bola yang tangguh dengan bantuan Jepang, tidak sia-sia.

Meski tak lebih diunggulkan dari Indonesia, tetapi Pelatih Kamboja, Ryu Hirose, menanamkan pentingnya sikap percaya diri menghadapi negara yang dianggap lebih kuat.

Pelatih berusia 66 tahun itu, menekankan perbedaan ranking FIFA bukan acuan dalam sepak bola. Dalam ranking terbaru yang dirilis FIFA pada 22 Desember 2022, Kamboja berada di peringkat 177, sementara Indonesia di posisi 151.

Ryu Hirose memastikan, setelah mengatasi Filipina, timnas Kamboja yang dihuni mayoritas pemain muda menatap laga kedua melawan Indonesia dengan penuh keyakinan.

"Jika Anda melihat peringkat FIFA, Anda dapat melihat kesenjangan dan kami tahu kami mungkin tersisih di turnamen ini, tetapi kami telah mempersiapkan diri dengan baik secara taktis dan di pertandingan sebelumnya kami melakukannya dengan baik dan itu dapat memberi kami kepercayaan diri di pertandingan ini (lawan Indonesia)," tegas Ryu Hirose dikutip dari laman resmi Piala AFF, Kamis (22/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.